Dampak Virus Corona Formula E 2020 Jakarta Ditunda

11/03/2020

Event - Promosi

3 menit

Dampak Virus Corona Formula E 2020 Jakarta Ditunda
Virus Corona mulai ngamuk di kawasan Asia Tenggara, dampaknya adalah instruksi langsung Gubernur DKI Jakarta yang menyatakan Formula E 2020 Jakarta ditunda

Sehubungan dengan adanya perkembangan virus COVID-19 alias Corona di berbagai dunia. Maka pagi tadi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan arahan yang diterima Organizing Committee (OC) Jakarta E-Prix 2020 bahwa penyelenggaraan Formula E 2020 Jakarta ditunda. "Saat ini fokus kami bukan Formula E, tapi keselamatan warga Jakarta," tukas Anies Baswedan dalam keterangan resminya di Balai Kota pagi tadi (11/3).

Gambar menunjukkan Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta

Anies Baswedan mengambil keputusan untuk menunda gelaran Formula E Jakarta

Lebih lanjut Anies Baswedan juga menambahkan akan terus memantau perkembangan virus ini. "Kita memantau perkembangan kekinian, apalagi ajang Formula E ini adalah sebuah kegiatan yang dihadiri oleh wisatawan internasional. Risiko yang mungkin terjadi terlalu besar bagi Jakarta bila begitu banyak wisatawan yang datang dari negara-negara yang memiliki kasus coronavirus. Kita tidak ingin mengorbankan keselamatan warga demi pencapaian perekonomian," paparnya.

>>> Inilah kelebihan utama mobil listrik

KONFIRMASI OC JAKARTA E-PRIX 2020

Gambar menunjukkan Formula E Italia ditunda akibat Coronavirus

Tak hanya Indonesia, seri Italia dan China juga ditunda akibat coronavirus

Keputusan Formula E 2020 Jakarta yang ditunda akibat virus Corona ini merupakan keputusan yang sama seperti yang dilakukan dua negara lainnya, yakni China untuk seri Sanya E-Prix dan Italia untuk seri Rome E-Prix. Tentunya langkah ini merupakan inisiatif sekaligus respon terhadap masukan dari para pemangku kepentingan guna memastikan keselamatan bersama sebagai prioritas. Formula E Operations (FEO) selaku promotor dan pemegang lisensi penyelenggaraan ABB FIA Formula E Championship juga telah menyetujui dan menghargai keputusan penundaan ini.

Gambar menunjukkan Jakarta E-Prix 2020

Formula E 2020 Jakarta resmi ditunda

OC juga akan terus memantau situasi dan bekerja sama dengan FEO untuk melihat kemungkinan penjadwalan ulang nantinya. “Langkah ini kami ambil sebagai upaya preventif terhadap perkembangan COVID19 dengan pertimbangan mengutamakan keselamatan masyarakat di Indonesia, khususnya di Ibukota,” tukas Dwi Wahyu Daryoto, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) yang juga Chairman OC Jakarta E-Prix. “Setelah berdiskusi intensif dengan FEO dan pemangku kepentingan terkait, kami sampai pada kesepakatan bahwa Jakarta E-Prix ditunda pelaksanaannya dari jadwal semestinya 6 Juni 2020,” lanjut Dwi.

>>> Temukan mobil idaman dengan harga terbaik di sini

MENDAPAT TANGGAPAN LANGSUNG FORMULA E PUSAT

Gambar menunjukkan Sirkuit Monas Jakarta

Beginilah layout sirkuit Formula E 2020 di Jakarta

Pihak Formula E pusat juga menanggapi hal ini dan memaklumi keputusan Formula E 2020 Jakarta ditunda, "dengan meningkatnya jumlah kasus COVID-19 di negara-negara di mana Formula E saat ini dijadwalkan akan diadakan. Kami mengevaluasi rencana darurat untuk mengurangi dampak potensial dari coronavirus dan mempertahankan jumlah balapan yang paling tinggi di kalnder untuk musim keenam," tutup Alberto Longo, selaku Co-Founder Formula E.

>>> Berita otomotif terlengkap hanya di Cintamobil.com

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top