Aston Martin Perkenalkan Rapide E Untuk Pertama Kalinya Di Ajang Shanghai Auto Show 2019

17/04/2019

Event - Promosi
Share this post:
Aston Martin Perkenalkan Rapide E Untuk Pertama Kalinya Di Ajang Shanghai Auto Show 2019
Shanghai Auto Show 2019 memang dipenuhi kejutan, salah satunya adalah Aston Martin, yang memperkenalkan sports coupe empat pintu elektrik pertamanya, Rapide E. Aston Martin bahkan berani mengklaim bahwa Rapide E memiliki performa yang sama sangarnya dengan Rapide AMR, varian terkencang dari jajaran Aston Martin Rapide.

Setelah memunculkan RapidE Concept pada 2015 lalu, Aston Martin akhirnya meluncurkan sports coupe empat pintu elektrik pertamanya, Rapide E, pada perhelatan Shanghai Auto Show 2019. Aston Martin Rapide E juga menjadi Aston Martin pertama yang dibangun di instalasi pabrik mereka yang terletak di St. Athan, South Wales yang canggih, atau dikenal sebagai pusat produksi semua line-eup plug-in hybrid dan electric vehicle Aston Martin ke depannya. Aston Martin Rapide E dikabarkan hanya akan diproduksi 155 unit dan dikembangkan bekerja sama dengan Williams Advanced Engineering.

Debut Aston Martin Rapide E pada ajang Shanghai Auto Salon 2019

Aston Martin Rapide E melakukan debutnya pada Shanghai Auto Show 2019

>>> Baca juga:

Aston Martin Rapide E menggunakan sepasang motor listrik yang mampu menghasilkan total daya sebesar 800 volt dan terbungkus dalam balutan material karbon fiber dan kevlar. Sebagai media penyimpanan dayanya, menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 65 kWh. Baterai super canggih ini diletakkan tepat di ruang mesin, girboks dan tangki bahan bakar seperti pada Aston Martin Rapide reguler.

Foto motor listrik pada Aston Martin Perkenalkan Rapide E

Baterai Lithium-Ion diletakkan di depan

>>> Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di Cintamobil.com

Konfigurasi motor listrik dan baterai yang digunakan pada Rapide E, menurut Aston Martin, memungkinkan sistem daya dari motor listrik beroperasi lebih efisien, dengan melakukan pengisian daya dan karakteristik termal yang lebih baik dari pada sistem motor elektrik pada umumnya. Kedua motor listrik yang dipasang di belakang ini diklaim mampu menghasilkan output gabungan yang setara dengan tenaga 610 PS dan torsi 950 Nm. Dalam sekali pengisian daya, Aston Martin Rapide E dapat berjalan hingga sejauh 320 km Aston Martin juga membekali fitur fast charging yang mampu menyediakan daya untuk berjalan sejauh 298 km dalam waktu pengisian satu jam pertama dengan menggunakan pengisi daya 400 kW/50 volt. Baterai Aston Martin Rapide E dapat terisi penuh hanya dalam waktu tiga jam.

Foto Aston Martin Rapide E tampak samping

Aston Martin Rapide E lebih berat sekitar 150 kg dari Rapide S

>>> Berita event dan pameran terbaru hanya ada di sini

Performanya pun tetap sangar, karena Aston Martin Rapide E mampu akselerasi dari nol hingga 100 km/jam dari 4,2 detik, dengan  kecepatan tertinggi dinilai 250 km/jam. Aston Martin Rapide E ini  juga dibekali beberapa mode penyaluran tenaga seperti pada Aston Martin Rapide AMR, yakni GT, Sport dan Sport +. Aston Martin Rapide E menggunakan penggerak roda belakang dengan fitur limited slip diferensial mekanis. Handling pun ditingkatkan lewat revisi pada settingan kekerasan per dan sokbrekernya. Bahkan Aston Martin berani mengklaim bahwa Rapide E ini sama kencang dan gesitnya dengan Rapide AMR, yang merupakan varian terkencang dari Rapide.

Foto Aston Martin Rapide E tampak dari belakang

Ketiadaannya sistem knalpot membuat diklaim membuat nilai aerodinamika Aston Martin Rapide E lebih baik

>>> Review Aston Martin AM-RB 003 Valhalla 2021

Dalam hal penampilan, Aston Martin Rapide E menggunakan grille honeycomb serta intake yang lebih besar untuk membantu mendinginkan motor listrknya. Karena tidak ada sistem pembuangan, pada bagian lantai bawah telah dioptimalkan untuk aerodinamika. Aston Martin Rapide E menggunakan pelek alumunium forged berukuran 21 inci dengan baluta ban Pirelli P-Zero. Secara total, paket aero baru Rapide E menandai peningkatan 8% dari model pembakaran internal sebelumnya.

Foto layar multimedia di Aston Martin Rapide E

Layar multimedia pada Aston Martin Rapide E mampu memonitor semua informasih secara real time

Pada interior, Aston Martin rapide E telah dilengkapi dengan layar multimedia berukuran 10-inci untuk menggantikan instrumentasi analog konvensional Layar multimedia terbaru tersebut juga mampu memberikan informasi seperti status pengisian daya baterai, level daya motor saat ini, kinerja regeneratif, dan meter konsumsi energi secara real-time. Detail panel dengan karbon fiber juga semakin kental di kabin, yang juga berfungsi sebagai reduksi bobot. Aston Martin Rapide E memiliki bobot 2.140 kg, lebih berat sekitar 150 kg ketimbang Rapide S.

>>> Simak berita otomotif terkini lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top