Begini Rasanya Nyetir Truk Off-Road Di Tambang Bersama Volvo Trucks

21/06/2019

Event - Promosi

4 menit

Share this post:
Begini Rasanya Nyetir Truk Off-Road Di Tambang Bersama Volvo Trucks
Well, kami tahu ini bukanlah jalan pertambangan sungguhan, namun trek yang dibuat oleh Volvo Trucks Indonesia ini sudah nyaris menyerupai trek off-road di pedalaman Kalimantan. Dan, kami bersama Truk Volvo FMX 400 6x4R yang memang sudah dirancang sebagai truk heavy duty.

Undangan istimewa ini kami terima hari Jum'at siang minggu sebelumnya. Rasanya hati jadi tak sabar untuk segera ke Sentul, Jawa Barat dimana event ini dilaksanakan. Volvo Trucks Indonesia ingin memperkenalkan ke kalangan media mengenai teknologi unggulan mereka yakni Volvo Dynamic Steering yang akhirnya diboyong juga ke Indonesia. Namun, tidak hanya ingin menunjukkan teknologi tersebut, mereka juga mengajak para jurnalis untuk merasakan langsung nyetir truk di medan off-road layaknya sopir truk di area pertambangan Kalimantan. Begini rasanya nyetir truk off-road di medan pertambangan bersama Volvo Trucks.

>>> Ini pendapat kami mengenai truk Volvo tercanggih dan termahal yang dijual di Indonesia

Tampak Volvo Trucks Indonesia Management

Volvo Trucks Indonesia ajak puluhan jurnalis rasakan kecanggihan truk mereka

Sebelum diijinkan untuk nyetir truk, kami harus mengikuti breifing terlebih dahulu oleh trainer Volvo Trucks. "Truk ini aman dan canggih, Anda tak perlu takut untuk mengemudikannya di trek off-road yang tersedia. But please pay attention to the marshal, kami yakin dengan segala fitur dan kecanggihan truk Volvo, Anda akan menikmati mengemudikan truk ini." papar Mr. Per Bruun Hansen, selaku Driver Development Manager Volvo Trucks. Truk yang kami gunakan adalah Volvo FMX 400 dengan penggerak 6x4, dan masing-masing truk diberi tambahan beban 1,2 ton di bak belakang agar roda belakang mendapat grip yang lebih baik.

>>> Promo menarik mobil baru bisa ditemukan disini

Tampak area test drive Volvo Trucks

Inilah area test drive 'semi pertambangan' yang disediakan oleh Volvo Trucks Indonesia

Masing-masing peserta mendapatkan kesempatan 2 kali mencoba truk, kesempatan pertama para peserta diharuskan mencoba terlebih dahulu truk Volvo FMX 400 6x4R tanpa fitur Volvo Dynamic Steering, dan kesempatan kedua baru mencoba unit Volvo FMX 400 6x4R dengan fitur tambahan tersebut. Untuk fitur Volvo Dynamic Steering akan kami bahas pada artikel tersendiri agar lebih fokus dan detail, untuk artikel kali ini kami akan berfokus pada pengalaman mengemudi truk Volvo ini di trek off road yang cukup ekstrim dan tidak semua kendaraan besar mampu melewatinya.

>>> Truk buatan Volvo ini mirip sekali dengan mobil sport, ini ulasannya

Truk Volvo FMX 400 6x4R 2019

Ini dia truk yang kami gunakan, truk Volvo varian FMX dengan penggerak 6x4

Akhirnya tiba juga kesempatan kami, setelah mengatur posisi duduk dan mengencangkan sabuk pengaman, kami pun memindahkan shifter transmisi i-Shift Volvo ini ke A yang artinya Automated atau jalan otomatis. Karena sistem transmisi i-Shift ini adalah Automated Manual Transmission (AMT) maka kami harus menginjak sedikit pedal gas agar truk yang kami kemudikan mau maju. Pada tikungan pertama kami sudah disuguhi oleh turunan yang cukup ekstrim, trainer Volvo Trucks yang mendampingi kami hanya berpesan untuk mengendalikan dengan pedal rem dan mesin secara otomatis akan membantu 'menjaga' truk agar tidak nyelonong.

