ASEAN NCAP Ajak Jurnalis Terpilih Untuk Mengikuti Assesment Vehicle Safety Course

15/11/2018

Event - Promosi
ASEAN NCAP Ajak Jurnalis Terpilih Untuk Mengikuti Assesment Vehicle Safety Course
Dari sekian banyak jurnalis otomotif di Indonesia hanya sekitar 17 jurnalis dari masing-masing media yang dipilih oleh ASEAN NCAP untuk mengikuti kegiatan ini dan Cintamobil.com sebagai marketplace mobil nomor satu di Indonesia menjadi salah satunya. Tak salah jika Cintamobil.com diajak oleh ASEAN NCAP yang mengajak jurnalis terpilih untuk mengikuti pelatihan keselamatan kendaraan di Bridgestone Proving Ground, Karawang Jawa Barat.

Tampak ke-17 jurnalis terpilih mengikuti pelatihan keselamatan kendaraan oleh ASEAN NCAP

Dari sekian banyak media otomotif di Indonesia hanya 17 media yang dapat mengikuti pelatihan ini

Bertempat di Bridgestone Proving Ground, Karawang, Jawa Barat. ASEAN NCAP (New Car Assesment Program) yang kantornya berpusat di Selangor, Malaysia mengadakan Assesment Vehicle Safety Course. Dari sekian banyak jurnalis otomotif di Indonesia, hanya ada 17 jurnalis terpilih yang dapat mengikuti pelatihan keselamatan kendaraan yang digagas oleh ASEAN NCAP ini. Ke-17 jurnalis tersebut terdiri dari berbagai kalangan media baik yang umum maupun berkacamata teknik seperti Cintamobil.com.

Gambar menunjukkan suasana training ASEAN NCAP yang antusias

Peserta yang mengikuti training ASEAN NCAP tampak antusias

"Memang tidak semua jurnalis otomotif maupun non otomotif kami ajak mengikuti assesment (pelatihan, red) ini. Bukan karena kuota saja, namun kami benar-benar memilih berdasarkan hasil jawaban atas pertanyaan pra-pelatihan saat pendaftaran dibuka. Selain itu, kami pun harus berbagi kursi dengan pemerintah dan regulator setempat (IMI, KNKT, dkk)," papar Salina Mustaffa, selaku Communication Officer ASEAN NCAP kepada Cintamobil.com di sela-sela gala dinner yang berlangsung di hotel Batiqa, Karawang, Jawa Barat. Masih menurut wanita berhijab berwajah manis ini, menurutnya pelatihan seperti ini baru pertama kali dilakukan di Indonesia.

>>>  Kembali Raih Rating Bintang 5 Uji Tabrak NCAP, Mitsubishi Eclipse Cross Jadi Mobil Paling Aman

Gambar mobil Honda City i-DSi 2006 milik Bridgestone sedang melaksanakan demo

Training tidak hanya dilakukan didalam kelas, namun juga diluar kelas dan peserta dapat merasakan langsung

Pelatihan keselamatan pada kendaraan ini berlangsung di 'markas' nya Bridgestone bukan tanpa alasan, karena menurut wanita berhijab yang juga berkacamata ini ASEAN NCAP memiliki satu visi dengan PT. Bridgestone Tire Indonesia dalam  meningkatkan keselamatan di jalan dan yang pasti mengurangi angka terjadinya kecelakaan. Lalu apa saja sih yang dilatih ke para jurnalis terpilih disini? "Ada banyak partisipan dari vendor kendaraan maupun pabrikan yang ikut acara ini, mereka masing-masing memiliki teknologi yang dijagokan, nah teknologi tersebut yang akan di-experience kan ke para peserta assesment ini," tambah Jessica Truong, Program Director & Asia Pasific Coordinator kepada Cintamobil.com. 

Gambar kaca spion Nissan Note e-Power menampilkan vitur Intellegent View

Peserta training juga di edukasi mengenai fitur-fitur keselamatan terkini, salah satunya Intellegent View milik Nissan Note e-Power ini

Masih wanita yang punya panggilan akrab Ms Truong ini, "saat ini teknologi kendaraan sudah semakin maju, tidak terkecuali di kawasan Asia. Masalah keselamatan baik itu pengendara, penumpang, hingga pedestrian menjadi tanggung jawab pabrikan kendaraan. Karena, jika suatu pabrikan memiliki kapabilitas untuk membuat kendaraan dengan standar tinggi yang aman di dataran Amerika, dan juga Eropa, maka bukan suatu alasan pabrikan tersebut tidak bisa membuat mobil yang aman untuk kawasan Asia," papar wanita berparas cantik ini.

>>> Melawan Prasangka Umum, Uji Tabrak Glory 580 Dapatkan Bintang Lima

Gambar menunjukkan tim Cintamobil.com in action di Toyota C-HR

Tim Cintamobil in action dalam mengikuti pelatihan ASEAN NCAP ini

Komentar positif juga datang dari para peserta non jurnalis, "Acara seperti ini bagus banget ya, selain kita dapat belajar, berbagi pengalaman, juga yang terpenting adalah kita dapat memberitahukan kepada publik mengenai pentingya keselamatan berkendara dan mobilnya itu sendiri," tukas Taufik Akbar Marsal, Tim Research And Development PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia yang kebetulan satu tim dengan Cintamobil.com saat experienced session. Lalu kapan acara sebagus ini diselenggarakan lagi di Indonesia? "Tunggu tanggal mainnya ya, yang jelas sehabis ini akan ada di Vietnam," tutup Salina sembari tersenyum.

Gambar instruktur dari Jepang memperagakan Honda LaneWatch di Honda Accord

Tidak hanya mengemudi, menjadi penumpang pun dapat menikmati demonstrasi ini

 

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top