Aduh, 2 BMW Safety Car Dicuri Saat Parkir di Sirkuit

30/01/2021

Event - Promosi

5 menit

Aduh, 2 BMW Safety Car Dicuri Saat Parkir di Sirkuit
BMW Safety Car dan BMW Medical Car yang digunakan untuk kebutuhan balap di Sirkuit Cadwell Park, Inggris ini dicuri dini hari waktu setempat. Bahkan sistem keamanan dan CCTV di lokasi pun dirusak.

BMW Safety Car beberapa kali dipilih untuk menemani para pembalap roda dua sesaat sebelum start dimulai. Mobil yang digunakan antara lain BMW M240i atau BMW M5, atau tipe BMW lainnya. Dan umumnya mobil-mobil Safety Car ini diberi livery khusus dan juga lampu rotator sebagai pembeda dengan mobil BMW untuk kebutuhan pribadi.

Namun belum lama ini dilaporkan ada kasus pencurian Safety Car yang tengah terparkir di sirkuit. Bahkan yang hilang bukan cuma satu unit, tapi dua mobil sekaligus. Sampai saat ini kepolisian setempat pun masih mencari posisi mobil tersebut.

>>> BMW Tengah Menggarap Mobil Listrik Berperforma Tinggi

Mobil Safety Car dan Mobil Medis yang Dicuri

BMW M240i Safety Car

BMW M240i jadi safety car untuk Sirkuit Cadwell Park

BMW Safety Car yang dicuri adalah BMW M240i, sementara sebuah Medical Car yang hilang berwujud BMW X5. Kedua mobil ini hilang berserta seluruh peralatan yang ada di dalamnya. Kejadian tersebut berlangsung di Sirkuit Cadwell Park, Inggris, Selasa, 26 Januari 2021 pukul 00.15 waktu setempat. Mobil tersebut diketahui sedang terparkir di lingkungan sirkuit, namun pihak kepolisian menemukan jika sistem keamanan termasuk CCTV di lokasi pencurian juga rusak.

Pihak MSV selaku pemilik Cadwell Park sampai saat ini masih bekerja sama dengan pihak Kepolisan Lincolnshire untuk menyelidiki insiden tersebut.

"Meskipun dilakukan dini hari, sepertinya jadi hal luar biasa ketika tidak ada seorang pun yang melihat mobil ini dikendarai, karena mobil tersebut cukup mudah dikenali," ucap Giles Butterfield, Operation Manager MSV, dikutip dari Visordown, Jumat (29/01/2021).

>>> Ini Dia Tips Drifting dengan Sistem AWD dan RWD Ala BMW M

Bukan Cuma Pencurian Mobil

BMW X5 Medical Car

Foto terakhir BMW X5 Medical Car sebelum hilang

>>> Profil All-New BMW X5 2018: BMW Embuskan Aura ‘Zaman Now’ Pada Sang Pionir SAV

Dari hilangnya BMW Safety Car dan BMW Medical Car yang biasa digunakan untuk kebutuhan balap itu, diperkirakan kerugian yang dialami Cadwell Park mencapai hampir Rp 2 miliar. Angka ini melihat nilai dari kedua mobil beserta peralatan yang ada di kendaraan tersebut.

Namun menurut pihak Cadwell Park, kejadian pencurian ini bukan hanya dua mobil tersbeut yang dibawa kabur. Banyak peralatan IT telah dihancurkan dalam upaya untuk menonaktifkan alarm dan CCTV. Kemudian beberapa peralatan pemeliharaan sirkuit lainnya telah dicuri juga. Selain itu dalam setahun terakhir ada beberapa properti sirkuit yang juga digondol maling. Bahkan sejak pandemi Covic-19 melanda, kasus pencurian semakin meningkat, mungkin karena sirkuit tidak digunakan balapan atau berlatih.

"Semoga teknologi yang ada saat ini, dan ada orang-orang yang melihat sehingga keberadaan mobil tersebut bisa terlacak dengan cepat," pungkas Giles.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top