Cintamobil TV: Coba Duduk di Semua Mobil SUV 7 Penumpang Termahal IIMS 2021

23/04/2021

Event - Promosi

4 menit

Cintamobil TV: Coba Duduk di Semua Mobil SUV 7 Penumpang Termahal IIMS 2021
Di Indonesia International Motor Show 2021 di JIExpo Kemayoran, Cintamobil TV membandingkan mobil SUV 7 seater termahal. Manakah yang akomodasi paling baik?

Sport Utility Vehicle (SUV) menjadi salah satu segmen mobil favorit pasar otomotif Indonesia. Mobil jenis SUV bukan hanya bisa dipakai sebagai transportasi harian, tapi juga kendaraan untuk liburan di akhir pekan. Body tinggi, kabin luas, dapur pacu ciamik yang mampu melintas di jalan-jalan kurang bersahabat, dan desain gahar jadi sebagian kecil mengapa mobil SUV jadi favorit untuk kebanyakan orang.

IIMS 2021

Tim Cintamobil TV mendatangi ajang IIMS 2021 di JIExpo Kemayoran

Nah, dari sekian banyaknya segmen mobil SUV masuk ke pasar Indonesia, mobil manakah yang memiliki akomodasi penumpang paling baik? Tim Cintamobil TV yang menghadiri ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021 di JIExpo Kemayoran, berkesempatan melakukan komparasi untuk melihat SUV flagship atau paling mahal di setiap brand untuk mengetahui mobil yang punya akomodasi di baris ketiga yang paling baik.

Total ada 8 mobil SUV yang akan direview oleh tim Cintamobil TV. Kali ini tim akan membandingkan bagaimana nyamannya duduk di baris kedua dan baris ketiga sebagai kasta paling rendah saat Anda menjadi penumpang. Maklum saja, karena baris ketiga biasanya memiliki akomodasi yang kurang memadai bahkan beberapa mobil cukup menyiksa.

>>> IIMS 2021: Wuih Ada Modifikasi Motor Vespa Pakai Turbo dan Suspensi Udara!

Toyota Fortuner: Nilai 7

Toyota Fortuner

Jok Toyota Fortuner memiliki desain agak melengkung

Mobil pertama, yakni Toyota Fortuner sebagai mobil SUV yang sudah masuk ke Indonesia sejak lama, memiliki akses yang terbilang cukup aman. Namun, mengingat Toyota Fortuner memiliki sasis ladder-frame, maka penumpang terpaksa agak manjat saat memasuki bagian interiornya.

Untuk Anda yang duduk di baris ketiga, jika bangku depan dimajukan, akan memberikan legroom yang cukup lega ditambah juga karena jok Fortuner memiliki desain yang akan melengkung. Kelebihan lainnya pada jok baris ketiga pada mobil ini adalah posisi rebahannya bisa diatur hingga lega. Sayangnya headroomnya sangat mepet sehingga jika nanti akan melewati polisi tidur atau jalanan yang buruk, Anda yang tinggi besar kemungkinan akan kepentok. Dengan kelebihan dan kekurangan bagian akomodasi, tim memberikan nilai 7 untuk Toyota Fortuner.

Honda CR-V: Nilai 6

Headroom Honda CRV

Mobil SUV Honda CRV memiliki headroom yang kecil

Mobil selanjutnya adalah Honda CR-V yang menjadi mobil SUV paling mahal di Honda Indonesia saat ini. Salah satu kelemahan saat memasuki mobil ini adalah tidak adanya fitur one touch tumble sehingga penumpang di baris ketiga perlu menariknya agak keras dan cukup ribet. Ditambah lagi aksesnya agak kecil sehingga harus menunduk.

Untuk baris kedua, leg room menyisakan empat jari karena ruangannya yang membag terbatas. Namun, untuknya masih dibantu dengan space kaki di bawah jok. Sementara untuk baris ketiga, bisa dibilang cukup menyiksa bagi kasta terendah di mobil. Jika jok baris kedua dimajukan, memang legroom masih sedikit nyaman dan kaki masih bisa masuk di bawah jok. Namun, posisi penumpang yang seolah sedang squad tentu akan membuat tubuh nggak nyaman, apalagi untuk berkendara jarak jauh. Dengan kelebihan dan kekurangan bagian akomodasi, tim memberikan nilai 6 untuk Honda CR-V.

>>> Menakar Harga MG ZS EV, Calon Mobil Listrik Murah di Indonesia

Daihatsu Terios: Nilai 7.5

Terios

Mobil SUV Daihatsu Terios memiliki one touch tumble yang ringan

Tim Cintamobil TV mendatangi booth Daihatsu untuk menguji seberapa nyaman akomodasi pada mobil SUV varian termahalnya. Mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur one touch tumble yang ringan, ringkas, akses masuk nggak terlalu tinggi, dan atap nggak terlalu rendah. Lebih nyaman daripada Honda CR-V dan Toyota Fortuner.

Saat duduk di baris ketiga, rasanya mirip saat Anda duduk di baris kedua. Legroom lumayan lega, ada ruang kaki di bawah jok, headroom cukup enak, dan visibilitas ke depan nggak mengganggu. Kekurangannya double blower yang hanya sampai di baris kedua. Dengan kelebihan dan kekurangan bagian akomodasi, tim memberikan nilai 7.5 untuk Daihatsu Terios.

Wuling Almaz RD: Nilai 8

AC Wuling Almaz RD

 Wuling Almaz RD memliki kisi-kisi AC di setiap bangku penumpang

Wuling Almaz RS menjadi salah satu mobil SUV yang paling populer saat ini. Masuknya mudah karena one touch tumble yang ringan, atap luar biasa tanpa harus menunduk, dan ruang yang lega. Hal yang menjadi kelebihan dari Wuling Almaz RD ini ada pada bagian ruang kaki yang lega—bahkan lebih lega daripada Daihatsu Terios, headroom yang lega dan bisa diatur hingga posisi rebah, visibilitas yang tidak mengganggu, dan penopang yang nyaman. Salah satu pendukung yang paling baik dari Wuling Almaz RD ini adalah adanya kisi-kisi AC pada setiap penumpang di bagian samping.

Untuk baris kedua, dengan tinggi tim Cintamobil TV 178 cm, legroom masih menyisakan empat jari bahkan bisa sampai 10 jari jika jok dimundurkan.  Enaknya lagi, lantainya yang rata jadi lebih nyaman dan gampang untuk akses keluar masuk mobil ini.  Dengan kelebihan dan kekurangan bagian akomodasi, tim memberikan nilai 8 untuk Wuling Almaz RD.

>>> CintamobilTV: Last Car Running: Adu Irit Mobil Konvensional VS Hybrid | GridOto x Cintamobil

Tesla Model X: Nilai 7.5

Tesla Model X

Posisi duduk yang terlalu mepet ke door trim

Jika dilihat dari luar, mobil Tesla Model X memang terlihat kecil. Tapi siapa yang sangka jika akses masuk akomodasi mobil SUV ini terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu memencet tombol tanpa perlu repot, ditambah dengan aksesnya yang besar karena pintu terbuka ke atas bukan ke samping.

Untuk duduk di baris ketiga, memang positioning kaki agak tricky karena akan kejepit jika meletakkan kaki di tengah. Nyamannya jika meluruskan kaki di bagian agak ke kiri dengan posisi miring. Sedangkan, untuk duduk di baris kedua memang agak mepet ke bagian door trim sehingga jadi kurang nyaman. Dengan kelebihan dan kekurangan bagian akomodasi, tim memberikan nilai 7.5 untuk Tesla Model X.

BMW X5: Nilai 7

BMW X5

BMW X5 memiliki pelipatan kursi elektris

Satu hal yang paling beda dibandingkan dengan mobil SUV sebelumnya, akses masuk baris ketiga BMW X5 adalah yang paling praktis. Dengan pelipatan kursi elektrik, Anda tinggal pencet satu tombol dan mobil akan langsung melipat meskipun butuh lama untuk mengembalikannya ke posisi awal.  
Sayangnya untuk akses ke baris ketiga, hanya cukup memasukkan satu kaki dan atap rendah sehingga harus nunduk. Bisa dibilang BMW X5 agak maksa membuat 7 seater karena visibilitas yang terganggu, posisi jok nggak bisa diatur ke belakang, dan yang paling menyiksa adalah posisi kaki karena legroom yang sempit.

Kelebihan BMW X5 justru ada di bagian baris kedua. akomodasi luas baik pada leg room dan head room. Untuk duduk bertiga di baris kedua pun masih nyaman karena sangat lebar. Dengan kelebihan dan kekurangan bagian akomodasi, tim memberikan nilai 7 untuk BMW X5.

DFSK Glory I-Auto: Nilai 7

DFSK Glory I-Auto

One touch tumble ada di sebelah kanan

Karena mobil SUV ini diproduksi dari Cina dan setir di sebelah kiri, one touch tumble pada mobil SUV ini ada di sebelah kanan, yang mana jadi posisi masuk yang nggak begitu aman untuk di Indonesia. Akses dengan one touch tumble-nya pun bukan yang terbaik tapi cukup baik karena Anda harus menggesernya dulu ditambah jok yang luar biasa berat.

Akomodasi DFSK Glory I-Auto cukup baik, tetapi saat jok baris kedua posisinya paling maju, tidak ada legroom yang tersisa. Kekurangan lainnya adalah penopang yang rendah dan ventilator AC tidak sampai ke baris tiga. Namun, untuk headroomnya terbilang masih aman. Dengan kelebihan dan kekurangan bagian akomodasi, tim memberikan nilai 7 untuk DFSK Glory I-Auto.

>>> IIMS 2021: FIN Bledhex, Mobil Listrik Offroad dari Cimahi

Mitsubishi Pajero Sport: Nilai 7.5

Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport memiliki akomodasi yang lega

Inilah mobil SUV terakhir, Mitsubishi Pajero Sport SUV flagship. Karena satu segmen, akomodasinya seharusnya tak jauh berbeda dengan Toyota Fortuner. Untuk aksesnya menggunakan one touch tumble yang ringan dan mudah masuknya cukup tinggi. Namun, di luar dugaan Mitsubishi Pajero Sport memiliki ruang yang lebih baik daripada Toyota Fortuner.

Mobil ini memiliki penopang paha yang baik dan posisinya turun ke belakang sehingga agak menyender ke belakang. Posisi yang sangat nyaman sekali untuk rebahan meskipun ruang kakinya tak begitu besar. Di baris kedua pun, legroomnya masih sama dengan Fortuner, sayangnya jok tidak bisa di-sliding alias tidak bisa dimajukan atau dimundurkan. Dengan kelebihan dan kekurangan bagian akomodasi, tim memberikan nilai 7.5 untuk Mitsubishi Pajero Sport.

Nah itu dia komparasi akomodasi dari 8 mobil SUV termahal di IIMS 2021. Ternyata untuk mendapatkan mobil SUV dengan tujuh seater Anda nggak harus membeli yang mahal untuk bisa mengakomodir seluruh penumpang/keluarga. Mobil manakah yang menjadi favorit Anda?

>>> Baca Review mobil terbaru 2021 hanya di Cintamobil

Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top