>>> Ternyata ini sudut pandang pengemudi truk terhadap titik buta pada truk, Anda wajib tahu

Tampak tim Cintamobil mencoba Truk Volvo FMX 400

Tim Cintamobil.com menjajal langsung kecanggihan truk Volvo FMX dengan fitur EC dan VDS ini

Memasuki tikungan kedua kami membuktikan teknologi keamanan dari Volvo FMX 400 6x4R ini, kami diminta sengaja untuk berhenti di tanjakan. Lalu menekan tombol Hill Start Assist, dan truk berhasil tertahan dan kami naik dengan selamat. Di tanjakan panjang, kami pun mencoba untuk mengaktifkan fitur Engine Control (EC). Fitur ini akan memprogram setir, mesin dan rem untuk menjaga kecepatan dan menjamin mobil tetap stabil pada jalurnya. Hebatnya, fitur ini mampu untuk menahan kecepatan dan putaran mesin untuk menanjak agar lebih aman. Kami benar-benar terkesan pada teknologi yang disajikan oleh Volvo Trucks ini.

>>> Ini dia tips aman di jalan dari Volvo Trucks untuk semua pengemudi truk di jalan raya

Truk Volvo FMX 400 melibas jalan menanjak

Trek ekstrim tak menjadi halangan bagi Volvo FMX ini

Di akhir trek, truk kami sedikit paksa untuk menanjak sembari sedikit berbelok, lagi-lagi berkat fitur Engine Control ini, truk mampu menanjak dan dikendalikan dengan sangat mudah. Bahkan, kami seperti tidak merasa mengemudikan sebuah truk besar yang berat. Sebuah pengalaman mengemudikan truk off-road yang tidak terlupakan. Kami berharap semua truk yang ada di Indonesia dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti ini.

>>> Dapatkan berita terupdate seputar mobil hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Vera, Si Truk Cantik Asal Swedia Lansiran Volvo Yang Mampu Jalan Secara Otomatis

18/06/2019

Mobil baru

3 menit

Masa depan benar-benar kian dekat, bukan hanya mobil saja yang mempunyai kemampuan autonom, namun alat pengangkut barang seperti truk juga diberikan kemampuan serupa. Perkenalkan si Vera, truk cantik asal Swedia lansiran Volvo yang mampu jalan secara otomatis.

Lihat juga

Volvo Trucks Ungkap Tips Bagi Pengemudi Truk di Seluruh Dunia

16/05/2019

Pengemudian

8 menit

Bekerja sama dengan North Carolina Department of Transportation (NCDOT) dan FedEx, Volvo Truck menjelaskan tentang berbagai fitur mengemudi serta tips bagi pengemudi truk di mana saja.

Lihat juga

Manfaatkan Kamera Dalam Mobil, Volvo Siapkan Sistem Pendeteksi Pengemudi Mabuk

Volvo memiliki reputasi sebagai mobil paling aman, dan pabrikan Swedia itu melakukan inovasi selanjutnya dalam hal keselamatan dengan merancang sistem yang dapat mendeteksi pengemudi mabuk.

Lihat juga

Hilangkan Korban Kecelakaan, Volvo akan Batasi Kecepatan Berkendara Anda

06/03/2019

Pasar mobil

Sebagai bagian dari kampanye keselamatan berkendara, semua model baru Volvo akan dilengkapi dengan pembatas kecepatan tertinggi 180 km/jam mulai dari 2020 dan seterusnya.

Lihat juga

BMW dan Volvo Danai Zūm, ‘Ojek Online’ Khusus Antar-Jemput Anak

05/03/2019

Pasar mobil

BMW dan Volvo secara bersamaan mengumumkan pada hari Jumat bahwa mereka akan berinvestasi dalam Zūm, sebuah layanan kendaraan seperti ojek online yang berbasis di California khusus untuk anak-anak.

Lihat juga
 
back to top