Ambisi I.D. R Pikes Peak Cetak Rekor di Goodwood Festival of Speed

12/07/2018

Event - Promosi
Share this post:
Ambisi I.D. R Pikes Peak Cetak Rekor di Goodwood Festival of Speed
Setelah mengukir rekor beberapa waktu lalu dengan I.D. R Pikes Peak listriknya, Volkswagen sedang mengintai pemecahan rekor gelaran Goodwood Festival of Speed bulan ini.

Volkswagen bersama I.D. R Pikes Peak telah membuat sejarah motorsport pada 24 Juni lalu. Dengan Romain Dumas di belakang kemudi, mobil listrik teranyar VW ini mampu memecahkan rekor sepanjang masa 7 menit 57.148 detik di pendakian bukit paling terkenal di dunia, Pikes Peak.

Volkswagen akan membawa I.D. R untuk memecahkan rekor kendaraan listrik tercepat pada Goodwood Festival of Speed yang ke-25 yang akan diadakan mulai dari Kamis, 12 Juli hingga 15 Juli nanti. Dalam ajang pesta kebun otomotif terbesar di dunia ini, I.D. R akan mencoba menjajal pegunungan Goodwood yang romantis.

Gambar yang menunjukan mobil balap Volkswagen I.D. R Pikes Peak ketika memecahkan rekor

I.D. R Pikes Peak ketika memecahkan rekor pada 24 Juni lalu

Catatan waktu yang akan dipecahkan yaitu 47.24 detik yang dibukukan oleh Johny Cocker pada 2013 lalu. Menggunakan mobil listrik berbasis LMP yang disebut Lola-Drayson B12 69/EV, mobil ini menggunakan empat motor listrik yang menghasilkan lebih dari 850 tenaga kuda gabungan serta komponen aerodinamis aktif untuk sebagian besar pendakian Goodwood yang singkat nan memukau.

>>> Prototipe Toyota Supra siap pamer kekuatan di Goodwod Festival of Speed

Sebagai perbandingan, I.D. R menggunakan sepasang motor listrik yang mampu melontarkan 680 tenaga kuda gabungan. Tetapi, dengan hanya bobot 1.100 kilogram, jet darat VW ini dapat melakukan percepatan hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 2.2 detik. Lebih cepat daripada mobil F1 dan 1/10 detik lebih cepat dari Lola-Drayson yang memegang rekor saat ini.

Gambar yang menunjukan mobil balap yang sedang melaju di Goodwood Festival of Speed

Lebih rendah dari Pikes Peak, Goodwood termasuk perbukitan paling terkenal di Inggris

>>> Ingin membeli mobil baru Volkswagen? Klik disini untuk informasi lebih lanjut

Namun, mengatasi perbukitan Goodwood membutuhkan lebih dari sekedar akselerasi semata. Menarik untuk dilihat apakah I.D. R yang dibuat untuk menangani ketinggian dan kecepatan perbukitan yang lebih tinggi seperti Pikes Peak dapat mengalahkan aerodinamis aktif Lola-Drayson.

Meskipun tidak menyebutkan secara khusus tentang kemungkinan memecahkan rekor Goodwood, VW sepertinya cukup tertarik dengan rincian waktu tercepat sepanjang masa Goodwood dari pembalap Formula 1 Nick Heidfield yang mengendarai McLaren-Mercedes F1 dalam waktu 41.6 detik. Menarik untuk menantikan apakah I.D. R Pikes Peak bisa memecahkan rekor sepanjang masa perbukitan Goodwood.

>>> Berita event otomotif paling lengkap hanya di Cintamobil

Gambar yang menunjukan mobil balap Twin Golf Pikes Peak keluaran tahun 1987

Selain I.D. R Pikes Peak, VW juga bawa Twin-Golf Pikes Peak 1987

Tak hanya membawa I.D. R Pikes Peak, Volkswagen Motorsport juga akan membawa Twin-Golf Pikes Peak 1987 yang juga ikut serta dalam perlombaan di Goodwood Hill. Selain mendaki bukit bersama Hans-Joachim "Strietzel" Stuck dan Jochi Kleint, pengunjung akan mendapatkan kesempatan memandangi kedua mobil ini di paddock Goodwood Festival of Speed.

>>> Dapatkan beragam berita otomotif terbaru hanya di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top