Hasil Balap F1 Italia 2021: McLaren Berhasil Finis di Posisi 1-2

13/09/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Seri balap F1 Italia 2021 di Sirkuit Monza menghadirkan segudang drama. McLaren mampu mengkapitalisasi persaingan ketat antara Verstappen dan Hamilton.

Pebalap McLaren, Daniel Ricciardo mengakhiri puasa kemenangan tim asal Woking, Inggris dengan finis di urutan pertama. Tak hanya Ricciardo, Lando Norris juga tampil apik dan mengakhiri lomba di belakang rekan setimnya tersebut.

Dua pebalap yang sedang bersaing ketat untuk untuk gelar juara dunia, Max Verstappen dan Lewis Hamilton justru gagal finis di halaman belakang Ferrari ini. Tanpa diduga-duga, Grand Prix Italia ini menyajikan drama bak film kolosal.

>>> Hasil Sprint Race F1 Italia 2021: Valtteri Bottas Jadi yang Tercepat

Start Brilian Daniel Ricciardo

Gambar McLaren Monza

McLaren yang dikendarai Ricciardo mampu melewati Verstappen dari garis start

Ricciardo memulai balapan di posisi kedua, di belakang Max Verstappen sebagai pole sitter setelah Valteri Bottas harus diganjar penalti akibat penggantian mesin. Pebalap McLaren ini mampu memulai lomba dengan brilian, melewati Verstappen dan langsung memimpin di hadapan para tifosi.

Ia pun mempimpin sepanjang perlombaan, meski terus diintai oleh Max Verstappen di belakangnya. Di urutan ketiga, ada mobil McLaren Lando Norris yang berusaha untuk bertahan dari gempuran Lewis Hamilton.

Posisi ini bertahan cukup lama, para kru di paddock pun mulai meracik strategi pit stop untuk memanaskan persaingan. Max Verstappen pun masuk ke dalam pit dengan setelah Ricciardo di lap 23.

Gambar Verstappen Pit Stop

Red Bull melakukan pit stop dengan lamban

Tak seperti biasanya, Red Bull Racing melakukan pit stop lebih lamban yang membuat Verstappen kehilangan beberapa posisi. Ia pun langsung tancap gas selepas pit untuk kembali berada di barisan pebalap terdepan.

>>> McLaren Setujui Pra-Kontrak Dengan Formula E, Debut 2022/2023

Crash Antara Mercedes dan Red Bull

Petaka bagi Verstappen muncul saat Mercedes melakukan pit stop untuk Hamilton. Saat sang juara bertahan hendak keluar dari pit lane, Verstappen datang dengan kecepatan tinggi memasuki tikungan pertama.

Tak mau kalah, Hamilton pun berusaha untuk bertahan dengan menutup ruang bagi Verstappen. Akhirnya, tubrukkan pun terjadi di tikungan kedua sirkuit yang dijuluki 'Temple of Speed' ini.

Ban belakang Verstappen menyenggol ban Hamilton dan membuat mobil RB16B yang dikendarai oleh Verstappen menimpa mobil Lewis Hamilton. Untungnya, mobil F1 modern sudah dibekali dengan halo yang menyelamatkan nyawa Hamilton. Jika tak ada alat tersebut, cedera parah nampaknya tak bisa terelakkan.

Gambar Lewis Hamilton

Seandainya tak ada halo, sudah pasti Lewis Hamilton mengalami cedera kepala yang serius

Crash tersebut membuat Safety Car langsung keluar mengamankan balapan. Dengan ini, jarak antar pebalap pun kembali mendekat. Namun, Ricciardo yang tampil konsisten sepanjang akhir pekan berhasil bertahan di urutan pertama dan mengamankan kemenangan pertama McLaren di musim balap F1 2021.

Ini menjadi kali pertama McLaren kembali finis di urutan 1 - 2 semenjak tahun 2010 saat Lewis Hamilton dan Jenson Button masih memperkuat McLaren yang saat itu menggunakan mesin Mercedes-Benz.

Gambar McLaren 1 - 2

Ini podium 1 - 2 pertama McLaren sejak tahun 2010

Valtteri Bottas menggenapkan podium di Monza dengan finis di urutan ketiga. Bottas yang start dari urutan paling belakang menunjukkan bahwa ia masih layak untuk diperhitungkan meski akan hengkang dari Mercedes di akhir musim ini.

>>> Mobil F1 Bekas Kimi Raikkonen Dijual! Harganya Setara 50 Tesla Model 3

Berikut hasil balap F1 Italia 2021:

Gambar Hasil Balap F1 Italia 2021

Hasil balap F1 Italia 2021

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top