GIICOMVEC 2020: DFSK Gelora E 2020, Kendaraan Komersial Listrik Pertama Indonesia Seharga Rp470 Jutaan

05/03/2020
DFSK menjadi pabrikan pertama di Indonesia yang memperkenalkan kendaraan komersial bertenaga listrik bernama DFSK Gelora E 2020. Harga yang ditawarkan cukup menarik, yaitu mulai dari Rp470 jutaan.

Mengusung tema elektrifikasi dan kendaraan ramah lingkungan, DFSK membawa kendaraan listrik DFSK Gelora E 2020 yang hadir dalam tipe minibus dan blind van. Peluncuran DFSK Gelora bersamaan dengan tema booth DFSK pada gelaran GIICOMVEC 2020, yaitu "Eco-friendly Starts from Me."

Peluncuran diresmikan langsung oleh CEO PT Sokonindo Automobile (DFSK), Alexander Barus. Ini merupakan langkah DFSK menyikapi percepatan aturan kendaraan elektrifikasi yang sudah diteken oleh Presiden Joko Widodo belum lama ini. 

“Tekad pemerintah untuk mempromosikan elektrifikasi kendaraan telah disampaikan secara tegas. Kami yakin ada prospek yang kuat akan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia.”

peresmian DFSK Gelora E 2020 berwarna putih
DFSK Gelora E 2020 diresmikan pada GIICOMVEC 2020

Bahkan sebelum dipasarkan di Indonesia, DFSK Gelora mendapatkan popularitasnya di negara asalnya. Lebih dari 30.000 unit kendaraan telah terjual dan “Memainkan peran penting dalam banyak bidang, seperti logistik perkotaan, transportasi umum, penyelamatan medis, berbagai kebutuhan lainnya,” jelas Alexander.

>>> Ingin membeli mobil DFSK? Dapatkan daftarnya hanya di sini

1. Mobil komersial listrik pertama di Indonesia

DFSK Gelora 2020 menawarkan berbagai kemewahan kendaraan listrik. Mulai dari hemat biaya energi hingga 48% dibandingkan kendaraan bermesin konvensional dan bebas emisi. DFSK mengklaim bahwa Gelora hanya engkondumsi 0.145 kWh per kilometer, atau sama dengan Rp239 per kilometer. Lebih irit dibandingkan mobil konvensional yang mencatatkan Rp463 per kilometer (untuk mobil dengan konsumsi 16,5 km/l).

mobil baru DFSK Gelora E 2020 Blind Van berwarna putih
DFSK Gelora hadir dalam dua tipe, minibus dan blind van

Untuk sistem keamanannya sendiri, DFSK Gelora sudah mendapatkan perlindungan isolasi, perlindungan tegangan tinggi, tahan debu dan air (standar IP67), serta sistem perlindungan baterai yang cocok untuk cuaca ekstrim. Dengan crumple zone pada bagian depan yang akan melindungi pengemudi ketika terjadi benturan, Gelora sudah dipersiapkan dengan sistem pengereman ABS dan EBD.

>>> GIICOMVEC 2020: First Automobile Work Konfigurasi Produk Baru untuk Regulasi ODOL

2. Harga DFSK Gelora

Gelora didesain tidak hanya untuk kendaraan niaga blind van, tetapi juga hadir dalam bentuk mobil penumpang. DFSK Gelora akan dijual dengan rentang harga mulai Rp489-499 jutaan untuk tipe minibus dan Rp469-479 jutaan untuk tipe Blind Van. Sedangkan versi mesin konvensional dipasarkan mulai dari Rp185-189 jutaan untuk tipe MB dan Rp175-179 jutaan untuk tipe Blind Van.

Gelora berteknologi listrik rencananya juga akan diproduksi di pabrik DFSK di Cindere, Serang, Banten. Dengan begitu, besar kemungkinan harga yang ditawarkan lebih murah. Belum lagi jika pemerintah Indonesia memberikan intensif bagi produksi kendaraan listrik di Tanah Air.

kisaran harga DFSK Gelora E 2020 di layar
Harga yang ditawarkan DFSK masih berupa kisaran

Gelora bukan kali pertama kendaraan listrik milik DFSK dibawa ke Indonesia. Sebelumnya, ada DFSK Glory E3 yang mendapatkan debut pertamanya pada GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Juli 2019 silam. Sayangnya, belum ada kejelasan tentang kapan SUV listrik ini akan dipasarkan di Indonesia.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain