CES 2020: Bukan Mobil, Toyota Umumkan Bangun Kota Pintar Woven City

09/01/2020

Event - Promosi

2 menit

Share this post:
CES 2020: Bukan Mobil, Toyota Umumkan Bangun Kota Pintar Woven City
Pada CES 2020, Toyota mengumumkan membangun Woven City sebagai hunian pertama yang melibatkan manusia, tempat tinggal, dan transportasi bergaya futuristik.

Jika Sony mengejutkan pengunjung Consumer Electronic Show (CES) 2020 dengan memperkenalkan mobil konsepnya, Toyota pun tak mau kalah. Bukannya membawa mobil listrik seperti kebanyakan pabrikan lainnya, Toyota mengumumkan bahwa mereka sedangken membangun sebuah kota di Jepang untuk mengembangkan teknologi masa depan bernama Woven City.

Woven City yang dibangun di kaki Gunung Fuji 
Kota Woven City akan dibuat di kaki Gunung Fuji

>>> Toyota 86 Sedan Akan Hadir di Tokyo Auto Salon 2020?

Dengan lahan seluas 175 hektar, kota ini terletak di kaki Gunung Fuji. Toyota bermaksud menjadikan kota tersebut sebagai laboratorium hidup dimana orang-orang akan tinggal sekaligus bekerja. Toyota akan menggunakan kota baru ini untuk bereksperimen dalam pengembangan robot, sistem kendaraan swakemudi, mobilitas pribadi, rumah pintar, hingga kecerdasan buatan.

Desain kota merupakan hasil karya perusahaan arsitektur Bjarke Ingels Group. Perusahaan asal Denmark ini adalah nama dibalik komposisi menawan dari kantor pusat Google di London. Untuk Woven City, bangunan akan menggunakan teknik penyatuan kayu dari Jepang dan memproduksi robot. Semua atap juga akan memiliki panel surya untuk menghasilkan daya tambahan.

kota Woven milik Toyota yang menggabungkan teknologi dan alam 
Kota pintar ini akan menggabungkan teknologi dan alam

>>> Temukan pilihan mobil Toyota dengan harga terbaik di sini

Aspek lainnya dari kota pintar Toyota ini adalah penggabungan tiga jenis jalan. Kendaraan yang lebih cepat akan memiliki lajurnya sendiri. Transportasi tanpa sopir berkecepatan rendah, seperti Toyota e-Palette akan bergerak di jalur lainnya. Lalu jalur ketiga akan didedikasikan untuk manusia dan alam.

"Kami menyambut semua yang terinspirasi untuk meningkatkan cara kita hidup di masa depan, untuk mengambil keuntungan dari ekosistem penelitian yang unik ini dan bergabung dengan kami dalam pencarian kami untuk menciptakan cara hidup dan mobilitas yang lebih baik untuk semua," jelas Akio Toyoda, Presiden Toyota Motor Corporation.

Woven City yang akan menjadi kota pintar Toyota 
Toyota membuka 2.000 orang untuk tinggal di kota ini

Menggunakan energi matahari, panas bumi, serta teknologi sel bahan bakar hydrogen, kota ini direncanakan untuk dibangun pada awal 2021 mendatang. Awalnya, Toyota ingin 2.000 orang tinggal di kota ini. Mereka pun mengundang perusahaan serta lembaga akademis untuk mendaftar menjadi penduduk. Karyawan Toyota pun bisa mendaftar untuk tinggal di kota pintar tersebut.

>>> Berita otomotif lainnya bisa Anda lihat di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Crossover Kompak Toyota Berbasis Yaris Akan Hadir di Eropa Akhir 2020

08/01/2020

Mobil baru

4 menit

Kehadiran crossover kompak Toyota terbaru diramalkan akan hadir pada akhir tahun 2020 di Inggris. Bagaimana dengan sosoknya? Simak prediksinya berikut ini

Lihat juga

Dakar Rally 2020: Toyota Dan MINI Saling Pukul Di Tiap Stage

08/01/2020

Event - Promosi

5 menit

Pada artikel reli paris dakar lalu kami telah memprediksi bahwa merek mobil TOYOTA dan MINI akan saling bersaing di Dakar Rally 2020 dan ini benar adanya

Lihat juga

Auto2000 Gelar Program Khusus untuk Membantu Pemilik Mobil Toyota Terendam Banjir

06/01/2020

Event - Promosi

3 menit

Awal tahun ini bencana banjir akibatkan banyak kerugian, termasuk Mobil Toyota Terendam Banjir. Turut prihatin Auto2000 Gelar Program Khusus untuk pelanggan.

Lihat juga

Tips Memilih Mobil Bekas Toyota Rush 2018 dengan Harga Terbaik

05/01/2020

Jual beli

3 menit

Generasi terbaru Rush telah diperkenalkan setahun lalu. Membeli mobil bekas Toyota Rush 2018 pun bisa dipertimbangkan. Berikut tips dari Cintamobil.com.

Lihat juga

Toyota 86 Sedan Akan Hadir di Tokyo Auto Salon 2020?

01/01/2020

Pasar mobil

4 menit

Harapan sebagian Toyota enthusiast untuk melihat Toyota 86 sedan tampaknya akan menjadi kenyataan. Tampilannya pun dipoles lewat serangkaian modifikasi

Lihat juga