Bos Mercedes F1 Tak Hentikan George Russell Menjadi Juara

22/09/2021

Event - Promosi

4 menit

Share this post:
Bos Mercedes F1 Tak Hentikan George Russell Menjadi Juara
Setelah menunda cukup lama, akhirnya tim Mercedes F1 mengumumkan bahwa George Russell akan bergabung musim depan. Apakah kejadian tahun 2016 akan berulang?

Seperti yang kita tahu, tahun 2016 menjadi satu-satunya tahun di mana Lewis Hamilton tidak menjadi juara dunia Formula 1 selama 5 tahun terakhir. Di tahun itu, Nico Rosberg yang menjadi rekan setim Hamilton berhasil merebut gelar tersebut dari pebalap asal Inggris tersebut.

Meski menjadi juara konstruktor dan meraih gelar juara dunia pebalap, suasana tim Mercedes sepanjang tahun jauh dari kata kondusif. Kedua pebalap terang-terangan membenci satu sama lain karena persaingan antara Rosberg dan Hamilton.

Bos tim Mercedes F1, Toto Wolff menyadari bahwa potensi George Russell bisa mengulangi kejadian yang dikenal sebagai 'The Silver War' tersebut.

Gambar Mercedes F1 2016

Toto Wolff tak ingin mengulangi kejadian di tahun 2016

>>> Mengenal Halo, Perangkat Yang Menyelamatkan Nyawa Lewis Hamilton

Hamilton Kedatangan Penantang Muda Baru

Jika menilik sejarah Lewis Hamilton di Formula 1, posisi Russell di tahun depan sebenarnya sama persis dengan dirinya ketika bergabung dengan McLaren Mercedes yang saat itu diperkuat oleh Fernando Alonso.

Di saat itu, Hamilton merupakan pebalap muda potensial yang bergabung ke dalam tim yang diperkuat oleh pebalap senior sekaligus juara dunia F1. Hamilton muda sanggup tampil lebih baik dan membuat McLaren kerap memprioritaskan dirinya, dan membuat Alonso gerah. Perpecahan di dalam tim pun mulai muncul.

Kini, Hamilton ada di posisi Alonso sebagai pebalap senior sekaligus juara dunia F1 di tim Mercedes-AMG Petronas yang tahun depan akan kedatangan pebalap muda dengan potensi sebagai calon juara dunia.

Gambar McLaren 2007

Hamilton kini berada di posisi Alonso saat berada di tim McLaren

Toto Wolff pun menyadari bahwa ada kemungkinan perpecahan di kubu Mercedes tahun depan. Wolff menyebut bahwa ia sudah menyiapkan rencana untuk memperkenalkan George Russell ke dalam hierarki tim besutannya.

"Ia (Russell) sudah membuktikan bahwa dirinya pantas mendapatkan kursi dengan mobil bagus, dan kami perlu menempatkannya sesuai dengan situasi Mercedes. Akan ada tekanan besar, Ia akan jadi rekan dari pebalap dengan rekor terbaik dan penting untukmu mengondisikannya dan menempatkannya dengan baik," ungkap Wolff.

>>> George Russell Resmi Berseragam Mercedes Musim Depan

Wolff Tak Akan Menghentikkan Russell Untuk Menjadi Juara Dunia

Meski hierarki di dalam tim Mercedes F1 menempatkan Lewis Hamilton sebagai pebalap utama, Toto Wolff mengaku bahwa ia tak akan menghentikkan George Russell jika ia berpeluang untuk menjadi juara dunia.

"Kami pernah di situasi yang gagal dahulu. Lewis berada di masa saat tim tak tahu seberapa besar potensinya. Kupikir sekarang kami sudah lebih siap menghadapi situasi itu, Russell punya ambisi menjadi juara di masa depan dan Lewis ingin menambah satu lagi, jadi ini soal pertimbangan," tukas Wolff.

Gambar George Russell

Jika George Russell berpeluang menjadi juara dunia, Wolff tidak akan menghentikannya

Dengan kedatangan George Russell, banyak yang menganggap bahwa tim Mercedes memiliki duo pebalap paling cepat dan berbakat di musim depan. Tentu, dengan regulasi baru di musim balap F1 2022, semua bisa saja terjadi.

Ini pertama kalinya Hamilton mendapat tantangan baru di dalam tim setelah Nico Rosberg memutuskan untuk pensiun setelah juara di tahun 2016. Setelah Rosberg pergi, Wolff memilih Valtteri Bottas sebagai rekan setim Hamilton karena menilai pebalap asal Finlandia tersebut tahu posisinya sebagai pebalap nomor dua di dalam tim.

Apakah musim depan Hamilton masih bisa menambah gelar juara dunianya? Atau justru Russell menjalani breakout season dan tampil sebagai penantang juara dunia setelah mendapat mobil yang lebih bagus? Kita tunggu saja seperti apa dinamika kedua pebalap Mercedes ini di tahun depan.

>>> Hasil Balap F1 Italia 2021: McLaren Berhasil Finis di Posisi 1-2

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top