Ditemukan Bahan Bakar Hidrogen Berbentuk Pasta Gigi

11/02/2021

Event - Promosi

5 menit

Ditemukan Bahan Bakar Hidrogen Berbentuk Pasta Gigi
Bahan bakar hidrogen ini dinamakan Hydrogen Powerpaste, yaitu berbentuk pasta layaknya pasta gigi yang bsia disimpan di tangki bahan bakar konvensional, tidak mudah menguap, dan lebih aman

Bertahun-tahun pelaku industri otomotif terus meneliti kemungkinan menggunakan bahan bakar terbarukan untuk setiap kendaraan yang diproduksi. Satu diantaranya bahan bakar hidrogen yang selalu dikembangkan supaya bisa diterima lebih luas oleh masyarakat.

Namun sayangnya bahan bakar ini masih memiliki beberapa kendala, antara lain membutuhkan tangki bertekanan tinggi guna menyimpan bahan bakar tersebut. Namun para peneliti tidak tinggal diam untuk bisa mencari alternatif agar bahan bakar hidrogen lebih mudah untuk diaplikasikan pada seluruh kendaraan bermotor.

>>> Renault Ingin Hadirkan Kendaraan Niaga Bertenaga Hidrogen

Tak Perlu Membutuhkan Tangki Khusus

Tangki Hidrogen

Hidrogen membutuhkan tangki khusus yang kurang praktis untuk sepeda motor

Belum lama ini organisasi penelitian Jerman, Fraunhofer-Gesellschaft telah menyelidiki kemungkinan lain untuk menggunakan bahan bakar bertenaga hidrogen pada kendaraan bermotor. Penelitian ini menyoroti bagaimana agar hidrogen bisa semakin luas digunakan terutama untuk kendaraan roda dua seperti sepeda motor.

Sebab untuk mobil, tempat penyimpanan hidrogen sudah berhasil ditemukan. Tetapi memasang tangki bertekanan tinggi pada sepeda motor dirasa kurang praktis. Karena itulah mereka menciptakan apa yang dinamakan Hydrogen Powerpaste.

Powerpaste memiliki kandungan magnesium hibrida yang dicampurkan dengan pasta dan dapat larut dengan air. Kondisi ini bisa menciptakan tenaga listrik sebagaimana yang dihasilkan bahan bakar bertenaga hidrogen pada umumnya.

>>> Seberapa Penting Kuras Tangki Mobil?

Lebih Aman Disimpan

Alat Produksi Powerpaste

Alat untuk memproduksi Hydrogen Powerpaste

>>> Preview Toyota Mirai 2015: Tonggak Masa Depan Dunia Otomotif Berbahan Bakar Hidrogen

Karena hidrogen tersebut sudah berbentuk pasta, maka zat ini tidak akan mudah menguap sehingga lebih mudah dan lebih aman untuk disimpan dalam wadah berukuran kecil sekalipun. Powerpaste ini juga didesain agar bisa terurai dengan suhu di atas 250 derajat Celcius, sehingga tetap aman jika pasta hidrogen ini disimpan dalam tangki bahan bakar konvensional.

Meski begitu, pasta ini memiliki kepadatan energi 10x lipat dari sel baterai dan memberikan tenaga lebih besar dari bahan bakar bensin. Untuk mengisi ulang, tinggal masukkan pasta ke dalam tangki atau dengan mengganti katrid pasta tersebut. Tapi tentu kendalanya dibutuhkan jaringan infrasturkutr untuk penyediaan pasta hidrogen ini.

Meski demikian, dipusat penelitian Fraunhofer sedang dibangun pabrik yang mampu memproduksi Hydrogen Powerpaste sebanyak 4 ton per tahun. Dan pabrik tersebut dijadwalkan beroperasi tahun ini. Jika semua produksi berjalan lancar, maka diharpakan bahan bakar alternatif berbentuk pasta ini bisa segera diaplikasikan, utamanya untuk sepeda motor.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top