Balapan Terakhir Valentino Rossi Dipenuhi Kejutan dan Nostalgia

16/11/2021

Event - Promosi

4 menit

Share this post:
Valentino Rossi finis di urutan kesepuluh pada seri balap terakhirnya di MotoGP Valencia 2021. Pebalap berjuluk The Doctor itu mendapatkan beberapa kejutan.

Setelah mengumumkan rencana pensiun beberapa bulan yang lalu, kini Valentino Rossi resmi menggantung helm setelah menyelesaikan balapan terakhirnya di Sirkuit Ricardo Tomo, Valencia.

Pebalap yang memulai karir di MotoGP pada tahun 2002 itu mampu mempersembahkan poin terakhir untuk tim Petronas SRT setelah finis di urutan kesepuluh. Francesco Bagnaia yang merupakan murid dari Rossi sendiri berhasil memenangkan seri balap MotoGP Valencia 2021.

Gambar Valentino Rossi

Semua mata dan kamera tertuju pada Rossi saat melakukan last lap di Sirkuit Ricardo Tomo

Meski begitu, semua perhatian tertuju pada Rossi yang mendapatkan kejutan dari berbagai pihak di MotoGP. Tetapi, ada dua kejutan yang paling berkesan untuk sang legenda.

>>> Sejarah Julukan The Doctor untuk Valentino Rossi

9 Gelar Juara, 9 Motor Legendaris

Salah satu kejutan terbesar datang dari Dorna Sports, promotor dari MotoGP. Mereka berhasil membujuk tim-tim yang pernah diperkuat oleh Valentino Rossi untuk meminjamkan motor yang pernah mengantar The Doctor untuk meraih gelar juara.

Mulai dari Aprilia RS125 yang dipakainya meraih gelar kelas 125 cc tahun 1997, Aprilia RS250 tahun di kelas 250 cc tahun 1999, Honda NSR500 di kelas 500 cc tahun 2001, Honda RC211V tahun 2002 dan 2003, sampai Yamaha YZR-M1 2004, 2005, 2008 dan 2009 di kelas MotoGP.

Gambar 9 Motor Juara Rossi

Reuni The Doctor dan 9 motor yang menggantarnya menjadi juara

Ia pun terlihat berbinar-binar saat melihat semua motor ikonik tersebut berkumpul di tempat yang sama. Ia pun menunggangi motor tersebut satu persatu sembari bernostalgia akan masa-masa kejayaannya dulu.

Oh iya, semua motor Aprilia dan Yamaha itu memang rencananya akan diberikan kepada Rossi untuk museumnya. Sayangnya, Honda masih enggan untuk memberikan motor-motor mereka kepada Rossi karena kejadian di masa lalu yang membuat hubungan sang rider dan pabrikan renggang.

Gambar Ucapan Selamat Honda

Ucapan selamat dari Honda kepada Rossi

Namun, ada secercah harapan ketika Honda akhirnya ikut memberi ucapan terima kasih pada Rossi. Ia masih berharap untuk bisa membawa motor-motor Honda itu pulang ke museum, setidaknya NSR500 yang sangat berkesan untuknya.

>>> Dapat Helm Valentino Rossi, Penggemar Ini Sontak Jadi Calon Miliarder

Persembahan dari Murid-murid Valentino Rossi

Kejutan yang tak kalah berkesan untuk Valentino Rossi hadir dari para muridnya yang bernaung di bawah VR46 Academy. Di seri balap terakhir Rossi, mereka menggunakan helm dengan livery khusus yang terinspirasi pada deretan helm yang pernah digunakan oleh sang mentor.

Gambar VR46 Academy Riders

Para pebalap VR46 Academy berpose dengan sang mentor dan helm dengan livery spesial yang pernah digunakan Rossi

Sebut saja Francesco Bagnaia yang menjadi pesaing Quartararo dalam perebutan gelar juara MotoGP 2021 menggunakan helm Suomy SR dengan livery Che Spettacolo. Helm tersebut digunakan Rossi saat meraih kemenangan di Philip Island pada tahun 2004.

Franco Morbidelli yang kini menggantikan Rossi di tim pabrikan Yamaha menggunakan helm dengan livery Peace & Love yang digunakan oleh The Doctor di Sirkuit Mugello pada tahun 1999. Beberapa pebalap pun terlihat menggunakan livery Sole-Luna yang menjadi ciri khas helm sang mentor.

>>> Temukan Mobil Bekas Impian Anda di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top