Bukukan Rekor Baru, VW I.D. R Jadi Mobil Listrik Tercepat di Goodwood

17/07/2018

Event - Promosi
Share this post:
Bukukan Rekor Baru, VW I.D. R Jadi Mobil Listrik Tercepat di Goodwood
Tak lama setelah menundukan Pikes Peak, I.D. R Pikes Peak kembali mencatatkan rekor baru sebagai kendaraan listrik tercepat di Goodwood Festival of Speed.

Catatan rekor ini terjadi beberapa minggu setelah Volkswagen I.D. R memecahkan rekor Pikes Peak. Romain Dumas, pembalap yang telah berkali-kali memenangkan Le Mans 24 Jam, berada di belakang kemudi dalam menjinakkan pendakian bukit paling terkenal di Inggris ini.

Sebelumya, I.D. R memang diharapkan berada pada jajaran pelari tercepat dalam Goodwood Festival of Speed 2018. Pada hari Sabtu dalam sesi latihan, Roman Duman dan tim dari Volkswagen Motorsport merangsek jalan ke catatan rekor kendaraan listrik tercepat dalam waktu 43.05 detik untuk jalur sepanjang 1.8 kilometer.

Gambar yang menunjukan mobil balap listrik I.D. R Pikes Peak dari Volkswagen

I.D. R dalam sesi latihan hari Sabtu, (14/7)

Dalam tempo yang lebih panas di Final, Duman melambat dan hanya membukukan 43.86 detik. Tapi, catatan waktu tersebut cukup untuk mengantarkan I.D. R mengalahkan rekor kendaraan listrik Goodwood yang ditetapkan oleh Jhonny Cocker bersama 850 bhp Lola-Drayon B12 69/EV tahun 2013.

>>> Mobil balap robot Robocar melaju di Goodwood Festival of Speed

"Ini adalah balapan yang bagus, ini tidak mudah," kata Dumas. "Batasnya sangat dekat dan kami hanya membuat [rekor] satu ini sebersih mungkin, tidak ada risiko. Kami harus kembali tahun depan untuk mengalahkan rekor keseluruhan."

Gambar yang menunjukan mobil balap bertenaga listrik I.D. R Pikes Peak memasuki garis start

Rekor ini dicetak tak lama setelah I.D. R menundukan Pikes Peak

Setelah I.D. R, penutup balapan di Minggu sore adalah Nio EP9 yang berhasil mencatatkan waktu tercepat kedua, 44.32 detik. Meskipun begitu, prototipe produksi kendaraan listrik bertenaga 1360bhp ini masih membukukan rekornya sendiri sebagai kendaraan jalan raya tercepat di Goodwood.

>>> Ingin mencari Volkswagen? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

Fakta bahwa catatan rekor ini hanya 0.59 detik lebih lambat dibandingkan catatan waktu terbaik yang pernah didaftarkan Nick Heidfeld bersama McLaren MP4/13 pada tahun 1999 sebagai kendaraan tercepat di Goodwood, menunjukan bagaimana monopoli Volkswagen sebagai kendaraan pendaki bukit patut diperhitungkan.

Francois-Xavier Demaison, bos teknis VW Motorsport, memperkirakan I.D. R memiliki potensi untuk lebih cepat di masa depan. Karena Goodwood dimulai tak lama setelah Pikes Peak, tim belum mampu menyetel I.D. R untuk lintasan Goodwood.

>>> Dapatkan berita event otomotif dalam dan luar negeri hanya di sini

Ledakan kecepatan I.D. R ketika melintasi jalur perbukitan Goodwood

"Mobil ini telah dirancang untuk Pikes Peak, untuk balapan sejauh 20 kilometer," katanya kepada Autosport. "Kami memiliki terlalu banyak energi untuk balapan ini. Ini tidak dirancang untuk jarak 1,8 kilometer ini, tapi saya pikir kami memiliki beberapa ide untuk membuatnya lebih cepat untuk masa depan."

Sebelumnya, I.D. R mengukuhkan diri sebagai raja lintasan perbukitan Pikes Peak dengan catatan waktu 7 menit 57.148 detik, mengalahkan waktu yang dibukukan oleh Sébastien Loeb saat mengendarai Peugeot 208 T16 pada tahun 2013.

>>> Berita otomotif paling lengkap hanya ada di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top