Hasil Kualifikasi F1 Belanda 2021: Max Verstappen Terlalu Cepat

05/09/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen kembali meraih pole position di Sirkuit Zandvoort. Ia berhasil mengalahkan Lewis Hamilton pada sesi kualifikasi.

Pasukan oranye bersorak sorai setelah pebalap tuan rumah, Max Verstappen berhasil menjadi pole sitter pada kualifikasi F1 Belanda 2021 di Sirkuit Zandvoort. Verstappen berhasil mencatatkan flying lap dengan waktu 1 menit 8,885 detik.

Sang juara dunia bertahan, Lewis Hamilton harus puas untuk start di belakang sang rival sanggup meski sudah tampil maksimal dengan mobil W12 Mercedes-AMG yang dianggap kalah cepat di musim ini.

Verstappen Unggul Tipis

Gambar Max Verstappen

Max Verstappen tampil cepat di depan para pendukungnya

Meski banyak yang memuji kecepatan Max Verstappen di 'kandang' sendiri, Lewis Hamilton diam-diam juga tampil cemerlang. Ia hanya tertinggal 0,034 detik dari Max Verstappen yang mendapat pole position.

Tetapi, banyak yang menyebut bahwa catatan waktu lap Verstappen bisa lebih cepat karena ia tidak menggunakan DRS (Drag Reduction System) pada flying lap terakhirnya. Ini semakin menunjukkan keunggulan mobil Red Bull Racing di musim balap F1 2021.

>>> Positif COVID-19, Kimi Raikkonen Tak Ikut Grand Prix Belanda

Rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas akhirnya mulai tampil lebih baik dan akan start dari baris kedua ditemani pebalap Alpha Tauri, Pierre Gasly yang tampil luar biasa di sesi kualifikasi.

Di posisi kelima dan keenam diisi oleh duo pebalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz. Keduanya kembali tampil lebih cepat dari seharusnya karena mobil Ferrari banyak dianggap kurang kompetitif di musim ini.

Gambar Duo Ferrari

Duo Ferrari tampil dominan di sesi latihan, tetapi hanya mampu amankan posisi 5 dan 6 di sesi kualifikasi

Kembali Dihiasi Red Flag

FIA kembali menuai kritik setelah sesi kualifikasi Grand Prix Belanda 2021 kembali diwarnai dengan red flag. Terhitung ada dua kali red flag pada 1 sesi kualifikasi yaitu Q2.

Red flag pertama dikibarkan setelah George Russell mengalam kecelakaan akibat mobil yang ia kemudikan Russell yang melintir di tikungan terakhir karena terlalu menekan. Untungnya Russell tidak mengalami cedera serius meski bagian belakang mobilnya mengalami kerusakan setelah menabrak dinding pembatas sirkuit.

Meski begitu, Russell masih bisa membawa mobilnya ke pit. Namun, hal itu mengakibatkan aspal sirkuit dipenuhi oleh kerikil dan debris.

>>> Mahal Banget! Segini Biaya Perbaikan Mobil Balap F1 Kalau Rusak

Gambar Nicholas Latifi

Kecelakaan Latifi membuat Q3 harus tertunda

Kejadian naas Williams Racing tak selesai di situ. Rekan setim Russell, Nicholas Latifi juga melintir dan menabrak dinding pembatas. Karena kejadian tersebut terjadi saat waktu kualifikasi sudah mau habis, akhirnya sesi Q2 langsung diputuskan selesai. Karena kejadian ini, sesi Q3 sempat tertunda beberapa menit.

Berikut hasil kualifikasi F1 Belanda 2021:

Gambar Hasil Kualifikasi F1 Belanda 2021

10 besar kualifikasi F1 Belanda 2021

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top