F1 Belgia 2021 Menuai Protes, Batal Balapan Karena Hujan Lebat

30/08/2021

Event - Promosi

3 menit

Setelah rehat musim panas, F1 Belgia jadi seri yang ditunggu-tunggu oleh para pebalap dan penggemar. Namun, balapan tersebut harus dibatalkan karena hujan.

Seri balap F1 ke-12, Grand Prix Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps diwarnai dengan rentetan kejadian yang membingungkan. Tak hanya mobil Williams yang biasanya ada di baris terbelakang mampu start dari urutan kedua, ajang utama di hari Minggu juga menuai protes dari pebalap dan penggemar akibat tarik ulur FIA untuk melaksanakan balapan.

Kondisi Sirkuit Spa-Francorchamps memang jauh dari kata sempurna untuk melakukan balapan. Hujan yang lebat sepanjang akhir pekan membuat lintasan sangat licin karena tergenang air. Jarak pandang para pebalap juga terbatas, bahkan terlihat beberapa kali dalam tayangan langsung bahwa mereka terlihat ragu untuk memacu mobilnya.

Balapan Ditunda

Gambar Sergio Perez

Balapan belum dimulai, mobil Sergio Perez sudah menyangsang pembatas sirkuit

Pebalap tim Red Bull Racing, Sergio Perez menjadi korban pertama dari lintasan licin di seri F1 Belgia yang bahkan belum dimulai sama sekali. Saat menuju grid untuk start, mobil RB16B yang ia kemudikan tergelincir keluar dari lintasan.

>>> Hasil Kualifikasi F1 Belgia: Max Verstappen Pole, Russell Tampil Apik

Meski ia tidak mengalami cedera, mobil yang ia kendarai mengalami kerusakan cukup parah di bagian suspensi depan. Karena kejadian ini, Perez pun langsung dihapus dari daftar pebalap yang akan melakukan start.

Setelah kejadian tersebut, para pebalap pun menunggu di dalam kokpit mobil F1 mereka masing-masing di garis start. Namun, FIA memutuskan untuk menunda balapan selama 10 menit.

Gambar Safety Car Spa-Francorchamps

F1 Belgia 2021 harus dimulai dengan dipandu safety car

Saat lintasan dinilai sudah mulai mengering, para pebalap pun melakukan formation lap di belakang safety car. Mereka akan melakukan rolling start karena kondisi sirkuit tak memungkinkan untuk melakukan standing start.

Red Flag Dikibarkan

Namun setelah beberapa putaran, akhirnya marshal mengibarkan bendera merah atau red flag yang artinya balapan harus kembali ditunda. Para pebalap pun kembali ke pit lane mereka masing-masing.

>>> F1 2020 dan Game Balap EA Kini Bisa Dimainkan Gratis di Xbox Game Pass

Kami yang menyaksikan langsung pun mulai berasumsi bahwa seri balap F1 Belgia 2021 ini harus dibatalkan, namun FIA tak kunjung memberikan pemberitahuan. Uniknya, kesempatan ini digunakan oleh para tim F1 untuk membuat meme para pebalap mereka yang menunggu di pit hingga bosan bahkan ketiduran.

Di sisi lain, mekanik tim Red Bull berusaha memperbaiki mobil Sergio Perez dengan harapan bisa mengikuti balap F1 Belgia. Red Bull Racing memang membutuhkan poin maksimal untuk bisa mengejar tim Mercedes-AMG Petronas di posisi pertama.

Gambar Lando Norris

Lando Norris sampai tertidur menunggu F1 Belgia dimulai kembali

Karena kehabisan waktu, FIA akhirnya menetapkan aturan balapan 1 jam dengan perolehan setengah poin jika para pebalap dapat menyelesaikan 2 lap dan kurang dari 75% dari total balapan.

Mereka pun melaju di belakang Safety Car selama 2 lap sebelum akhirnya kembali ke pit lane. Dengan itu, balapan pun dianggap selesai. Max Verstappen sebagai pole sitter dinyatakan sebagai pemenang, George Russell mendapatkan podium pertamanya di musim balap F1 2021, dan Lewis Hamilton harus puas di posisi ketiga.

>>> Juara Dunia Formula E Keturunan Indonesia Diam-diam Ditaksir Tim F1

Karena keputusan ini, FIA pun menuai protes dari para pebalap dan penonton. FIA dinilai kurang tegas karena pembatalan seharusnya dilakukan lebih cepat mengingat kondisi sirkuit dan cuaca. Mereka membuat para penonton dan pebalap menunggu terlalu lama meski sudah tahu bahwa balapan tidak bisa diselenggarakan.

Berikut hasil balap F1 Belgia 2021:

Gambar Hasil Balap F1 Belgia 2021

Hasil balap F1 Belgia 2021

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top