Datsun 280Z Ini Tidak Pernah Dicuci Selama 44 Tahun!

26/10/2020

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Datsun 280Z Ini Tidak Pernah Dicuci Selama 44 Tahun!
Seseorang diceritakan memiliki sebuah Datsun 280Z, namun sejak dikirim dari dealer, mobil tersebut hanya disimpan di garasi dan sama sekali tidak pernah dicuci. Seperti apa kondisinya?

Banyak yang bilang mobil-mobil Amerika tahun 1960-an dan 1970-an adalah "harta karun" yang jika direstorasi ke kondisi semula maka harganya akan melejit naik. Namun sebenarnya, mobil-mobil Jepang klasik juga punya nilai jual yang mengagumkan apabila dalam kondisi yang benar-benar istimewa.

Misalnya untuk mobil-mobil klasik dari Toyota, Honda, Datsun, Nissan, atau Mitsubishi. Tak sedikit kolektor yang mengincar Corolla klasik, Civic klasik, atau Datsun klasik seperti 280Z. Tentunya di tangan para pengoleksi mobil ini, kendaraan-kendaraan tersebut terlihat bak baru keluar dari dealer.

Tapi Anda juga harus tau bagaimana proses para kolektor mobil ini membuat kendaraannya dikagumi banyak orang. Karena tak jarang mereka seperti harus memungut sampah untuk dijadikan berlian saat menemukan mobil klasik yang akan direstorasi.

Tapi ada sebuah cerita menarik dari pemilik Datsun 280Z klasik yang satu ini. Ia bukan kolektor mobil, namun hanya memiliki satu mobil yang tak pernah ia gunakan sejak pertama kali dikirim dari dealer.

>>> Kemunculan Pertama Mercedes-Benz 450 SLC Eks Elvis Presley Di Hadapan Publik

Mobil Disimpan dan Sama Sekali Tidak Pernah Dicuci

Datsun 280Z tidak dicuci

Oleh pemiliknya mobil ini tidak pernah digunakan dan tidak pernah dicuci

Dikutip dari Autoevolution, Senin (26/10/2020), AMMO NYC, sebuah tempat restorasi dan eprawatan mobil, mendapati satu klien mereka yang memiliki Datsun 280Z. Pelanggan dari daerah Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) itu memiliki satu unit Datsun klasik produksi 1976 yang tersimpan di rumahnya.

Lalu apa istimewanya? Ternyata mobil ini tidak pernah dicuci selama 44 tahun oleh Stephen Walker sang pemilik mobil. Dirinya menceritakan kalau sejak dibeli, mobil sport klasik itu hanya sesaat ia uji coba lalu selanjutnya cuma berdiam diri garasi rumahnya. Odometernya pun baru menunjukkan sekitar 563 kilometer.

Kondisi mobil benar-benar masih utuh seperti baru dikirim dari dealer. Tutup tangkinya terlihat seperti belum pernah dibuka tutup. Semua stiker indikator dan instruksi dari dealer pun masih menempel dengan baik.

>>> Mobil Sporty Klasik Rp50 Jutaan? Silakan Lihat Mazda Astina 323 di Pencarian Anda

Setelah Dicuci Seperti Baru Lagi

Datsun 280Z restoration

Kondisi Datsun 280Z tersebut setelah dicuci dan dipoles

>>> Review Datsun GO CVT 2018: Lebih Baik Satu Tingkat Dari Sebelumnya

Tentunya hampir tidak pernah ada pemilik mobil yang membiarkan kendaraannya disimpan sampai sebegitu lama tanpa pernah dibersihkan. Alhasil, beberapa bagian dari mobil ini mengalami kerusakan dengan sendirinya. Mislanya bagian kabin tercium bau yang tidak menyenangkan lantaran pintu mobil terttutup puluhan tahun. Kemudian bagian beper depan juga ditemukan oleh sang pemilik ada penyok kecil yang entah dari mana. Sehingga bagian itu harus dikirim ke tempat perbaikan body yang sudah dipercaya.

Jangan tanyakan tentang kondisi catnya, karena hampir semua bagian eksterior mobil ini tertutup debu. Tim AMMO pun melakukan beberapa tahapan untuk memberishkan Datsun 280Z yang malang ini. Pertama-tama bagain kabin yang dibersihkan dnegan menyedot semua debu serta memberi proteksi pada permukaan yang memakai material kulit.

Lalu selanjutnya mencopot sejumlah komponen seperti karpet agar proses pembersihan lebih maksimal. Barulah bodi mobil dibersihkan secara bertahap. Dan ketika semua sudah dibersihkan oleh tempat perawatan mobil tersebut, mobil terlihat kembali segar, sehingga hanya butuh sedikit pemberian lapisan coating agar mobil tampak jadi lebih istimewa.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top