Edisi Spesial Balap Ke-800 Dan Sejarah Warna Tim Williams F1

09/07/2023

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Edisi Spesial Balap Ke-800 Dan Sejarah Warna Tim Williams F1
Mari mengenang warna apa yang pernah menghiasi tim Williams di kompetisi Formula 1 dalam menyambut penampilan khusus mobil pada partisipasi balap ke-800.

Anda gen-X penggemar F1 dekade tentu memiliki kenangan khusus terhadap tim Williams Racing yang mendominasi arena di dekade 1990-an. Ketika Nigel Mansell yang diikuti Alain Prost, lalu Damon Hill dan Jacques Villeneuve menjadi sosok sulit ditaklukkan di arena. Meski tidak lantas mengubah ajang F1 menjadi one man show membosankan seperti terjadi di musim sekarang.

Namun bagaikan plot twist drama Korea, performa Williams terus merosot sepeninggal tidak lagi menjadi partner pabrikan. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir malah menjadi langganan start paling belakang grid F1. Namun Williams F1 tetap setia F1, bahkan bersiap menyambut partisipasi mereka ke-800 di arena balap F1 pada GP Inggris akhir pekan ini.

tim Williams
Warna spesial Mobil Williams FW45 di GP Inggris dan GP Hungaria

Edisi Warna Khusus Balap Ke-800 

Sebetulnya, GP Inggris akhir pekan ini (9/7) baru menjadi balap ke-799 dari tim Wiilliams. Gara-garanya sempat ada 1 seri di Imola yang dibatalkan akibat sirkuit kebanjiran. Namun, mengingat Williams adalah tim Inggris, momen berlaga di Silverstone tentu tidak akan dilewatkan. Sehingga warna spesial ini akan dipakai pada GP Inggris dan GP Hungaria minggu depan (17/7). Warnanya sendiri kalau mau jujur kurang menarik perhatian. Kombinasi warna biru dipakai tim saat ini yang dipadu bendera Union Jack pada bagian engine cover. Selain negara asal tim, juga sebagai penghormatan kepada pendiri tim, almarhum Sir Frank Williams. 

Tim F1 Williams mencicipi panasnya aspal F1 perdana di GP Spanyol 1977, waktu itu masih dengan sasis March. Williams baru turun sebagai konstruktor pada GP Argentina 1978, serta mendapatkan kemenangan pertamanya di GP Inggris 1979 mengandalkan FW07 bermesin Ford Cosworth. Tahun 1980 Williams menjadi juara dunia untuk pertama kalinya melalui pembalap Alan Jones. Perkawinan dengan mesin Renault dan adopsi suspensi aktif membuat Williams menjadi tim paling dominan di era 1990-an. Hingga saat ini, tim Williams F1 telah berhasil merebut 7 gelar juara dunia pembalap dan 9 gelar konstruktor. Dengan gelar terakhir direbut Jacques Villeneuve pada musim 1997.

>>> Dapatkan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas lainnya di sini

mobil tim Williams tahun 1997
Williams FW19 Renault berkelir Rothmans dikemudikan Jacques Villeneuve

Pasca cerai dengan Renault, secara perlahan tapi pasti performa tim Williams terus menurun. Kemenangan terakhir diraih tahun 2012 ketika Pastor Maldonado berhasil menang di GP Spanyol. Williams masih sempat mencicipi podium di musim 2021, tetapi itu didapatkan pada kondisi aneh ketika balap hanya berlangsung singkat dan dalam naungan safety car akibat hujan sangat deras.

>>> Sekilas Karir F1 Sebastian Vettel, Juara Dunia 4 Kali yang Pensiun Tahun Ini

Sejarah Livery Williams di F1

Sepanjang aksi balapnya, sejumlah livery legendaris telah menghiasai mobil tim balap Williams. Pada awal partisipasi di F1, Williams tampil dalam paduan kelir putih dan sentuhan hijau berkat kehadiran sponsor utama Saudia. Berikutnya, paduan warna kuning – biru – putih menjadi ciri khas Williams dekade 1980 – 1990-an ketika berlaga bersama pemasok mesin Honda, Judd dan Renault. Berikutnya ada warga rokok Rothmans yang menghiasi Williams – Renault besutan almarhum Ayrton Senna, Damon Hill dan Jacques Villeneuve. 

mobil balap Formula 1 Williams
Kelir putih dengan sponsor Saudia menghiasi mobil Williams FW07 dikemudikan Alan Jones

mobil balap Formula 1 Williams Honda
Williams Honda FW10 dengan mesin menembus 1000 dk pada musim 1986 - 1987.

mobil balap Formula 1 Williams BMW
TWilliams BMW FW26 dengan hidung unik "walrus" 

Kemitraan menjadi tim pabrikan BMW mengubah warna Williams menjadi putih-biru khas pabrikan Bavaria antara 2000 – 2005 lengkap dengan sponsor merek komputer HP atau Compaq. Meski berubah-ubah sponsor, kombinasi gelap berupa biru / hitam dan putih terus dipertahankan hingga musim 2014 ketika akhirnya tim Williams menjalin kontrak kerjasama dengan merek minuman keras Martini.

>>> Bos Tim F1 Mercedes dan Red Bull Berebut Kursi Pebalap di tim Williams

Pasca sponsor Martini dan seiring tenggelamnya prestasi Williams yang menjadi penghuni tetap barisan start paling belakang, Williams tidak lagi memilki warna khas sebagaimana terdahulu. Semoga warna khusus GP ke-800 dapat menjadi momen balik bagi salah satu tim paling legendaris di F1. 

mobil balap Formula 1 Williams
Pastor Maldonado menjadi pembalap terakhir tim Williams menjadi pemenang GP 

mobil balap Formula 1 Williams Martini
Motif legendaris Martini Racing pernah menghiasai tim Wlliams F1 antara 2014  - 2018

>>> Tim F1 McLaren Tampilkan Livery Triple Crown Khusus GP Monako 2023

Direktur & Publisher Cintamobil.com yang bergabung sejak 2018. Memiliki pengalaman 20 tahun di industri media otomotif dengan hobi mengoleksi mobil-mobilan balap. Sepanjang karirnya Adit akrab dengan test drive di sirkuit-sirkuit teranama seperti Fiorano, Fuji, Shanghai, hingga Sepang. 
 
back to top