F1 Rusia 2021: Kemenangan ke-100 Lewis Hamilton dan Hari Buruk Lando

27/09/2021

Event - Promosi

4 menit

Share this post:
Meski tampil kurang maksimal di kualifikasi, pada akhirnya Lewis Hamilton berhasil menjadi juara di F1 Rusia 2021 yang dihiasi oleh drama dan keseruan.

Sir Lewis Hamilton berhasil meraih kemenangan ke-100 selama berkarier di Formula 1. Start dari posisi 4 di Sochi Autodromo, ia berhasil menyalip Lando Norris di penghujung balapan.

Norris yang menjadi pole sitter justru harus menelan pil pahit setelah posisinya turun drastis akibat 'perjudian' yang ia lakukan. Sementara, Max Verstappen yang memulai balapan dari posisi paling belakang bisa finis di belakang Hamilton.

Carlos Sainz yang sempat memimpin di awal balapan menggenapkan posisi tiga pebalap terdepan. Meski Ferrari yang ia kendarai kalah cepat dibanding mobil-mobil lain, Sainz tampil konsisten sepanjang balapan yang membuatnya layak untuk naik ke podium.

Gambar Lando Norris dan Lewis Hamilton

Meski kecewa, Lando Norris mengucapkan selamat pada Hamilton yang meraih kemenangan ke-100 di Formula 1

Hujan Mengintai Sepanjang Akhir Pekan

Jujur saja, kami tak berekspektasi apa-apa saat menonton seri balap F1 Rusia 2021. Pasalnya, banyak pebalap yang memilih untuk mengambil penalti demi mengganti power unit atau girboks mereka agar lebih kompetitif di sisa musim.

>>> Gaya Lewis Hamilton di Met Gala 2021

Valtteri Bottas, Antonio Giovinazzi, Nicholas Latifi, Charles Leclerc, dan Max Verstappen memulai lomba dari posisi 16 hingga 20. Banyak yang menyebut bahwa keputusan menit akhir dari Bottas untuk mengganti girboks bertujuan untuk menghalau laju Verstappen di barisan belakang.

Saat balapan dimulai, tontonan seru langsung tersaji saat lima pebalap terdepan berlomba untuk masuk ke tikungan pertama lebih dahulu. Sainz berhasil melakukan manuver cermat dengan memanfaatkan sisi luar tikungan. Ia pun langsung memimpin balapan diikuti Lando Norris dan George Russell.

Gambar Carlos Sainz

Hamilton yang mencoba bermanuver di belakang Sainz justru harus rela kehilangan banyak posisi karena menghindari tabrakan dengan pebalap lainnya.

Sang juara dunia akhirnya memutuskan untuk menghemat ban dan bahan bakar sembari menunggu para pebalap lain untuk masuk ke dalam pit agar mendapatkan angin bersih dan bisa memacu mobilnya dengan maksimal.

Verstappen yang memulai lomba dari urutan paling belakang diam-diam sudah mengintai para pebalap di posisi 10 besar. Di sisi lain, awan gelap juga mulai mengintai jalannya perlombaan.

>>> Mengenal Halo, Perangkat Yang Menyelamatkan Nyawa Lewis Hamilton

Spekulasi Lando Norris

Gambar 47/53

Hujan mulai turun di lap 47

Saat balapan memasuki 10 lap terakhir, beberapa pebalap pun mulai melaporkan adanya gerimis di beberapa bagian sirkuit. Laporan cuaca menyebut bahwa hujan akan turun di 5 lap terakhir.

Benar saja, gerimis pun mulai terlihat di kamera, para kru di paddock pun mulai mempertimbangkan untuk meminta pebalap mereka masuk ke pit dan mengganti ban.

Verstappen yang sebenarnya punya peluang besar untuk mengejar barisan pebalap di depannya memilih untuk pit stop dan mengganti ban ke intermediate. Lando Norris dan Lewis Hamilton yang berada di depan memutuskan untuk tetap bertahan dengan ban slicks mereka.

McLaren berkali-kali mengingatkan Norris akan kemungkinan turunnya hujan deras di akhir lomba dan menyuruh pebalap muda asal Inggris tersebut untuk mengganti bannya. Tetapi, Norris yang sedang dikejar oleh Hamilton memutuskan untuk berspekulasi dan tetap menggunakan ban slicks.

Gambar Lando Norris

Norris kesulitan untuk memacu mobilnya saat sirkuit mulai digenangi air

Lewis Hamilton juga awalnya bersikeras untuk tidak mengganti bannya karena jaraknya dengan Norris sudah cukup dekat. Hamilton cukup yakin bahwa ia bisa menyalip Norris sebelum balapan berakhir.

Tetapi, ia akhirnya memutuskan untuk mengganti ban setelah radar cuaca mendeteksi bahwa hujan akan semakin deras dalam beberapa waktu ke depan. Kedua pebalap sama-sama berjudi dengan pilihan mereka.

>>> Hasil Balap F1 Italia 2021: McLaren Berhasil Finis di Posisi 1-2

Rupanya, dewi fortuna lebih memihak pada Hamilton. Memasuki 3 lap terakhir, hujan langsung turun dengan deras. Lando Norris yang masih menggunakan ban slicks pun mulai kesulitan menjaga traksi.

Hamilton dengan ban yang lebih mengiggit pun mulai mengejar Norris yang awalnya memiliki jarak 25 detik di depannya. Naas bagi Norris, ia pun terpeleset keluar trek yang membuat Hamilton bisa menyalip tanpa banyak usaha.

Gambar Lewis Hamilton

Lewis Hamilton jadi pebalap pertama yang meraih 100 kemenangan

Norris akhirnya terpaksa untuk masuk ke pit dan harus merelakan kesempatannya untuk naik ke podium. Hamilton menjadi yang pertama untuk melewati garis finis, disusul oleh Max Verstappen yang tampil brilian, dan Carlos Sainz di posisi ketiga.

Berikut hasil balap F1 Rusia 2021:

Gambar Hasil Balap F1 Rusia 2021

Hasil balap F1 Rusia 2021

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top