Di Bekasi, Rapid Test Virus Corona Wajib Pakai Kendaraan

23/03/2020

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Di Bekasi, Rapid Test Virus Corona Wajib Pakai Kendaraan
Pemerintah provinsi Jawa barat bakal melakukan rapid test virus Corona secara Drive-Thru. Untuk itu saat pengetesan masyarakat wajib menggunakan kendaraan.

Presiden Joko Widodo telah menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia bakal menggelar rapid test untuk mendeteksi virus Corona. Langkah ini diambil mengingat hasil dapat diketahui lebih cepat sehingga dianggap bisa mencegah penyebaran virus Corona.

Mengikuti instruksi Presiden Jokowi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya akan menggelar rapid test virus Corona secara massal untuk warga Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang di area Stadion Patriot Chandrabhaga, Kota Bekasi.

>>> 16 Jalan di Jakarta Ditutup Sementara untuk Penyemprotan Disinfektan

Mirip di Korea Selatan

Rapid test merupakan metode pemeriksaan untuk melacak infeksi virus SARS-CoV-2 dengan mengambil sampel darah yang akurasinya mencapai 95 persen. Hasil rapid test dapat diketahui dalam waktu 10 menit.

Cara Korea Selatan mendeteksi virus Corona

Rapid test Drive-Thru di Korea Selatan Foto: Business Insider

>>> Hindari Virus Corona, Top Up E-Toll di Gerbang Tol Ditiadakan

Jika ada warga yang positif COVID-19 dari hasil rapid test, warga tersebut akan dites kembali dengan metode PCR dengan mengambil sampel lendir di hidung dan tenggorokan.

"Kalau dia negatif silakan pulang, tapi kalau positif kita tes lagi oleh metode PCR, kalau betul-betul positif tim akan membawanya ke rumah sakit," ucap pria dengan sapaan akrab Kang Emil dikutip dari situs Pemprov Jawa Barat, Senin (23/3/2020).

Tes ini sebelumnya sudah dilakukan di Korea Selatan dengan konsep Drive-Thru. Tampaknya konsep tersebut juga akan diusung olehnya saat melakukan rapid test di Bekasi. Maka itu wajib menggunakan kendaraan. Namun, bagi warga yang tak memiliki mobil, maka dirinya meminta pada Ketua RW dan juga Lurah untuk menyediakannya. 

"Gambarannya, minimal stadion ada tiga jalur masuk, jadi dia datang dites di sebuah tenda ambil sampel darahnya lalu masuk ke area tunggu tanpa harus turun dari kendaraan. Bagi yang tidak punya kendaraan, ketua RW dan Lurah wajib menyediakan kendaraan," jelas Kang Emil.

>>> Turut Perangi Pandemi COVID-19, Wartawan Otomotif Indonesia Serahkan Donasi APD

Kriteria Pengetesan lewat Sistem Drive-Thru

Tak semua warga yang berdomili di Bekasi dan Karawang yang akan menjalani rapid test ini. Tes diutamakan dilakukan oleh mereka yang berstatus ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pemantauan). 

Kemudian, 50 orang terdekat yang sempat melakukan kontak fisik dengan PDP dan ODP akan dites, termasuk warga yang berkontak fisik dengan pasien positif COVID-19. 

Korea Selatan mengetes virus Corona

Pengetesan virus Corona

>>> Nissan Tak Lagi Produksi Mobilnya di Indonesia

"Kriteria kedua adalah petugas kesehatan. Dan kriteria ketiga adalah warga yang profesinya banyak berinteraksi dengan masyarakat seperti Lurah, Camat, Kiai, ulama," kata Kang Emil.

"Tahap satu ini tidak semua akan dites karena tidak mungkin. Di Korea Selatan saja yang jumlah penduduknya 45 juta, hanya mengetes 200 ribu orang. Jadi, ada kriterianya tidak dites semua. Tetapi, setelah tahap satu selesai, seiring dengan datangnya alat tes yang lebih banyak, masuk ke tahap dua yaitu masyarakat yang ingin dites," imbuhnya.

>>> Berita otomotif, tips & trik, dan pilihan mobil berkualitas bisa Anda temukan semua di Cintamobil.com

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Virus Corona Juga Tunda Penerapan Regulasi F1 2021

20/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Tidak hanya balapan yang terkena dampak virus corona, regulasi F1 2021 juga baru akan diperkenalkan 2022 setelah semua tim sepakat menunda penerapan regulasi terbaru F1.

Lihat juga

Peluncuran SUV MG ZS di Indonesia Ditunda Gara-gara Virus Corona

19/03/2020

Mobil baru

2 menit

Rencananya, SUV MG ZS akan diperkenalkan di Mall Gandaria City, Jakarta Selatan pada Kamis, 19 Maret. Namun MG Motor Indonesia menunda peluncuran tersebut dikarenakan wabah virus Corona yang melanda Indonesia.

Lihat juga

Cegah Penyebaran Virus Corona, DAMRI Hentikan Operasional Bus Angkutan Lintas Batas Negara

19/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Mulai 17 Maret 2020 Perum DAMRI menghentikan operasional bus Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) di Kalimantan Barat guna mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

Lihat juga

Benarkah Air Purifier Mobil Dapat Membasmi Virus Corona?

17/03/2020

Perawatan dan service

4 menit

Baru-baru ini, Geely memperkenalkan SUV baru dengan teknologi Air Purifier yang dapat mematikan Virus Corona dalam kabin mobil. Apakah itu benar adanya?

Lihat juga

Daftar Harga Toyota Agya terbaru September 2020 Di Indonesia

01/09/2020

Toyota

Peraturan Pemerintah Indonesia tentang mobil kategori Low Cost Green Car (LCGC), membuat Toyota ikut berpartisipasi dengan menghadirkan beragam produk-produk inovatif. Salah satu produknya yakni Toyota Agya, mulai diperkenalkan pertama kali sejak tahun 2013 di acara Indonesia International Motor Show (IIMS). Apa saja kelebihan dari mobil ini? Berapa daftar harga Toyota Agya terbaru?

Lihat juga