Gordon Murray Siap Bangkitkan McLaren F1 Lewat T.50 Supercar

27/06/2019

Event - Promosi

6 menit

Share this post:
Gordon Murray Siap Bangkitkan McLaren F1 Lewat T.50 Supercar
Sukses menciptakan puluhan mobil balap F1 dan supercar McLaren F1, Gordon Murray siap mengubah tatanan dunia supercar menggunakan Gordon Murray Automotive T.50 Supercar yang akan dirilis 2022 mendatang

Kalau Anda adalah petrolhead sejati, minimal kami yakin Anda pernah mendengar nama Ian Gordon Murray. Ya, pria berkebangsaan Inggris ini sudah malang melintang di industri motorsport dan otomotif sebagai desainer mobil balap dan mobil jalan raya. Mulai dari tim balap Brabham (1969–1986) dan McLaren (1987-1991), sampai ke line-up McLaren F1 dan Mercedes-Benz SLR McLaren adalah karya terbaik dari Gordon Murray.

Gambar desain T.50 buatan Gordon Murray Automotive

Desainer Gordon Murray Automotive T.50 Supercar

>>> Mobil Konsep Baru Yamaha Hasil Garapan Desainer Tim Formula 1

Dalam momen 50 tahun perjalanan desain otomotif Gordon Murray, sang desainer bermimpi untuk menciptakan sebuah supercar yang akan mengubah tatanan dunia supercar. Memiliki nama T.50 Supercar, mobil produksi Gordon Murray Automotive ini diposisikan sebagai spiritual successor McLaren F1. Diproduksi eksklusif untuk 100 konsumen pada tahun 2022 mendatang, Gordon Murray mengklaim T.50 Supercar yang akan dibanderol US$2.5 Juta ini menjadi “the purest, lightest, most driver-focused supercar ever built.”

Oke, mari bicara soal bocoran spesifikasi yang akan digunakan pada T.50 Supercar. Gordon Murray Automotive akan menggunakan mesin Cosworth 3.9-liter naturally-aspirated V12 engine dengan posisi mid-engine, dan mampu menghasilkan tenaga 650 hp serta memiliki kemampuan untuk dipacu hingga RPM tertinggi sepanjang mobil jalan raya saat ini, yakni hingga 12,100 RPM. Semua tenaga disalurkan ke roda belakang lewat lightweight 6-speed manual gearbox buatan Xtrac.

Gambar inspirasi mobil T.50 Gordon Murray Automotive

Brabham BT46B (atas) dan McLaren F1 (tengah) jadi sumber inspirasi desain T.50 Supercar

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

Menggunakan sasis carbon fibre tub, supercar berbobot 980 kilogram ini mengusung konsep desain bodi aerodinamis, yang terinspirasi oleh mobil balap F1 Brabham BT46B dan mobil supercar McLaren F1. Letak inspirasi desain dari mobil balap Brabham BT46B ialah 'kipas angin' berukuran 400mm di bagian diffuser belakang, yang mana piranti ini berfungsi untuk active ground effect dan variable brake balance. Sedangkan insipirasi desain supercar McLaren F1 pada T.50 Supercar bisa dilihat dari pendekatan desain kabin yang memiliki posisi jok 3 penumpang, dimana pengemudi berada di tengah dan penumpang ditempatkan agak mundur kebelakang.

Ingin tahu lebih detil seputar informasi T.50 Supercar yang akan diproduksi Gordon Murray Automotive 2022 mendatang? Silakan simak video berikut ini

Share this post:

Berita lain

Lamborghini Sterrato Huracan, Supercar ‘Mutan’ Penjelajah Medan Off-Road

07/06/2019

Mobil baru

2 menit

Setelah 45 tahun, Lamborghini kembali memproduksi model bergaya reli off-road. Bisa dibilang sebagai supercar mutan, Lamborghini Huracan Sterrato yang siap membawa Lambo dalam perjalanan baru nan berbeda.

Lihat juga

6 Supercar Unik di Geneva Motor Show

10/03/2019

Mobil baru

Supercar ini memiliki nama aneh, beberapa bahkan mengadopsi bentuk nyeleneh. Ingin tahu mobil apa saja?

Lihat juga

Ini Dia Daftar Supercar Paling Sering di-Googling Petrolhead

01/03/2019

Pasar mobil

Jika Anda menebak supercar Italia yang pasti paling sering di-googling para petrolhead, jawaban Anda salah besar

Lihat juga

Inilah Perbedaan Sportcar, Supercar dan Hypercar Dalam Dunia Otomotif

09/03/2019

Pengemudian

4 menit

Mungkin bagi mereka yang bukan Car Enthusiast akan menyebut semua mobil seksi yang lewat di depannya adalah mobil Sport. Namun aslinya, mobil dengan performa tinggi dikategorikan menjadi tiga meliputi Sportcar, Supercar dan Hypercar. Lantas, apa perbedaan dari ketiganya?

Lihat juga

Reuni McLaren Dan Chevrolet Di Balap Indianapolis 500 2019

07/12/2018

Pasar mobil

Usai berpisah empat dekade lebih, mesin Chevrolet akan kembali memberikan tenaga kepada sasis McLaren. Kali ini di balap Indianapolis 500 dengan pembalap Fernando Alonso

Lihat juga
 
back to top