AXCR 2022: Raliart Mitsubishi Chayapon Juara Pertama, Rifat Peringkat Ke-5

28/11/2022

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
AXCR 2022: Raliart Mitsubishi Chayapon Juara Pertama, Rifat Peringkat Ke-5
AXCR jadi debut pertama Mitsubishi Motors kembali ke ranah motorsports setelah bertahun-tahun absen, dengan Rifat Sungkar menjadi perwakilan Indonesia.

Mitsubishi Ralliart berhasil memenangkan Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 Buriram-Siem reap, Thailand pada 21 hingga 26 November 2022. Tuan rumah oleh driver Chayapon Yotha dan codriver Peerapong Sombutwong berhasil menyabet juara pertama. Sedangkan pereli Tanah Air Rifat Sungkar dan codriver-nya Chupong Chaiwan berhasil menyelesaikan reli ini, meski harus puas di peringkat kelima. 

President Director MMKSI Naoya Nakamura mengatakan, AXCR adalah debut pertama Mitsubishi Motors yang kembali ke Motorsports setelah bertahun-tahun, dan MMKSI sangat bangga dengan hasilnya.

"Sedangkan untuk pengalaman pertama Rifat mengikuti reli yang berat ini, dia dapat tampil sangat baik secara profesional dengan dukungan dari mobil mumpuni yang dikelola oleh Tim Ralliart," ucap Nakamura saat Media Virtual Interview Update Tim Mitsubishi Ralliart, Senin (28/11/2022).

axcr 2022
MMKSI sangat bangga dengan hasil AXCR 2022

Sekedar informasi, mobil kabin ganda Mitsubishi Triton yang digunakan dalam reli AXCR ini murni hanya menggunakan model produksi tanpa ada modifikasi yang sangat berarti. Dengan begitu, mobil ini menjadi bukti nyata atas ketangguhan dan kekuatan Triton yang dibuktikan langsung di lapangan. Sementara di Indonesia, Triton juga mendominasi segmen kabin ganda khususnya di pasar armada sebagai mobil lapangan yang kuat disegala medan jalanan.

"Saya yakin peningkatan yang akan segera dilakukan berdasarkan pengalaman dari reli ini akan semakin memperkuat posisi Triton di pasar nantinya dan kami siap untuk kembali lebih kuat lagi nanti," ujarnya.

>>> Simak harga mobil Mitsubishi baru dan bekas dengan promo terbaik hanya di sini

Rifat Mewakili Indonesia Juara ke-5 AXCR 2022

Balap reli ini adalah pengalaman pertama bagi Rifat, meski minim pengetahuan yang dalam namun Rifat bisa beruntung bisa mengakhiri ajang balap ini dengan baik.

"Sejujurnya saya tidak punya pengalaman sama sekali. Cuma saya yakin Mitsubishi punya mobil hebat dan tim yang kuat," ucap Rifat.

pereli tanah air Rifat Sungkar
Pemain baru di AXCR 2022, Rifat Sungkar Meraih Posisi Ke-5

Saat SS 1 dan SS 2 yang jadi etape awal dari AXCR, Rifat bercerita, hanya 3 kilometer saja jalanan aspalnya, dan itu adalah saat saya pertama kali lihat trek dalam AXCR ini seperti apa.

"Segala kemungkinan ada dan saya tidak beruntung saja, karena saat itu tidak sedang di-push. Saat di kilometer 80, saya tidak bisa menyalahkan siapa-siapa karena ini saya yang nytetir. Setelah terpental di belakang sekali, sebagai anak baru saya bisa tunjukkan dari posisi 8 ke 4, dan kemudian di posisi 5. Biasanya anak baru akan kesusahan dan untuk finish aja sulit," cerita Rifat.

>>> Triton Ralliart Dijual di Indonesia? Ini Tanggapan Mitsubishi

Tim Raliart Mitsubishi Chayapon Juara Pertama AXCR 2022

Saat SS6 atau jadi etape terakhir dari balap rali ini, memiliki jalur yang lebih keras dari lima etape sebelumnya. Dengan tekstur tanah kasar, lubang besar, bekas roda yang dalam, serta lumpur yang membutuhkan waktu lama untuk keluar begitu mobil terjebak di lumpur.

triton double decker
Mitsubishi Triton di AXCR 2022 tangguh disegala jenis medan

Chayapon, memimpin keseluruhan pada hari kedua turnamen dengan mengemudi yang tepat dan stabil. Dia mempertahankan posisi itu hingga hari terakhir. Pada SS6, di mana kemenangan keseluruhan dipertaruhkan, dia menempatkan prioritas utama untuk tidak melakukan kesalahan di lapangan atau merusak mobil, tapi bukannya bertahan, dia mencatatkan waktu resmi 44 menit 12 detik dengan gaya mengemudinya yang tenang. 

"Saya senang bisa membawa Ralliart memenangkan kompetisi ini. Sukses tipsnya sederhana, saya hanya lakukan tugas saya sebaik mungkin setiap balapan dan fokus pada balapan dan tidak memikirkan hal lain. Saya juga meminimalkan kesalahan hingga level 0," ucap sang juara. 

>>> Cerita Rifat Sungkar Saat Test Jalur di AXCR 2022 Thailand

Menggeluti dunia Jurnalistik sejak 2013, berbagai desk berita umum telah dilakoninya. Mulai dari kriminal dan metropolitan, seleb dan gaya, kesehatan dan lingkungan, ekonomi bisnis, serta kepemerintahan. Terakhir, yakni di 2020 mulai jatuh cinta dengan Otomotif. Kata siapa perempuan nggak
 
back to top