Cari Bibit Pembalap MotoGP, FIM dan Dorna Sepakat Bikin MiniGP World Series

01/02/2021

Event - Promosi

5 menit

MiniGP World Series merupakan ajang balap untuk rider usia muda yang bsia digelar diseluruh dunia. Nantinya pemenang tingkat nasional akan diadu diseri final guna mendapatkan akses menuju kejuaraan balap motor tingkat dunia lainnya.

FIM dan Dorna sepakat untuk menggelar MiniGP World Series sebagai langkah awal untuk pencarian bakat pembalap muda. Kesepakatan ini akan menyatukan dan menstandarkan semua kejuataan MiniGP dari seluruh dunia.

Melalui ajang ini Dorna yakin akan banyak muncul potensi pembalap-pembalap muda yang nantinya bakal melangkah ke ajang balap roda dua paling bergengsi, MotoGP.

>>> Profil Kanaka Azarel Gusasi, Juara Balap Gokart Termuda

MiniGP Jadi Langkah Awal Persiapan Menuju MotoGP

Balap MiniGP

Cari bibit-bibit pembalap muda berbakat untuk menuju MotoGP

FIM MiniGP ini merupakan kompetisi MiniGP yang bisa diselenggarkaan dinegara mana saja di seluruh dunia. Namun setiap penyelenggara berhak mengikuti peraturan balapan dan teknis lainnya yang telah distandarkan oleh FIM dan Dorna Sports.

Diharapkan MiniGP akan menjadi bagian dalam seri Road to MotoGP. Namun karena bisa diselenggarkaan oleh negara manapun, maka perwakilannya bisa lebih luas.

"FIM MiniGP World Series adalah langkah pertama bagi semua anak muda untuk mencapai impian mereka di kejuaraan dunia MotoGP," kata Jorge Viegas, Presiden FIM dikutip dari Visordown, Senin (01/02/2021).

>>> Meski Ukurannya Mini, Komponen Kecil Ini Bikin Ban Aman dan Terjaga

Perhatikan Standar Tata Tertibnya

FIM MiniGP World Series

Ada beberapa peraturan yang wajib dipatuhi setiap penyelenggaraan MiniGP

>>> Review Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line 2020: Mercedes-Benz GLS Versi Mini

Beberapa aturan yang wajib ada dalam setiap penyelenggaraan MiniGP adalah setiap pembalap wajib berusia 10-14 tahun. Kemudian mesin yang digunakan setara dengan Ohvale GP-0 160. Pemasok ban pun sudah ditentukan, yakni Pirelli dengan aoikasi ban standar yang diberikan per acara. Setiap negara boleh menyelenggarakan minimal 4 event dengan 8 kali balapan. Setiap balapan jumlah pembalap yang ikut minimal 15 rider. Event balapan pertama wajib diselenggarakan sebelum Juli 2021, dan event terakhir selambat-lambatnya 17 Oktober 2021.

Nantinya juara MiniGP tingkat nasional dari masing-masing negara berhak ikut dalam seri final MiniGP. Balapan tersebut bakal berlangsung sepekan sebelum seri terkahir MotoGP 2021. Pemenang MiniGP seri dunia ini akan ditentukan berdasarkan lokasi dan usia. Dan nantinya mereka berhak dapat akses untuk ikut dalam kejuaraan Idemitsu Asia Talent Cup, Honda British Talent Cup, Northern Talent Cup atau European Talent Cup.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top