Beragam Modus Penyelundupan Pemudik, dari Truk Kerupuk sampai Mobil Towing

04/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Beragam Modus Penyelundupan Pemudik, dari Truk Kerupuk sampai Mobil Towing
Ada beragam cara penyelundupan pemudik yang dilakukan sejumlah oknum. Mulai dari menyembunyikan pemudik di balik bak muatan barang, mengangkut mobil ke atas truk, hingga menggunakan mobil towing yang disii pemudik.

Adanya larangan mudik Lebaran yang disampaikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) membuat banyak masyarakat yang kesulitan untuk pulang ke kampung halamannya.

Meskipun sejatinya larangan mudik ini dikeluarkan demi mencegah penyebaran virus corona hingga ke daerah-daerah pelosok yang terbawa oleh pemudik. Namun rupanya hal tersebut tidak digubris sebagian masyarakat. Banyak pemudik yang masih nekat untuk meninggalkan kota dimana ia beraktifitas untuk menuju kampung halamannya.

Beragam cara pun dilakukan. Bahkan belakangan muncul jasa-jasa yang secara terang-terangan menawarkan "penyelundupan" agar masyarakat bisa tetap berlebaran di kampung halamannya. Modus penyelundupan pemudik ini pun amat beragam. Mulai dari bersembunyi di balik truk atau mobil pickup, bersembunyi di bagasi bus, hingga mobil yang sengaja diangkut menggunakan truk atau mobil towing. Berikut beberapa hasil rangkuman Cintamobil.com.

>>> Saat PSBB Truk Juga Dicek Untuk Memastikan Tidak Ada Penumpang Gelap

1. Pemudik Bersembunyi di Bak Muatan Truk

Pemudik sembunyi di mobil pickup

Pemudik bersembunyi di truk muatan kerupuk

Modus pertama penyelundupan pemudik yang sampai saat ini masih banyak digunakan adalah menyembunyikan pemudik di bak muatan truk. Baik itu mobil pickup, truk kecil hingga truk countainer. Contohnya yang pernah tertangkap tangan oleh Kepolisian Cilegon, Banten.

Sebuah truk bermuatan kerupuk diberhentikan oleh petugas di pos penyekatan Gerem Bawah, Cilegon, Banten. "Kita curiga kerena kok muatan kerupuk kelihatannya muatan lebih," ujar Kapolsek Pulomerak AKP Rifki Seftirian. Setelah diperiksa, dari balik bak muatan truk tersbeut terdapat dua orang penyelundupan pemudik yang diketahui berasal dari Semarang hendak menuju Bengkulu.

>>> Klik disini untuk cek harga mobil baru dengan diskon dan promo yang menarik cukup #dirumahaja

2. Mobil Diangkut ke Bak Truk

Mobi diangkut ke truk untuk mudik

Sebuah mobil pemudik yang disembunyikan di bak truk berhasil terbongkar

Cara kedua yang cukup ekstrim dalam penyelundupan pemudik adalah dengan menaikkan kendaraan pemudik ke atas truk. Bahkan yang agkut bukan lagi sepeda motor, melainkan mobil. Lantas sang calon pemudik bersembunyi di dalam mobil yang diangkut di atas truk itu selama perjalanan.

Hal ini diceritakan Kanit 3 Reskrim Polres Cilegon, Iptu Choirul Anam. Menurutnya, petugas pos penyekatan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten berhasil membongkar satu unit truk bermuatan mobil Suzuki APV dengan nomor polisi B 1886 TRH yang hendak melakukan penyelundupan pemudik.

Saat diperiksa petugas di pos, sopir truk mengaku mengangkut nanas dan hendak menuju Lampung. “Kami yang tengah melakukan penyekatan curiga dengan muatan truk. Kata sopir bawa nanas, pas dibuka sebuah kendaraan jenis APV," kata Iptu Choirul.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas paling lengkap ada disini

3. Menggunakan Truk Towing

Mobil pemudik pakai truk towing

Mobil pemudik diangkut menggunakan truk towing

Cara baru lainnya dalam modus penyelundupan pemudik adalah dengan menggunakan truk towing. Seperti yang digagalkan oleh petugas gabungan di pos pemeriksaan Taman Unyil Semarang, Jawa Tengah.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang Endro P Martanto mengatakan, saat itu petugas menyetop truk towing yang sedang mengangkut sebuah mobil minibus yang ditutupi dengan terpal untuk penyelundupan pemudik. Saat disetop dan dilakukan pemeriksaan, ternyata ada empat orang berada di dalam mobil yang diangkut truk towing itu.

"Langsung kami minta putar balik," jelas Endro. Keempat pria tersebut lanjutnya, diminta kembali naik ke atas mobil yang diangkut truk towing itu sebelum akhirnya truk berserta kendarana yang diangkut memutar balik ke arah Kota Semarang.

>>> Berita otomotif terbaru yang menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mudik Lebaran Dilarang, Kini Malah Muncul Jasa Penyelundupan Pemudik

30/04/2020

Event - Promosi

5 menit

Belakangan ini viral mengenai unggahan bisnis jasa penyelundupan pemudik yang tak bisa ke kampung halaman karena ada pos penjagaan. Polisi pun sudah mengetahui "bisnis" baru ini.

Lihat juga

Jalan Tikus Dipilih Pemudik Agar Tetap Bisa Pulang Kampung

29/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Larangan mudik atau pulang kampung resmi berlaku sejak akhir pekan lalu (24/4). Langkah ini dilakukan demi memutus rantai penularan Virus Corona atau covid-19.

Lihat juga

Mobil Barang Bawa Penumpang Saat Larangan Mudik, Sanksi Bisa Berlipat

29/04/2020

Pengemudian

3 menit

Mobil barang dilarang membawa penumpang untuk bebas melintas saat larangan mudik. Awas, jika melanggar sanksinya bisa lebih berat dari pelanggaran biasa!

Lihat juga

Review Daihatsu Gran Max Pick Up STD 2007: Pick-Up Terlaris Di Kuartal Pertama 2018

11/07/2018

Editor rate:

Kabar gembira diterima oleh pihak Daihatsu di awal tahun ini. Pasalnya, produk Daihatsu Gran Max khususnya pada kategori Pick Up menduduki peringkat ketujuh dari total penjualan periode Januari hingga bulan Mei 2018. Apa alasan dibalik itu? Mari kita simak bersama review Daihatsu Gran Max Pick Up STD 2007.

Lihat juga

Update/ Pembaruan harga mobil Isuzu Traga terbaru November Di Indonesia

01/11/2020

Isuzu

Berdiri dalam kategori mobil komersial, Isuzu Traga resmi dipasarkan pada tahun 2018 lalu, yang semakin melengkapi segmen Medium Pick-Up di Tanah Air. Apakah ada promosi menarik untuk Isuzu Traga? Berapa harga Isuzu Traga terbaru?

Lihat juga
 
back to top