F1 Qatar 2021: Lewis Hamilton Juara, Alonso Akhiri Puasa Podium

22/11/2021

Event - Promosi

6 menit

Share this post:
Lewis Hamitlon berhasil mendominasi di sepanjang akhir pekan F1 Grand Prix Qatar 2021 yang diselenggarakan di Sirkuit Internasional Losail, Minggu (21/11).

Di seri perdana F1 Qatar, Lewis Hamilton tampil dominan sepanjang akhir pekan dan menggenapkan dominasinya dengan meraih kemenangan atas rival terdekatnya, Max Verstappen yang finis di urutan kedua.

Kini selisih poin antar kedua pebalap hanya tersisa 8, dan nampaknya gelar juara F1 2021 akan ditentukan di seri pamungkas yang akan diselenggarakan di Grand Prix Abu Dhabi.

Sementara itu, Fernando Alonso mampu mengakhiri puasa podiumnya setelah terakhir kali mendapatkanya di tahun 2014 bersama McLaren Honda. Tim Alpine berhasil menjalankan strategi 1 pitstop dengan sangat baik.

>>> Mengenal Halo, Perangkat Yang Menyelamatkan Nyawa Lewis Hamilton

Start Brilian dari Max Verstappen

Gambar Max Verstappen

Dewi Fortuna belum memihak pada Verstappen di penghujung musim balap F1 2021

Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen harus rela untuk memulai balapan dari urutan ketujuh setelah diganjar penalti oleh stewards akibat melanggar double yellow flag saat kualifikasi.

Valtteri Bottas dari Mercedes-AMG Petronas juga mendapatkan penalti karena kesalahan yang sama dan harus menjalani start dari posisi keenam.

Petaka bagi Bottas berlanjut saat lampu hijau tanda start balapan menyala. Ia gagal mempertahankan putaran mesin optimal saat melepas kopling di garis start sehingga posisinya semakin melorot di awal lomba.

Verstappen justru sebaliknya, ia berhasil memulai lomba dengan sangat baik. Sang pemimpin klasemen hanya membutuhkan dua tikungan untuk mengembalikan posisinya sebelum diganjar penalti. Ia pun langsung mengejar Hamilton yang melesat sendiri di depan dengan udara yang lebih 'bersih'.

Gambar Verstappen Start

Verstappen langsung tampil agresif di awal balapan dan merebut kembali posisinya sebelum terkena penalti

Melihat Mercedes W12 yang begitu kencang di Sirkuit Losail, Red Bull Racing pun berusaha untuk membalikkan kedudukan lewat strategi pitstop. Verstappen masuk ke pit lebih dulu untuk melakukan undercut.

Namun Mercedes bisa mengantisipasinya dengan meminta Lewis Hamilton untuk melakukan pergantian ban 2 lap setelahnya. Kedua pebalap pun tetap mempertahankan posisi masing-masing.

>>> F1 Turki 2021: Valtteri Bottas Juara, Lewis Hamilton Marah-marah

Drama Pecah Ban di Akhir Balapan

Ini adalah balap F1 perdana di Qatar, semua tim dan pebalap sama-sama cukup 'buta' mengenai Sirkuit Losail yang lebih dikenal sebagai arena balap MotoGP. Hasilnya, semua tim memiliki perspektif yang berbeda terhadap strategi pitstop dan penggunaan ban.

Beberapa tim mencoba berspekulasi dengan menunda pergantian ban untuk melakukan stategi 1 pitstop. Naasnya, suhu aspal lintasan yang begitu tinggi membuat kondisi ban memburuk dengan cepat. Bahkan, beberapa pebalap mengalami pecah ban secara tiba-tiba.

Gambar Valtteri Bottas

Valtteri Bottas mengalami pecah ban dan harus menggiring mobilnya kembali ke pitstop

Valtteri Bottas menjadi pebalap pertama yang mengalami kejadian ini. Memasuki lap 33, ban kiri depannya tiba-tiba pecah dan mengakibatkannya harus berkendara dengan tiga ban untuk masuk ke pitstop. Mercedes W12 yang ia kendarai pun mengalami kerusakan cukup parah di bagian bargeboard dan mengakibatkan downforce mobil menurun.

Para pebalap yang berniat untuk melakukan strategi 1 pitstop pun urung melakukannya karena takut mengalami hal serupa. Benar saja, duo pebalap Williams Racing, George Russell dan Nicholas Latifi juga terpaksa berhenti dari balapan karena pecah ban yang sama.

Akibat kejadian tersebut, Virtual Safety Car pun dikeluarkan. Melihat kesempatan ini, Max Verstappen yang sudah mengamankan posisi kedua langsung melakukan pitstop untuk mengganti ban berkompon lembut demi merebut fastest lap dari Lewis Hamilton.

Pada akhirnya, Lewis Hamilton berhasil meraih kemenangan di Qatar, disusul Verstappen dan Alonso di posisi kedua dan ketiga. Posisi keempat mampu direbut oleh Sergio Perez sehingga Red Bull Racing masih bisa bersaing dengan Mercedes untuk gelar juara konstruktor.

Gambar Fernando Alonso

Setelah 7 tahun, beralih ke WEC dan Reli Dakar, akhirnya Fernando Alonso berhasil kembali ke podium Formula 1

Dengan kemenangan ini, Lewis Hamilton berhasil menang di sirkuit ke-30 dari total 35 sirkuit yang telah ia tuntaskan di sepanjang karier Formula 1-nya. Persaingan gelar juara pun semakin memanas, balap selanjutnya adalah F1 Saudi Arabia yang lagi-lagi menjadi sirkuit baru untuk musim 2021.

Apakah Max Verstappen mampu mempertahankan keunggulan 8 poinnya? Atau Hamilton yang mulai memanas di akhir musim pada akhirnya bisa meraih gelar juara dunia kedelapan dan melewati rekor Michael Schumacher? Kita tunggu saja kelanjutannya hingga akhir tahun ini.

>>> Temukan Mobil Bekas Incaran Anda di Sini

Berikut hasil balap F1 Qatar 2021:

Gambar 10 Besar F1 Qatar 2021

10 besar F1 Qatar 2021

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top