GIIAS 2018: Aksi Balap Honda Civic TCR

08/08/2018

Event - Promosi
Share this post:
GIIAS 2018: Aksi Balap Honda Civic TCR
Tenggelam di bawah hingar-bingar world premiere All New Honda Brio, PT Honda Prospect Motor menampilkan salah satu andalan Honda di arena balap, yaitu Honda Civic Type R TCR di GIIAS 2018.

foto mobil balap Honda Civic di booth Honda dalam pameran GIIAS 2018

Kegiatan balap merupakan bagian tak terpisahkan dalam sejarah Honda​ (foto: Aditya Siregar)

Sesuai gairah sang pendiri Soichiro Honda, kegiatan balap merupakan bagian tak terpisahkan dalam sejarah Honda. Tercatat, saat ini pabrikan Jepang berlaga di hampir semua kategori utama arena balap dunia. Mulai dari Formula 1 sebagai penyuplai mesin tim Toro Rosso, arena Super GT Jepang, kejuaraan mengadopsi GT3 di seluruh dunia, hingga balap turing. Dimana, andalan Honda di FIA World Touring Car Cup (WTCR) yaitu Honda Civic Type R TCR tampil di Gaikindo Indonesia Auto Show 2018.

Mobil ini mengawali debutnya di WTCR pada musim kompetisi 2018. Hingga ronde Slovakia, tim pengguna ALL-INKL.COM Munnch Motorsport berada pada posisi ke-3 klasemen tim. Berhasil menang sekali masing-masing di ronde Hungaria, Jerman dan Hungaria.

tampak samping ekor Honda Civic type R TCR

Honda Civic TCR Type R tak beda jauh versi jalan rayanya (foto: Aditya Siregar)

>>> Klik di sini untuk jika Anda berminat mencari Honda Civic Type R

Sesuai regulasi TCR, mobil menggunakan Honda Civic Type R standar sebagai basis dengan sejumlah modifikasi terbatas guna menekan biaya balap. Mesin K20C1 berdaya 320 dk pun hanya di-tune ringan hingga naik 20 dk. Transmisi menggunakan 6-speed sequential dengan SADEV paddle-shift. Tak lupa tambahan aero kit dan peranti khusus balap lainnya.

Kejuaraan WTCR baru diselenggarakan perdana tahun ini, menggantikan World Touring Car Championship (WTCC) yang bubar jalan akibat sepi peserta. Popularitas kategori TRC membuat FIA selaku badan penyelenggara balap tertinggi memilih untuk menerapkannya sebagai pengganti TC1 nan mahal.

foto start kejuaraan balap WTCR 2018

Aksi Honda Civic Type R TCR di arena WTCR musim 2018 (foto: Honda Europe)

Ada pun model dasar Honda Civic Type R berkode FK8 dijual di Indonesia secara resmi dengan harga Rp 1,005 miliar. Honda global meluncurkan model tersangar keluarga Civic ini di tahun 2017, menggantikan FK2. Saat ini Honda Civic Type R tercatat sebagai mobil berpenggerak roda depan tercepat di sejumlah sirkuit, seperti dilakukannya baru-baru ini di Estoril, Portugal.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top