Hasil Balap F1 Styria 2021, Max Verstappen Menang Back to Back!

28/06/2021

Event - Promosi

4 menit

Untuk kali pertama dalam musim balap F1 2021, Max Verstappen berhasil dua seri berturut-turut. Lewis Hamilton lagi-lagi di posisi 2 pada seri balap F1 Styria.

Posisi Max Verstappen di puncak klasemen pembalap semakin kuat setelah berhasil menang dengan dominan di seri balap F1 Styria 2021 yang berlangsung di Austria.

Memulai balapan sebagai pole sitter, pembalap Red Bull Racing ini melakukan start dengan baik dan mampu mempertahankan posisinya dari kejaran sang rival, Lewis Hamilton.

Start yang cukup baik juga dilakukan oleh rekan setim Verstappen, Sergio Perez yang sempat merebut posisi 3 dari pembalap McLaren, Lando Norris. Namun, Norris memberikan perlawanan ketat dan berhasil merebut kembali posisinya.

Usaha Mercedes-AMG Mematahkan Dominasi Red Bull

Gambar Verstappen

Verstappen terlihat dominan di Austria

Perez menunggu kesempatannya di belakang Norris dengan sabar dan akhirnya berhasil merebut posisi 3 pada lap 10. Norris tahu bahwa RB16B yang dikemudikan Perez memang lebih cepat dan ia memilih untuk lebih konservatif terhadap bannya.

>>> Safari Rally 2021, Kembalinya WRC ke Dataran Afrika

Tak lama kemudian, giliran Valtteri Bottas melewati Norris untuk posisi 4 tanpa adanya perlawanan dari pembalap asal Inggris tersebut. Bottas pun langsung mengejar Perez yang terlihat mulai kewalahan dengan ban soft.

Masuk ke lap 27, Perez memutuskan melakukan pit stop berganti ke ban hard sebelum dilewati oleh Bottas yang terus menekannya. Sayangnya kru pit Red Bull Racing kurang cepat dalam melakukan pergantian ban sehingga Peres harus kehilangan beberapa detik karenanya.

Pada lap berikutnya, Bottas masuk ke dalam pit dan berhasil untuk masuk kembali ke lintasan di depan Perez. Lewis Hamilton melakukan pit stop di lap 29, disusul oleh Verstappen di lap 30.

Gambar insiden Valterri Bottas

Bottas sempat mengalami insiden di pit lane pada sesi FP2

Tanpa kesalahan, Verstappen berhasil mempertahankan jaraknya dengan Hamilton pada angka lebih dari 4,5 detik usai pit stop. Hamilton terus mencoba menekan untuk mempertajam ritme balapnya, sang juara dunia bahkan sempat mencatatkan lap tercepat. Sayangnya, tak ada perkembangan signifikan soal jaraknya dengan Verstappen.

Masuk lap 45, Hamilton tampak mulai kewahalan sehingga ritme balapnya memburuk, Verstappen pun semakin memperbesar jaraknya lap demi lap. Pada saat yang sama, Perez yang sempat tertinggal hampir 3 detik perlahan memangkas jaraknya dari Bottas. Usaha Mercedes-AMG Petronas di seri balap F1 Styria dalam mematahkan dominasi Verstappen dan Red Bull Racing tak terlihat baik.

Strategi Pit Stop Red Bull Hampir Berbuah Hasil

Perez yang sempat menekan Bottas hingga jarak 1,5 detik mulai kesulitan untuk menjaga pace hingga akhirnya memutuskan melakukan pit stop kedua pada lap 56 dari total 71 lap yang dilombakan.

>>> Porsche Cetak Rekor Nurburgring, Mercedes-AMG Beri Selamat Dengan Sindiran

Gambar Perez di Styria

Perez yang sempat menekan Bottas akhirnya menyerah untuk mengejar posisi ketiga

Perez dan Red Bull Racing tampaknya sudah menyerah mengejar podium dan mencoba meraih 1 poin ekstra dari fastest lap dengan ban medium baru. Benar saja, Perez berhasil merebut fastest lap dari Hamilton dan pada saat yang bersamaan memangkas jarak dari Bottas yang sempat mencapai 18 detik lebih usai pit stop tersebut.

Selain soal fastest lap, strategi 2 pit stop Perez ini cukup menarik karena jarak dengan Bottas mampu dipangkas dengan signifikan. Bahkan strategi 2 pit stop Perez ini bisa berhasil seperti strategi Red Bull untuk Max Verstappen pada balapan sebelumnya.

Merasa posisi kedua sudah mutlak diamankan, Hamilton melakukan pit stop pada saat balapan tersisa 2 lap untuk mencuri poin dari fastest lap. Karena langkah tersebut, Max Verstappen pun melenggang di posisi pertama dengan selisih sangat lebar dari Hamilton.

Gambar Lewis Hamilton

Hamilton berusaha mencuri poin lewat fastest lap

Ini adalah kemenangan back to back pertama dari Max Verstappen dan Red Bull Racing selama musim balap F1 2021. Hamilton berhasil meraih 1 poin ekstra dari fastest lap setelah mencetak 1 menit 7,058 detik pada lap terakhir, namun Bottas hampir disalip oleh Sergio Perez yang finish tepat di belakang pembalap asal Finlandia tersebut. Lando Norris yang menjalani balapan dengan konsisten mampu finish di urutan kelima diikuti oleh duo Scuderia Ferrari, Carlos Sainz dan Charles Leclerc.

>>> Juara di Seri F1 GP Prancis, Max Verstappen Makin Nyaman di Puncak Klasemen

Berikut hasil balapan F1 Styria 2021

Gambar hasil balap F1 Styria

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top