Bangga! Pebalap Indonesia, Sean Gelael Raih Podium 2 di Le Mans

23/08/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Bangga! Pebalap Indonesia, Sean Gelael Raih Podium 2 di Le Mans
Pebalap Indonesia, Sean Gelael berhasil mencatat sejarah setelah ia dan 2 rekannya berhasil finis di podium kedua di ajang Le Mans 24 Jam di kategori LMP2.

Kemenangan dominan Toyota Gazoo Racing pada Le Mans 24 Jam 2021 yang diselenggarakan di Circuit de la Sarthe memang mendominasi sebagian headline media massa.

Namun, aksi brilian pebalap Indonesia, Sean Gelael di ajang balap legendaris tersebut juga patut diacungi jempol. Sean yang tampil konsisten mampu finis di urutan 7 overall dan urutan 2 untuk kelas LMP2.

Hasil ini menjadi catatan yang berkesan untuk sejarah motorsport di Tanah Air, karena sebelumnya belum ada pebalap Indonesia yang berhasil naik ke podium Le Mans 24 Jam.

Gambar Sean Gelael di Podium

Sean Gelael membawa bendera Indonesia ke atas podium Circuit de la Sarthe bersama kedua rekannya

>>> Spa 6 Jam: Toyota Menangi Debut LMH, Sean Gelael Podium LMP2

Sempat Terlempar Dari 10 Besar

Sean Gelael tampil di ajang Le Mans 24 Jam dengan membawa mobil #28 JOTA Oreca 07 - Gibson. Bersama dengan pebalap asal, Belgia Stoffel Vandoorne dan pebalap asal Inggris, Tom Blomqvist, trio ini berhasil menyelesaikan 363 lap selama 24 jam.

Mereka memang finis 'hanya' di urutan 7 di belakang mobil-mobil dari kelas Le Mans Hypercar, tetapi di kelas LMP2 hasil tersebut membawa mobil #28 ke podium kedua di belakang trio Robin Frinjs, Ferdinand Habsburg, dan Charles Milesi yang membalap untuk tim WRT.

Sean yang turun pertama di grid ketujuh sempat mengalami kesulitan akibat hujan lebat yang turun saat start. Ia pun sempat terlempar dari posisi 10 besar. Namun, konsistensinya dalam memacu mobil Oreca tersebut membawanya kembali ke posisi semula.

Gambar Le Mans Start

Hujan lebat yang turun saat start sempat menyulitkan beberapa pebalap

Tom Blomqvist yang menggantikan Sean sempat membawa mobil #28 tersebut ke posisi pertama. Sayangnya, ia harus diganjar penalti yang membuat mereka kembali terlempar dari 10 besar.

>>> Mengenal Lebih Dekat Spesifikasi Mobil Balap LMP2 Sean Gelael

Setelah itu, giliran Vandoorne untuk mengemudi, namun pebalap asal Belgia tersebut tak banyak merubah keadaan. Saat Sean kembali di posisi kemudi, ia pun berhasil melewati beberapa mobil dan sempat mengamankan posisi ketiga.

Drama di Pengujung Balapan

Memasuki menit-menit terakhir perlombaan, pimpinan lomba di kelas LMP2, mobil WRT #41 sempat berhenti di lintasan. Kesempatan itu langsung diambil Tom Blomqvist yang bertugas untuk membawa mobil ke garis finis untuk naik ke urutan 2.

Gambar Jota #28

Blomqvist yang bertugas untuk membawa mobil #28 ke garis finis berhasil mengamankan posisi 2

Mobil JOTA #28 pun berusaha untuk mengejar posisi pertama yang diduduki oleh trio pebalap dari Tim WRT. Sayangnya, hingga balapan berakhir Blomqvist tidak berhasil menyalip dan harus puas finis di urutan 2 LMP2 dengan selisih tipis 0,727 detik.

>>> Toyota GR Kembali Mendominasi Ajang Balap Ketahanan Le Mans 24 Jam

Dengan hasil ini, Sean dan rekan-rekannnya memimpin klasemen WEC sementara untuk kelas LMP2 berbekal poin ganda khusus untuk Le Mans 24 Jam. Mereka pun akan melanjutkan seri terakhir di Bahrain pada 30 Oktober dan 6 November.

Apakah Sean Gelael dan kawan-kawan berhasil meraih gelar juara dunia di kelasnya pada akhir musim? Kita tunggu saja kiprah sang pebalap Indonesia di seri balap ketahanan selanjutnya.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top