Dirlantas: Tidak Ada Penutupan Jalan Saat Penjemputan Atlet Asian Games 2018

07/07/2018

Event - Promosi
Share this post:
Dirlantas: Tidak Ada Penutupan Jalan Saat Penjemputan Atlet Asian Games 2018
Untuk menertibkan lalu lintas selama pergelaran Asian Games 2018 berlangsung, pihak Kepolisian akan mengawal iring-iringan bus atlet dengan maksimal lima bus.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Yusuf, mengatakan bahwa anggota Patroli dan Pengawal (patwal) Lalu Lintas akan mengawal rombongan atlet Asian Games 2018. Yusuf menyebutkan bahwa pengawalan akan dibagi menjadi dua etape, rangkaian maksimal lima bus dan maksimal tiga bus.

Ketentuan untuk rombongan dengan maksimal lima bus dilakukan untuk mengejar waktu di jalan. Tapi untuk pengecualian, Dirlantas juga mempertimbangkan untuk pengawalan lebih dari lima bus dengan menambah pasukan patwal yang akan menjaga.

"Kalau nanti masing-masing kontingen butuh 10 bus, nanti kita siapkan, jadi ada dua pengawalan untuk kejar waktu," jelas Yusuf ketika ditemui media Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (4/7). "Jika lebih dari lima bus, kita juga mempertimbangkan faktor keselamatan atlet."

Gambar yang menunjukan logo Asian Games 2018 yang akan diadakan di Jakarta dan Palembang

Asian Games akan diadakan pada 21 Agustus hingga 2 September

Kedatangan atlet dari Bandara Soekarno Hatta akan difokuskan pada Terminal 2 dan Terminal 3 Ultimate. Tempat parkir bus khusus yang menanti kedatangan atlet sudah dipersiapkan guna efisiensi perjalanan para atlet yang akan berlaga.

>>> Uji coba ganjil genap diperpanjang hingga akhir Juli, berikut rutenya

Uji coba ini telah dilakukan untuk beberapa hari lalu. "Dari hasil simulasi ini, kita dapat melihat bahwa kecepatan atau jarak tempuh dari bandara ke Wisma Atlet itu berapa menit. Jika target maksimalnya 30 menit, semaksimal mungkin berusaha untuk sampai dalam jarak waktu tempuh 30 menit. Kalau bisa kurang dari 30 menit sudah bagus," jelas Yusuf.

Gambar yang menunjukan pasukan pengawal dari Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Indonesia

Patwal akan bertugas mengawal bus penjemputan atlet dari bandara

>>> Anda mencari mobil baru? Klik disini untuk lebih lanjut

Ketika rangkaian bus lewat, kepolisian akan berkoordinasi dengan petugas pengawalan di beberapa gerbang tol. Untuk mengamankan perjalanan para atlet, maka beberapa gerbang tol akan ditutup. "Jadwal nanti kita tentukan, sesuaikan, jadi sebelum mereka (atlet) datang, mobil sudah kita siapkan dulu," lanjutnya.

Pihak kepolisian tak memungkiri adanya pengosongan jalur saat penjemputan atlet Asian Games di Bandara Soekarno Hatta. Pengosongan disebut hanya memakan waktu sekitar 2 hingga tiga menit tanpa disertai penutupan jalan. "Kalau hanya ditutup sekian menit saya rasa nunggu di situ enggak ada masalah,” katanya.

>>> Dapatkan beragam berita terkini pasar mobil di Indonesia hanya di Cintamobil

Gambar yang menunjukan bus berwarna biru yang digunakan untuk menjemput atlet selama gelaran Asian Games

Bus khusus attlet sudah dipersiapkan untuk penjemputan di bandara

Ditemui terpisah, Kepala Bagian Pembinaan Operasional Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Darmanto memprediksi kedatangan para atlet akan terjadi mulai H-4 Asian Games. "Tapi belum bisa dipastikan puncak kedatangannya tanggal berapa, paling H-3 atau H-4," kata Darmanto.

>>> Beragam informasi otomotif bisa Anda dapatkan di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top