Geneva Motor Show 2021 Terancam Batal karena Alasan Finansial

28/05/2020

Event - Promosi

2 menit

Share this post:
Berita pembatalan Geneva Motor Show 2020 sudah digaungkan. Tetapi tahun depan, kepastian tentang penyelenggaraan Geneva Motor Show 2021 pun menjadi persoalan.

Geneva Motor Show 2020 rencananya akan diselenggarakan pada 5 Maret lalu. Namun pada tanggal 28 Februari, penyelenggara menyebutkan bahwa mereka kemungkinan besar akan menunda acara tersebut karena pandemik virus Covid-19. Setelah gelaran tahun 2020 resmi dibatalkan, masalah besar kembali dihadapi oleh penyelenggara untuk Geneva Motor Show 2021.

>>> Demi Efisiensi, Renault Rumahkan 5.000 Karyawan

Terancam dibatalkan

Geneva Motor Show, salah satu pameran otomotif terpopuler di jagad harus menerima kenyataan pahit: Yayasan dari Geneva International Motor Show (GIMS) meminjam dana 16,8 juta franc (atau sekitar Rp 256 miliar) untuk mengonsep ulang Palexpo SA. Palexpo merupakan venue konvensi dimana GIMS biasanya diadakan.

venue Geneva Motor Show 2020 yang kosong
Kondisi venue Geneva Motor Show 2020 yang sudah dibatalkan

Dari pernyataan resminya, kondisi finansial GIMS sedang melemah. Untuk mendapatkan dana, Organisation Internationale des Constructeurs d'Automobiles (OICA) harus meminta pinjaman dari pemerintah Jenewa. Peminjaman tersebut sangat bertentangan dengan tujuan utama organisasi GIMS.

>>> Geneva Motor Show 2020 Batal, Para Pabrikan Lakukan Peluncuran Virtual

"Faktanya, (ketentuan-ketentuan) bertentangan dengan undang-undang dan terutama dengan tujuan yayasan yang dirumuskan lebih dari 100 tahun yang lalu. Lebih jauh, pengorganisasian acara pada tahun 2021 saat ini sangat tidak pasti,” jelas pernyataan resmi GIMS.

“Memang, para peserta pameran utama GIMS mendukung kami dan sangat merekomendasikan untuk merencanakan edisi berikutnya untuk tahun 2022," lanjutan bunyi pernyataan tersebut. 

gedung Geneva Palepo Expo tempat konvensi terbesar di Swiss
Palexpo SA yang menjadi venue Geneva Motor Show 2021

Pembatalan GMS tahun ini menjadi pukulan telak bagi penyelenggara, bahkan sektor perekonomian Swiss pada umumnya. Pembatalan tersebut menelan biaya 11 juta franc (atau sekitar Rp168 miliar). GIMS adalah salah satu pameran motor paling dinanti dengan lebih dari 600.000 pengunjung dan 10.000 wartawan datang dari berbagai belahan dunia.

Pembatalan GMS tahun depan akan berdampak buruk bagi Swiss. Pasalnya, GIMS mampu mendatangkan devisa hingga 200 juta franc (sekitar R p3 triliun) untuk perekonomian Swiss. Angka yang besar bagi negara kecil berpenduduk hanya 8,5 juta orang ini.

>>> Geneva Motor Show Batal, Toyota Tunda Peluncuran SUV Berbasis Yaris

Hanya Tersisa LA Motor Show

Virus Corona telah memaksa pameran mobil di Detroit, Paris, New York, dan Jenewa. Hanya ada Los Angeles Auto Show yang tersisa sebagai tameng terakhir dari acara motor show tahunan yang masih akan diselenggarakan. Pameran yang diadakan di Los Angeles Convention Center ini rencananya bergulir pada 20 November hingga 29 November nanti.

gelaran LA Auto Show 2019 dengan banyak pengunjung
Los Angeles Auto Show rencananya akan diselenggarakan pada 20 November

Selain pameran otomotif, berbagai acara besar mengalami masalah serupa dengan pandemik Covid-19 yang masih belum jelas kapan berakhirnya. Contohnya saja Olimpiade Tokyo yang semestinya akan diadakan pada pertengahan tahun ini dipindahkan dan akan diselenggarakan tahun depan.

>>> Berita mobil terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top