Diperkuat Tiga Singa Padang Pasir, MINI Umumkan Rencana Kembali Ke Reli Dakar 2019

04/10/2018

Event - Promosi
Pabrikan “mobil imut” MINI mengumumkan rencana kembali ke Reli Dakar 2019 bersama tiga pembalap legendaris eks tim Peugeot, yaitu Carlos Sainz, Stéphane Peterhansel dan Cyril Despres.

foto MINI ALL4 Racing di Reli Dakar

Aksi MINI ALL4 Racing, pemenang Reli Dakar empat kali

Mendengar merek MINI, hal terbayang di umumnya benak orang tentu sosok mobil menggemaskan berkelir warna-warni dengan bendera Inggris di atapnya. Lucunya, secara kontras MINI malah memilih arena balap yang jauh dari image mobil jalanannya. Karena sejak 2011 produsen mobil imut ini memilih arena Reli Dakar sebagai ajang pembuktiannya. Bahkan berhasil menjadi pemenang antara 2012 – 2015.

Sungguh disayangkan aksi MINI di Reli Dakar 2018 bisa disebut sebagai mimpi buruk. Ketika posisi terbaik hanya berhasil menempati P5, itu pun kehilangan 2 jam 45 menit dari Peugeot pemenang. Belum lagi bicara kesialan menimpa sejumlah pereli MINI, termasuk Nani Roma yang mengalami patah leher.

foto bersama tim X-Raid MINI JCW Team

Skuad X-Raid MINI JCW Team akan tampil di Reli Dakar 2019

Menyambut penyelenggaraan reli dahsyat ini tahun depan, skuad MINI pun berbenah habis-habisan. Bahkan, bubarnya skuad Peugeot usai memenangkan Dakar 2018 pun ditangkap MINI. Langsung mengontrak tiga singa padang pasir eks Peugeot. Yaitu Carlos Sainz, Stéphane Peterhansel dan Cyril Despres.

Sainz tercatat sebagai juara bertahan reli, dengan Peterhansel merupakan pemegang gelar pemenang terbanyak Dakar, yaitu sebanyak 13 kali dari kategori sepeda motor dan mobil. Sementara, meski belum menjadi juara kategori mobil, Despres berhasil menggondol lima gelar sepeda motor.

>>> Baca first impression MINI Countryman 2018 di sini.

foto MINI John Cooper Works Buggy sedang beraksi

Tahun depan tim pabrikan hanya akan menggunakan MINI John Cooper Works Buggy

Berbeda dengan kemarin yang hadir dengan dua model, tahun depan tim pabrikan MINI yaitu X-Raid MINI JCW Team hanya akan menurunkan mobil MINI John Cooper Works Buggy. Mobil menggunakan mesin 3 liter 6 silinder diesel berdaya 340 dk dan torsi 800 Nm, serta berpenggarak dua roda. Bodi terbuat dari CFRP dan kevlar, dengan desain ala buggy tetap menampilkan identitas desain MINI.

Sebagai pemanasan menghadapi Dakar 2019, MINI terlebih dahulu terjun di Reli Maroko dimulai 3 Oktober kemarin yang menjadi ronde ke-10 FIA Cross Country Rally World Cup. Dan dengan hilangnya Peugeot, tantangan terberat MINI tentu akan datang dari skuad Toyota Overdrive dengan mobil Hilux-nya.

>>> Informasi dunia otomotif dalam dan luar negeri terlengkap hanya di Cintamobil.com

 
back to top