Dakar 2021: De Villies Kuasai Stage 5, Peterhansel Masih Memimpin

08/01/2021

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Dakar 2021: De Villies Kuasai Stage 5, Peterhansel Masih Memimpin
Toyota Gazoo Racing mencatat waktu tercepat di Stage 5 Reli Dakar 2021 lewat De Villiers. Tapi, itu belum cukup untuk menggeser Peterhansel dari posisi teratas.

Toyota menegaskan statusnya sebagai unggulan Reli Dakar 2021 lewat performa impresif. Sempat tercecer di hari pembuka, Toyota Hilux Dakar unjuk gigi lewat empat kemenangan stage beruntun.

Setelah Nasser Al-Attiyah menguasai hari kedua sampai keempat, kini giliran rekan satu timnya, Giniel De Villiers mencatatkan waktu tercepat di Stage 5 Dakar 2021, yang menempuh jarak 625 km dari Riyad menuju Buraydah.

>>> Sengit, Al-Attiyah Kalahkan Peterhansel di Stage 4

Peterhansel masih memimpin, Toyota kehilangan Lategan

Dengan catatan waktu 5 jam 9 menit 25 detik, De Villiers melanjutkan dominasi Toyota Hilux Dakar dengan kemenangan di empat stage beruntun. Posisi kedua ditempati pereli Afrika Selatan lainnya, Brian Baragwanath dengan selisih waktu 58 detik.

Pertarungan sengit kembali terjadi antara Peterhansel dan Al-Attiyah, keduanya saling mencatatkan waktu yang impresif di tiap checkpoint, dan menuntaskan Stage 5 Dakar 2021 di posisi tiga dan empat.

Stephane Peterhansel mengendarai MINI X-Raid #302 di Dakar 2021 Stage 5

Meski belum menang stage, Peterhansel menjaga keunggulannya atas Al-Attiyah di klasemen

Kali ini Peterhansel (selisih 2 menit 25 detik) yang mengendarai MINI X-Raid Buggy unggul dari Al-Attiyah (selisih 4 menit 38 detik) dengan Hilux Dakarnya. Posisi kelima ditempati Martin Prokop yang mengendari Ford F-150 Dakar lewat catatan waktu lebih lambat 5 menit 6 detik dari De Villiers.

Sekali lagi, Digital Roadbook kembali jadi momok para pembalap di Reli Dakar 2021, khususnya kategori mobil. Carlos Sainz dan Sebastien Loeb kehilangan waktu lebih dari 25 menit di awal Stage 5 karena kesalahan navigasi.

Sainz lebih beruntung, karena ia bisa mengejar ketertinggalan di sisa Stage dan menuntaskan hari kelima di posisi ke-9, tertinggal 15 menit dari De Villiers. Tapi itu tak terjadi dengan Loeb, yang menuntaskan hari di posisi ke-20, tertinggal lebih dari 50 menit.

Sebastien Loeb dan Carlos Sainz saat keduanya tersasar di Dakar 2021 Stage 5

Digital Roadbook kembali bikin pembalap tersasar, kali ini Sainz dengan Loeb

Meski belum memenangi satupun stage di Reli Dakar 2021, Peterhansel masih belum tergoyahkan dari posisi puncak. Hasil Stage 5 ini pun membuatnya sedikit menjauh dari Al-Attiyah dengan selisih 6 menit 11 detik. Sementara itu, Sainz di posisi ketiga, namun peluang sang Matador mempertahankan titel Reli Dakar perlahan menjauh dengan jarak lebih dari 48 menit dari pimpinan.

Meski mendominasi empat hari terakhir, Toyota harus menelan pil pahit di Stage 5. Pembalap rookie mereka, Henk Lategan, menuntaskan reli lebih awal setelah mobilnya terguling di awal stage. Pereli Afrika Selatan itu mengalami patah tulang selangka, sedang co-drivernya Brett Cummings selamat tanpa cedera apapun.

>>> Toyota Gazoo Racing Umumkan Skuat dan Spesifikasi Hilux Dakar 2021

Sotnikov perkuat keunggulan

Beralih ke truk, Dmitry Sotnikov semakin dekat dengan kemenangan Reli Dakar pertamanya dengan kembali mencatatkan waktu tercepat di Stage 5. Pereli Russia itu membawa Kamaz-Master #507 miliknya menuntaskan hari dengan torehan waktu 5 jam 30 menit 20 detik.

Tepat di belakangnya ada Aliaskei Vishneuski dari MAZ-Sportauto dengan selisih 1 menit 1 detik, Anton Shibalov melengkapi dominasi Kamaz dengan berada di posisi ketiga, tertinggal 6 menit 56 detik.

Dmitry Sotnikov mengendarai Kamaz-Master #507 pada Dakar 2021 Stage 5

Siapa bisa hentikan Sotnikov dan Kamaz-Master?

Dengan hasil ini, Sotnikov mengkokohkan posisinya sebagai pemimpin Reli Dakar 2021 di kategori truk dengan keunggulan 33 menit 53 detik dari Shibalov. Martin Macik yang di Stage 5 finis kesembilan ada di posisi tiga, selisih 51 menit.

Untuk hari Jumat (8/1), Reli akan berlanjut dengan Stage 6 dengan jarak 655 km dari Buraydah ke Ha’il, lalu setelahnya reli akan rehat sebelum paruh kedua dimulai kembali hari Minggu (10/1).

Hasil Stage 5 Reli Dakar 2021:

Hasil Dakar 2021 Stage 5 untuk kelas mobil, motor dan truk

Hasil Stage 5 untuk kelas mobil, motor dan truk

>>> Simak berita terbaru seputar otomotif lainnya di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Dakar 2021: MINI X-Raid Dominan, Sainz Menangi Stage 1

04/01/2021

Pasar mobil

4 menit

Carlos Sainz membuka Dakar 2021 dengan baik usai memimpin Stage 1, sang juara bertahan unggul tipis atas rekan satu timnya di MINI X-Raid, Stephane Peterhansel.

Lihat juga

Dakar 2021: Menang Stage 2, Toyota Pangkas Jarak dari MINI

05/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Setelah hari pertama didominasi MINI X-Raid, Toyota Gazoo Racing unjuk gigi di Stage 2 Dakar 2021 lewat Nasser Al-Attiyah yang finis pertama dan memangkas jarak overall dari posisi terdepan.

Lihat juga

Dakar 2021: Menang Stage 3, Al-Attiyah Tempel Peterhansel

06/01/2021

Event - Promosi

4 menit

Nasser Al-Attiyah meneruskan momentumnya di Dakar 2021, pereli Qatar itu kembali mencatatkan waktu tercepat pada Stage 3, dan memangkas jarak dari pimpinan Stephane Peterhansel.

Lihat juga

Calon Kuda Hitam Reli Dakar 2021, BRX Hunter + Sebastien Loeb

29/12/2020

Mobil baru

4 menit

Meski bukan pembalap pabrikan, Sebastien Loeb diprediksi jadi kuda hitam reli Dakar 2021 dengan Prodrive BRX Hunter. Kira-kira, seperti apa sih mobil yang akan dipakai juara WRC sembilan kali itu?

Lihat juga

Land Rover Defender Terbaru Akan Jadi Mobil Support Reli Dakar

24/12/2020

Event - Promosi

5 menit

Tanpa dilakukan modifikasi khusus, dua unit Land Rover Defender terbaru akan dijadikan mobil support untuk tim Prodrive yang bakal berlaga di ajang Reli Dakar 2021.

Lihat juga
 
back to top