Klarifikasi Biaya Tes PCR Rp 6 Juta MotoGP Mandalika: 'Itu Kumulasi'

10/02/2022

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Klarifikasi Biaya Tes PCR Rp 6 Juta MotoGP Mandalika: 'Itu Kumulasi'
Sebuah unggahan baru dari seorang fotografer asing ketika melakukan liputan tes pramusim MotoGP Mandalika mengungkapkan biaya tes PCR senilai Rp 6 juta.

Sebuah postingan dari seorang fotografer Gareth Haford di media sosial tentang biaya tes PCR di Indonesia ramai jadi perbincangan. Dari postingan Gareth, ia mengakui telah menghabiskan biaya hingga Rp 6 juta jelang tes pramusim MotoGP Mandalika. Hal ini sontak menimbulkan perdebatan dari warganet di Tanah Air.  

Tes PCR Rp 6 juta

Postingan ini diunggah melalui akun Instagram-nya sendiri @garethhaford pada hari Rabu, (9/2/2022). Postingan itu memperlihatkan tingginya harga tes PCR pada balapan pramusim tersebut. Pada unggahan di Stories Instagram, Gareth menceritakan bahwa ia menghabiskan 310 pounds atau Rp 6 juta hanya untuk melakukan tes PCR.

“Sudah mengeluarkan £ 310 (Rp 6 juta) untuk tes PCR dan masih harus melakukan dua kali (pengetesan) lagi. Seseorang mendapatkan uang di tempat lain. (Tapi ini) bukan tempat yang buruk untuk melakukan swab. #butuhpinjaman #motogp”

biaya tes PCR dari Gareth Haford di MotoGP Mandalika
Postingan yang diunggah oleh Gareth Haford tentang mahalnya biaya tes PCR

>>> Panduan Lengkap PPKM Level 3 Jabodetabek, Bandung, Bali, dan Yogya

Unggahan ini menarik perhatian ketika akun @Fatmyfirdaus46 mengunggah kembali postingan Gareth pada akun Twitter @LambeResing. Beberapa netizen yang berkomentar pun menandai akun Twitter @KemenkesRI.

Namun sebelum berita tersebut lebih banyak menyebar, Gareth akhirnya mengungkapkan klarifikasi atas unggahannya tersebut. Di akun Instagram-nya, ia mengungkapkan bahwa itu semua merupakan total kumulasi dari semua biaya tes yang ia lakukan semenjak keluar dari Inggris, negara asalnya.

"No, it was the cost since leaving UK," tulisnya di kolom komentar.

>>> Kisah Pembalap MotoGP di Mandalika, Beli Es Degan Sampai Kartu Perdana

Tes dilakukan setiap hari

Tak jauh berbeda dengan Gareth, sebagian besar tim dan pembalap MotoGP juga harus menjalani tes PCR untuk menjaga protokol kesehatan selama tes pramusim berlangsung. Semua kru dan pembalap MotoGP 2022 yang tiba di Lombok sejak hari Senin (7/2/2022) diharuskan untuk menjalani tes PCR setiap harinya.

peraturan menggunakan masker di MotoGP Mandalika
MGPA memberlakukan sistem travel bubble selama tes pramusim berjalan

Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria, tak lupa mengecek pengetesan yang dilakukan. Mulai dari memastikan tes PCR berlangsung sesuai protokol dan meminta semua pihak untuk mengurai antrian yang mengular.

Untuk mengurangi penyebaran virus Corona selama tes pramusim, setiap hotel juga memberlakukan skema travel bubble. Dimana seluruh karyawan hotel akan menjalani tes PCR dan rapid Antigen yang terhubung dengan aplikasi PeduliLindungi.

>>> Harga mobil baru dan promo menarik bisa Anda dapatkan di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com. Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencar
 
back to top