Daihatsu Ayla Turbo Concept Mengaspal di Sirkuit GBT Surabaya

11/04/2019
Selain mejeng di acara GIIAS Surabaya Auto Show 2019, 29 Maret-7 April lalu, Daihatsu Ayla Turbo Concept juga unjuk gigi di Sirkuit Gelora Bung Tomo, Rabu (10/4) kemarin.

Gambar menunjukkan Daihatsu Ayla Turbo Concept tengah melakukan ujicoba

Aura Ayla Turbo Concept sangat berbeda, cukup dengan melihat bodi luarnya saja

Daihatsu Ayla Turbo Concept sendiri tampil perdana pada pergelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Agustus lalu. Bersama Terios Custom, keduanya melakukan world premier di booth Daihatsu.

Mobil tersebut kembali hadir di GIIAS Surabaya 2019 dan sukses menjadi salah satu magnet pengunjung berkat penampilan berbeda, baik eksterior maupun interior. Dapur pacu Ayla Turbo Concept memakai mesin 3NR-VE berkapasitas 1.2 Liter Turbocharged buatan Garret, diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 200 PS dan torsi 242 Nm. Bagian lain seperti transmisi, exhaust system, bodi, suspensi, serta pelek juga merupakan modifikasi khusus racikan R&D PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sehingga layak melakukan uji sirkuit sesuai standar Ikatan Motor Indonesia (IMI).

>>> Baca juga:

Daihatsu Ayla Turbo Concept juga ditunjang beberapa perangkat keamanan, seperti suspensi depan-belakang lebih rigid untuk mencegah mobil terguling. Dari kejauhan, terlihat beberapa rollbar saling menyilang untuk memperkokoh struktur bodi, khas mobil balap turing pada umumnya.

Soni Satriya, Design Engineering Executive Coordinator R&D PT ADM ingin menunjukkan kemampuan timnya dalam membangun sebuah mobil performa, sekaligus inspirasi bagi pemilik Ayla untuk dapat melakukan hal serupa di mobilnya.

>>> Tertarik membeli Daihatsu Ayla atau merek Daihatsu lainnya?

“Sebagai ajang pembuktian kemampuan R&D ADM, maka mobil konsep Ayla Turbo ini dapat menjadi inspirasi bagi pelanggan, dan penggemar modifikasi, sehingga mobil Daihatsu khususnya Ayla Turbo ini bisa memenuhi hasrat modifikasi yang lebih maksimal”, tulis Soni lewat keterangan resmi.

Gambar menunjukkan media melakukan ujicoba Daihatsu Ayla Turbo Concept

Sayangnya ADM belum berniat menjual mobil modifikasi ini

Kami sempat menjajal mobil ini saat mengunjungi test course di Karawang, Jawa Barat, 6 Maret 2019 lalu. Seperti yang dilihat dari kejauhan, nuansa balap pada Daihatsu Ayla Turbo Concept terasa kental begitu membuka pintu dan melihat setir Sparco. Performanya? Jangan diragukan lagi. Kami mendapati akselerasi 0-100 km di angka sekitar 10,3 detik, serta suspensi lebih kaku yang berdampak pada perilaku mobil lebih stabil saat membelok. 

>>> Ikuti berita otomotif lainnya di Cintamobil.com!

Wisnu Setioko

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain