Bocoran Kalender MotoGP 2022, Mandalika Dijadwalkan di Bulan Maret

24/09/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Meski belum dirilis secara resmi, kalender MotoGP 2022 sudah banyak beredar di dunia maya. Sirkuit Mandalika menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan balap.

Teka-teki penyelenggaraan MotoGP di Indonesia terjawab sudah, Sirkuit Mandalika akan menjadi salah satu tujuan rombongan para pebalap untuk berlaga di musim balap 2022.

Dorna Sports selaku penyelenggara ajang balap motor kelas premier ini memang belum memberikan pernyataan secara resmi mengenai jadwal balap tahun depan. Namun, kalender sementara MotoGP 2022 sudah bocor dan beredar di paddock.

Digelar di Bulan Maret

Sebelumnya Dorna telah mengumumkan bahwa Sirkuit Mandalika akan menjadi salah satu lokasi tes pra-musim untuk tahun 2022 di bulan Februari. Dalam kalender yang bocor tersebut, tertulis bahwa tes pramusim tersebut akan diadakan pada tanggal 11 hingga 13 Februari setelah tes di Sirkuit Sepang, Malaysia.

>>> Sirkuit Mandalika Masuk Kalender Tes Pramusim MotoGP 2022

Gambar Pernyataan Resmi Dorna

Pernyataan resmi Dorna terkait tes pra-musim di Sirkuit Mandalika

Untuk seri balapnya sendiri, MotoGP Mandalika rencananya akan digelar pada 18 hingga 20 Maret, menyusul seri pertama di Sirkuit Losail, Qatar pada 6 Maret. Ini merupakan kabar gembira bagi pecinta MotoGP yang sudah menantikan kembalinya ajang balap ini di Indonesia.

Sebagai informasi, Indonesia pernah menggelar MotoGP pada tahun 1996 dan 1997. Di tahun 1997, sirkuit ini pernah menjadi bagian dari sejarah legenda MotoGP, Valentino Rossi.

Saat itu, ia masih membalap di kelas GP 125 untuk tim Aprilia Azzuro. The Doctor berhasil mengamankan gelar juara dunia pertamanya setelah merajai Sirkuit Sentul pada 28 September 1997.

Gambar Valentino Rossi

Valentino Rossi punya kenangan manis di Indonesia

Sayangnya, ia tak bisa bernostalgia dengan para pendukungnya di Indonesia karena Rossi akan pensiun di akhir musim balap MotoGP 2021. Tapi bisa saja berkat bantuan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Rossi bisa saja diboyong ke Tanah Air sebagai brand ambassador atau MotoGP legend.

>>> Valentino Rossi Bakal Lanjut Balap GT3 Tahun Depan?

Jadwal Sementara MotoGP 2022

Setelah membalap di Sirkuit Mandalika, para pebalap MotoGP akan melanjutkan pertarungan mereka ke benua Amerika menuju seri MotoGP Argetina dan MotoGP Amerika. Selanjutnya, balapan di sirkuit-sirkuit Eropa dimulai pada akhir April 2022.

Setelah Sirkuit KymiRing, para pebalap mendapat waktu istirahat dengan liburan musim panas sebelum melanjutkan paruh kedua musim 2022 dengan seri balap di Silverstone, Inggris.

Gambar Sirkuit Mandalika

Mandalika siap menyambut para pebalap MotoGP di bulan Maret

Tur pun dilanjutkan ke Asia dan Australia sebelum kembali ke Eropa untuk menjalani seri terakhir di Valencia pada 13 November 2022.

Berikut bocoran kalender sementara MotoGP 2022:

>>> Sirkuit Mandalika Hampir 100% Rampung, Siap Dijajal WSBK

March 6: Losail / Qatar

March 20: Mandalika / Indonesia

April 3: Termas de Río Hondo / Argentina

April 10: Circuit of the Americas / Texas

April 24: Portimao / Portugal

May 1: Jerez / Spain

May 15: Le Mans / France

May 29: Mugello / Italy

June 5: Barcelona / Spain

June 19: Sachsenring / Germany

June 26: Assen / Netherlands

July 10: KymiRing / Finland

August 7 : Silverstone / Great Britain

August 21: Red Bull Ring / Austria

September 11: Aragón / Spain

September 18: Misano / San Marino

October 2: Motegi / Japan

October 9: Buriram / Thailand

October 23: Phillip Island / Australia

October 30: Sepang / Malaysia

November 13: Valencia / Spain

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top