Catat! Transportasi ke Daerah Boleh Beroperasi tapi Mudik Tetap Dilarang

06/05/2020

Event - Promosi

4 menit

Share this post:
Catat! Transportasi ke Daerah Boleh Beroperasi tapi Mudik Tetap Dilarang
Kementerian Perhubungan bakal mengeluarkan aturan turunan terkait pengendalian transportasi mudik Lebaran tahun ini. Transportasi boleh beroperasi namun mudik tetap dilarang.

Presiden Joko Widodo telah melarang pelaksanaan mudik bagi seluruh masyarakat pada libur Lebaran tahun 2020. Untuk mendukung hal tersebut, Menteri Perhubungan pun merilis Permen No.25 tahun 2020 terkait pengendalian Transportasi Mudik 2020 demi memutus mata rantai penyebaran virus corona di Indonesia.

Dalam aturan itu tak ada kendaraan pribadi maupun umum yang diizinkan keluar atau masuk wilayah yang telah menetapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), zona merah penyebaran corona, dan aglomerasi yang telah ditetapkan sebagai wilayah pembatasan sosial berskala besar. 

>>> 10 Hari Larangan Mudik, Polda Jabar Paksa 33 Ribu Kendaraan Putar Balik

Mudik Tetap Tegas Dilarang

Baru-baru ini pemerintah justru menyebut akan kembali memberikan izin agar sejumlah transportasi dapat kembali beroperasi seperti sediakala. Namun kembali ditegaskan mudik tetap dilarang. 

"Tak ada mudik dan pulang kampung, tapi kalau bekerja boleh," sebut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat virtual dengan Komisi V DPR seperti disiarkan pada situs resmi DPR, Rabu (6/5/2020). 

Mudik tetap dilarang

Transportasi bakal dibuka kembali

Ditegaskan Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono pada kesempatan sama, mereka yang diizinkan berpergian menggunakan transportasi adalah untuk kepentingan bisnis dan tidak membawa serta anggota keluarganya . 

>>> Bantu Polisi Perangi COVID-19, Mitsubishi Pinjamkan 10 Unit Outlander PHEV

"Kami tidak mgengenal relaksasi atau kelonggaran pada hakekatnya mudik dilarang tegas sekali presiden larangan mudik di luar itu ada kebutuhan penting dan mendesak seperti dengan petugas terkait dengan pelayanan terkait covid, petugas kesehatan, keamanan, pendukung layanan dasar, dan fungsi penting lainnya," ungkap Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono saat melakukan rapat virtual dengan Komisi V DPR, Rabu (6/5/2020). 

Akan Ada Aturan Turunan Soal Pengendalian Transportasi

Djoko menambahkan, langkah ini diambil agar kebutuhan logistik masyarakat di seluruh Indonesia tetap terpenuhi. Mereka yang boleh diizinkan berpergian harus memenuhi persyaratan kesehatan tertentu. 

jalan tol dicegat

Jalan tol ikut dicegat untuk cegah pemudik

>>> Jangan lewatkan kabar paling update seputar mobil baru di sini

"Intinya yang boleh pergi adalah orang yang tidak mudik dan sehat, orang yang diyakini tak membawa virus tentunya ada protokol ketat, jadi prosesnya nanti ada persayaratan yang ketat tentunya semua pihak menjalankan protokol kesehatan dan nantinya ada penegakan hukum bila protokol kesehatan tidak dilaksanakan dengan baik," tegas Djoko. 

Nantinya Kementerian Perhubungan akan mengeluarkan Surat Edaran dari Dirjen Perhubungan Darat, Laut, Udara dan Perkeretaapian sebagai aturan turunan dari Permenhub 25/2020. Hal itu sebagai tindak lanjut terhadap usulan dari Kemenko Perekonomian untuk mengakomodir kebutuhan yang penting dan mendesak bagi masyarakat agar perekonomian tetap dapat berjalan dengan baik dengan menyediakan transportasi penumpang secara terbatas, dengan syarat tetap memenuhi protokol kesehatan.

>>> Cek promo mobil baru sambil tetap #dirumahaja dengan cara klik disini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Pengguna Jalan Tol Turun Drastis Sebelum Jokowi Umumkan Larangan Mudik

23/04/2020

Event - Promosi

3 menit

Pengguna jalan tol rupanya sudah mulai berkurang cukup drastis sebelum Presiden Joko Widodo mengumumkan larangan bagi masyarakat mudik ke kampung halaman.

Lihat juga

Meski Sudah Diimbau Jokowi, Masih Ada Debt Collector Tagih Kredit Kendaraan

07/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Presiden Joko Widodo telah meminta bantuan polisi memantau agar debt collector tak melakukan penagihan cicilan kredit kendaraan di tengah penyebaran wabah virus corona.

Lihat juga

Jokowi Janji Kredit Kendaraan Ditangguhkan 1 Tahun, Ini yang Dapat Prioritas

30/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Presiden Joko Widodo menjanjikan kepada para pekerja di sektor informal untuk bisa mendapatkan keringanan pembayaran kredit kendaraan selama 1 tahun.

Lihat juga

Jokowi Larang Masyarakat Mudik, Kalau Nekat Ada Sanksinya

21/04/2020

Event - Promosi

3 menit

Pemerintah telah melarang masyarakat untuk mudik ke kampung halaman pada libur Lebaran tahun 2020. Bila ada masyarakat yang masih nekat mudik, ada sanksinya.

Lihat juga
 
back to top