Formula E Jakarta 2022 Dipastikan Digelar Meski Belum Ada Sirkuitnya

17/10/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Setelah sempat dilanda ketidakpastian, Formula E 2022 Jakarta resmi masuk kalender sementara ajang balap Formula listrik tersebut. Tetapi, di mana sirkuitnya?

DKI Jakarta resmi ditetapkan sebagai tuan rumah balap ABB FIA Formula E untuk musim 2022. Rencananya, balapan dengan nama resmi Jakarta E-Prix tersebut akan digelar pada 4 Juni tahun depan.

Sebelumnya, status balapan tersebut masih TBC (To Be Confirmed) pada pengumuman kalender balap 2022 sebelumnya. Ajang balap Formula listrik di Jakarta ini akan menjadi seri kesembilan dari total 16 seri balap.

Jakarta akan menjadi destinasi baru bagi para pebalap Formula E bersama dengan Vancouver, Kanada dan Seoul, Korea Selatan. Pertanyaannya, di mana ajang balap ini akan digelar?

Gagal Balapan di Monas

Jakarta E-Prix seharusnya sudah digelar dari tahun 2020 lalu di kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat. Namun, pandemi COVID-19 memaksa pihak Jakpro selaku penyelenggara harus menunda balapan tersebut.

Gambar Kalender Formula E 2022

Jakarta resmi dimasukkan ke kalender sementara musim balap 2022

>>> Formula E Jakarta Dijadwalkan Dihelat Tahun Depan

Sayangnya, Monas yang semula menjadi venue bahkan sempat dirapihkan aspalnya, gagal mendapat izin dari pemerintah pusat. Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) tidak mengizinkan balap Formula listrik digelar di Monas dengan alasan bahwa ajang balap mobil tersebut dikhawatirkan dapat merusak cagar budaya.

Alhasil, Jakpro harus memutar otak untuk mencari venue pengganti yang tak kalah menarik dari ikon kota Jakarta dan Indonesia tersebut.

Balap Formula E memang selalu diadakan di tengah kota. Selain untuk memperkenalkan teknologi mobil listrik kepada masyarakat, ajang tersebut diadakan untuk memperlihatkan pesona kota yang menjadi tuan rumah.

Gambar Monas

Jakarta E-Prix gagal diadakan di Monas

Tentunya Jakpro sudah menyiapkan beberapa venue alternatif sebagai pengganti Monas. Pemilihan venue yang tepat bisa berdampak positif terhadap sektor pariwisata serta investasi Indonesia.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan bahwa Formula E di Jakarta bukan hanya digelar dalam satu acara, melainkan rangkaian acara sepanjang beberapa bulan hingga Juni 2022. Acara ini tentu akan melibatkan banyak stakeholder, termasuk UMKM untuk memaksimalkan nilai ekonomi penyelenggaraan balapan.

>>> Juara Dunia Formula E, Nyck de Vries Ternyata Keturunan Indonesia!

Venue Alternatif

Kabar terakhir dari Jakpro menyebutkan bahwa mereka sudah memiliki lima calon venue yang akan menjadi sirkuit untuk Jakarta E-Prix. Tiga di antaranya masih dirahasiakan, sedangnay dua lainnya adalah Pantai Reklamasi dan area GBK serta Senayan.

Tentu kalau bicara pilihan yang paling mudah adalah Pantai Reklamasi di mana pihak penyelenggara tak perlu memusingkan untuk menutup lalu lintas Jakarta. Tetapi, ppantai tersebut dinilai masih kurang menarik untuk sebuah gelaran balap internasional yang akan dipertontonkan kepada dunia.

Gambar Formula E

Pulau reklamasi menjadi calon venue paling logis untuk ajang balap mobil listrik ini

Tentu Senayan akan jadi pilihan yang menarik untuk memperlihatkan Jakarta, tetapi akan sulit untuk membuat skema sirkuit serta menutup lalu lintas daerah tersebut yang cenderung padat.

Sementara ini, kita tunggu saja pengumuman venue alternatif lainnya. Nantinya, pihak FIA pun akan melakukan survey kepada calon sirkuit yang telah ditetapkan untuk melihat kelayakannya.

>>> Temukan pilihan mobil baru dan bekas lainnya hanya di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top