Alasan Teknis dan Tak Bahagia Penyebab Maverick Vinales Cabut dari Yamaha

01/07/2021

Event - Promosi

3 menit

Teka-teki kepergian Maverick Vinales dari Monster Energy Yamaha terjawab sudah. Perpisahan akan terjadi selesai MotoGP 2021 di Sirkuit Circuit Ricardo Tormo.

Tim Monster Energy Yamaha telah mengumumkan perpisahan dengan Maverick Vinales setahun sebelum masa kontraknya habis di tahun 20222. Keputusan ini dinilai bukan hal yang mengejutkan karena sebelum Vinales dikabarkan sudah tidak bahagia bersama tim pabrikan asal Jepang tersebut.

Awalnya Yamaha Tidak Bersedia Melepas Vinales

Menurut Angel Vinales, ayah Maverick Vinales menuturkan bahwa keputusan ini dilakukan bersama. Walaupun sebenarnya Yamaha tidak ingin melepasnya.

“Ini adalah perpisahan yang disepakati bersama. Awalnya Yamaha tidak mau melepasnya. Lin Jarvis Managing Director of the official training menangis di depan media. Dia tidak percaya, tetapi pilihan ini harus terjadi.” katanya seperti dikutip dari Italy24news.

>>> Franco Morbidelli Akan Gantikan Vinales di MotoGP 2022

Gambar menujukan Vinales dan Yamaha

Vinales tak puas dengan Yamaha

>>> Mengantar Pasien Positif COVID19 Tak Boleh Sembarangan, Sebaiknya...

Selain itu menurut sang ayah, ada alasan kenapa putranya tidak puas dengan kondisinya di Yamaha saat ini. Salah satunya karena karakteristik motor Yamaha YZR-M1 hanya cocok digunakan oleh Jorge Lorenzo dan Fabio Quartararo.

“Motor ini dibuat untuk dikendarai oleh Quartararo atau Lorenzo. Pengendara yang berkendara bersih. Maverick membutuhkan sesuatu yang berbeda karena dia seperti Marquez (Tampil mekan). Keduanya menyerang dengan keras untuk memanfaatkan potensi motornya. Tapi Yamaha dan sepeda motornya tidak mengizinkan (tidak cocok).” tambahnya. 

"Yamaha belum bisa memberikan apa yang diinginkan oleh Vinales. Belum bisa membawa motor itu 100 persen. Ini adalah kombinasi dari beberapa hal. Jadi lebih baik untuk mengucapkan selamat tinggal." kata Angel.

>>> Hasil Buruk MotoGP Belanda Bikin Valentino Rossi Mikir Pensiun?

Faktor Emosional Penyebab Lainnya

Gambar menunjukan Vinales

Yamaha YZR-M1 diklaim tidak sesuai dengan Vinales

Selain faktor teknis, ada juga aspek emosional yang membuat Maverick Vinales tidak bahagia di Yamaha. Angel Vinales menambahkan bahwa kondisi Vinales berbeda saat berada di rumah dan di sirkuit balap.

“Maverick pergi karena dia tidak bahagia. Ada momen ketika dia sangat senang berada di rumah bersama putrinya, sementara itu tidak terjadi di sirkuit balap karena sepeda motornya. Dia selalu berpikir masalah apa yang akan saya hadapi hari ini?” sambungnya

"Oleh karena itu perpisahan tidak bisa dihindari. Sekarang yang tersisa hanyalah meninggalkan diri Anda dengan ingatan yang baik. Ada 10 balapan tersisa untuk melakukannya." tutup Angel.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top