Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Cirebon Turun Drastis Selama Pandemi Covid-19

16/05/2020

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Jumlah kecelakaan lalu lintas di Cirebon menurun lebih dari 50 persen selama masa pandemi virus corona. Hal ini dipicu adanya penutupan beberapa akses jalan di kota tersebut.

Pandemi Covid-19 memang memaksa semua orang untuk tetap berdiam diri di rumah. Akibatnya, tingkat penyemaran udara ikut berkurang. Selain itu, angka kecelakaan lalu lintas pun menurun tajam. Setidaknya inilah gambaran yang terlihat di Cirebon, Jawa Barat.

>>> Jalanan Lengang, Jumlah Kecelakaan di Jawa Timur Berkurang 70 Persen

Mengingat selama masa pandemi Covid-19 warga Cirebon dan sekitarnya lebih banyak berdiam #dirumahaja, maka arus lalu lintas di Kota Udang tersebut juga terbilang jauh lebih sepi dari biasanya. Apalagi belakangan ini Cirebon pun melakukan Pembatasan Sosial Bersakal Besar (PSBB). Sehingga aktifitas pertokoan dan perkantoran ikut tutup.

Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Cirebon Turun Lebih dari 50 Persen

Pos pemeriksaan PSBB

Cirebon juga terapkan PSBB

>>> Cari mobil baru buat Lebaran tapi ingin diskon dan promo yang menarik? Cek info lengkapnya disini

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi mengatakan, angka kecelakaan lalu lintas di Cirebon menurun lebih dari 50 persen selama masa pandemi virus corona. "Pada Maret 2020 angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Cirebon mencapai 50 kasus. Tapi kami mencatat selama April 2020 ada 23 kasus. Ini berarti turun lebih dari 50 persen," katanya seperti Cintamobil.com kutip dari laman NTMC Polri.

Meskipun selama pandemi virus corona arus lalu lintas di jalan-jalan protokol Cirebon relatif lenggang, namun Syahduddi juga mengimbau masyarakat untuk selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara di jalan.

Sejumlah Ruas Jalan di Cirebon Ditutup Selama PSBB

Jalan ditutup di Cirebon

Beberapa jalan di Cirebon ditutup selama PSBB

>>> Pilihan mobil bekas berbagai merk dan tipe yang paling lengkap dan paling murah ada disini

Lebih lanjut Syahduddi menjelaskan, selama berlaku kebijakan PSBB di Cirebon, sejumlah ruas jalan memang ditutup sementara. Yaitu Jalan Tuparev mulai pukul 16.00-06.00 WIB. Jalan Fatahillah mulai kawasan Kecamatan Sumber sampai Kecamatan Weru pukul 16.00-18.00 WIB. Jalan Raden Dewi Sartika (samping Polresta Cirebon) pukul 16.00-18.00 WIB. Serta kawasan Wisata Setu Patok, Kecamatan Mundu pukul 15.00-18.00 WIB.

Hal ini diyakini juga menjadi penyebab angka kecelakaan lalu lintas di Cirebon turun drastis. Meski demikian, ia berharap penurunan jumlah angka kecelakaan ini jangan hanya selama pandemi Covid-19 atau adanya kebijakan PSBB. "Kami harap ke depannya angka kriminalitas dan kecelakaan lalu lintas terus menurun. Karena keselamatan berlalu lintas merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat," tukas Syahduddi.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap cuma ada di Cintamobil.com

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top