Hari Ini Uji Coba Perluasan Aturan Ganjil Genap Resmi Berlaku, Perhatikan Lokasinya!

02/07/2018

Event - Promosi
Share this post:
Hari Ini Uji Coba Perluasan Aturan Ganjil Genap Resmi Berlaku, Perhatikan Lokasinya!
Percobaan perluasan aturan ganjil genap oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta bakal bakal dilakukan Senin (2/7/2018) hingga 31 Juli 2018 mendatang dan berlaku untuk pengendara mobil pribadi.

"Kebijakan ganjil genap ini diperuntukkan bagi kendaraan pribadi dan berlaku setiap hari Senin-Minggu pukul 06.00-21.00 WIB," kata Kepala Dinas Perhubungan Andri Yansyah, belum lama ini.

Pembatasan ganjil genap di Jakarta

Uji coba perluasan ganjil genap dimulai 2 Juli 2018

Lokasi yang bakal jadi area perluasan adalah Jalan Benyamin Sueb, Jalan Ahmad Yani, Jalan DI Panjaitan, Jalan S Parman, Jalan Rasuna Said, Jalan MT Haryono, dan Jalan Metro Pondok Indah.

Tidak hanya di jalan-jalan arteri tersebut di atas, perluasan aturan ganjil genap juga bakal dicoba diberlakukan di beberapa pintu tol seperti Pintu Tol Tambun dari semula hanya Bekasi Barat dan Bekasi Timur (Jalan Tol Jakarta Cikampek) serta penambahan di Pintu Tol Dawuan dari semula hanya Pintu Tol Cibubur (Jalan Tol Jagorawi).

Uji coba ini adalah bagian dari paket kebijakan yang diluncurkan dalam rangka menyambut even olah raga empat tahunan, Asian Games.

Seperti diketahui, Korlantas Polri, Kementerian PU, INASGOC selaku penanggung jawab even, Ditlantas Polda Metro, Dishub DKI Jakarta, pengelola tol dan pemangku kepentingan lainnya meluncurkan tiga paket kebijakan transportasi guna mendukung kelancaran pesta olah raga Asian Games yang digelar di Indonesia.

>>> Dukung Kelancaran Asian Games, Tiga Kebijakan Transportasi Diluncurkan

Gambar kepadatan lalu lintas di jalan to Jakarta

Pembatasan lalu lintas dengan aturan ganjil genap diharapkan bisa mengurai kemacetan

Ketiga paket kebijakan tersebut adalah Manajemen Rekayasa Lalu-Lintas (MRLL), Penyediaan Angkutan Umum, dan Pembatasan Lalu Lintas Angkutan Barang (gol III,IV, dan V).

Perluasan aturan ganjil genap masuk dalam kategori Managemen Rekayasa Lalu Lintas. Di uji coba mulai 2 Juli hingga 31 Juli 2018 sebelum resmi diberlakukan mulai 1 Agustus 2018.

Meski demikian, ada pengecualian untuk beberapa kendaraan terhadap aturan ganjil genap ini seperti kendaraan pemimpin negara, kendaraan tamu negara dan yang lain. Artinya, kendaraan-kendaraan tersebut tetap bisa melintas di jalan-jalan tersebut di atas kapanpun.

>>> Cari mobil buat keluarga? Di cintamobil.com saja, koleksinya banyak harganya juga menguntungkan!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top