Drama Lewis Hamilton vs Max Verstappen Memanas di F1 Inggris 2021

19/07/2021

Event - Promosi

4 menit

Share this post:
Lewis Hamilton berhasil meraih kemenangan di Grand Prix Inggris 2021 setelah terlibat dalam insiden yang mengakibatkan Max Verstappen dilarikan ke rumah sakit.

Setelah harus menyerah dari Verstappen saat F1 Sprint kemarin (17/07), Lewis Hamilton pun bertekad untuk memberikan yang terbaik di depan para pendukungnya yang menonton langsung di sirkuit Silverstone, Inggris.

Kegigihan Hamilton dan Verstappen dalam memperebutkan gelar juara dunia F1 2021 akhirnya berbuah insiden yang memaksa Mad Max untuk mengakhiri balapan lebih dini.

Insiden di Lap Pertama

Lewis Hamilton dan Max Verstappen langsung menyajikan tontonan yang seru dari awal perlombaan, mereka berdua bersaing ketat untuk meraih P1 di sirkuit legendaris Britania Raya.

Gambar Insiden Max Verstappen

Max Verstappen mengalami insiden di lap pertama

Memasuki tikungan Copse, mobil kedua pembalap pun bersenggolan yang membuat RB16B yang dikemudikan oleh Max Verstappen melintir keluar lintasan. Mobil Verstappen mengalami kerusakan suspensi, hingga menghantam dinding pembatas Silverstone dengan cukup keras.

>>> Ketahui Lebih Dalam Soal Regulasi Baru F1 2022

Verstappen terpaksa keluar balapan lebih awal dan red flag harus dikibarkan untuk menghentikan balapan serta mengevakuasi mobil dari tim Red Bull Racing tersebut. Stewards langsung melakukan investigasi terhadap insiden antara kedua pembalap yang sedang berebut gelar juara ini.

Sang pemuncak klasemen sempat mengeluh kesakitan hingga akhirnya harus dibawa ambulans untuk pemeriksaan medis. Kabar terakhir menyebut bahwa pembalap asal Belanda ini tidak mengalami cedera yang serius.

Evakuasi mobil Verstappen berlangsung cukup lama, sehingga balapan harus dihentikan lebih dari 30 menit sebelum dimulai kembali. Posisi terdepan pun direbut oleh Charles Leclerc yang start dari posisi 3.

Balapan Dimulai Kembali

Gambar Lewis Hamilton mengintai Charles Leclerc

Lewis Hamilton mengintai Charles Leclerc

Begitu balapan kembali dimulai, Leclerc melakukan start dengan mulus disusul oleh Hamilton yang tampaknya mengurangi agresivitasnya. Di belakang kedua pembalap, ada Lando Norris yang juga tampil cemerlang dan merebut posisi 3 dari Valtteri Bottas.

>>> Mobil Listrik Jadi Revolusi Tercepat Setelah Internet

Tak lama setelah balapan dimulai, stewards mengumumkan bahwa Lewis Hamilton mendapat penalti 10 detik karena bersalah atas insiden dengan Verstappen. Perlahan, Leclerc mulai membuat jarak dari pembalap lain dalam 2 lap.

Beberapa lap berselang, Leclerc sempat memperlebar jaraknya hingga 2 detik. Sayangnya pada lap 16, kecepatan Leclerc perlahan turun setelah mengeluhkan masalah tenaga mesin dan Hamilton berpeluang untuk masuk jangkauan DRS.

Scuderia Ferrari memastikan tidak ada masalah dalam mobil Leclerc sehingga sang pembalap mencoba untuk mengembalikan pace dan berusaha menjauh dari Hamilton. Masuk ke lap 22, Leclerc bahkan merebut fastest lap dan membuat jarak hingga 2,2 detik dari Hamilton.

Gambar Charles Leclerc

Meski sudah tampil maksimal, Charles Leclerc tak kuasa membendung Hamilton

Hamilton melakukan pitstop pada lap 28 sekaligus menjalani penalti 10 detiknya, sehingga harus turun ke posisi 5 meninggalkan Carlos Sainz memegang P2 untuk sementara. Lap selanjutnya, Sainz melakukan pitstop namun ada masalah sehingga kehilangan beberapa detik dan posisinya turun.

>>> Daihatsu Harap Pertahankan Posisi 2 Penjualan Mobil di Indonesia

Berikutnya di lap 30, giliran Leclerc yang melakukan pitstop dengan cepat dan ia pun berhasil mempertahankan posisi pertama. Hamilton juga tampil sangat cepat berhasil mengamankan posisi 3 setelah melewati Lando Norris di lap 32. Ia pun langsung mengejar Bottas yang berjarak 4 detik.

Lewis Hamilton yang memiliki peluang juara dunia pun membuat Mercedes-AMG Petronas F1 Team meminta Bottas untuk memberikan jalan. Juara dunia 7 kali ini dengan mudah melewati Bottas dan mencoba mengejar Leclerc dengan 11 lap tersisa.

Leclerc pun terlihat mulai kewalahan, berbanding terbalik dengan Hamilton yang tampil sangat impresif. Hamilton terus mencetak fastest lap di depan para pendukungnya dan memangkas jaraknya dengan Lecler hingga 4 detik saja di lap 46.

Gambar Lewis Hamilton

Bendera Britania berkibar di Silverstone

Lewis Hamilton akhirnya merebut pimpinan balapan pada lap 50, tepat pada tikungan Copse yang menjadi tempat insidennya dengan Verstappen di lap pertama. Ia pun berhasil menjauh hingga akhirnya memenangkan balapan F1 Inggris 2021 diikuti Charles Leclerc dan Valtteri Bottas.

Berikut hasil balap F1 Inggris 2021:

Gambar Hasil Balap F1 Inggris 2021

Hasil Balap F1 Inggris 2021

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top