3 Hari Jadi Drifter Profesional Di Acara Intersport Drift Academy 2019

06/05/2019
Bisa dibilang acara Intersport Drift Academy (IDA) 2019 yang berlangsung berbarengan event Telkomsel Indonesia International Motor Show 2019 merupakan event yang paling ditunggu oleh drifting fans atau drifter enthusiast di Indonesia. Dan beruntungnya, kami dari Cintamobil.com dapat ikut serta langsung pada acara ini.

Tampak Inilah 40 peserta Intersport Drift Academy 2019

Inilah 40 peserta Intersport Drift Academy 2019 yang lolos saringan ketat untuk ikut acara ini, tebak Cintamobil.com yang mana?

Intersport Drift Academy (IDE) merupakan sebuah program pencarian bakat yang dibuat untuk mencari bibit-bibit unggul penyuka olahraga drift di Indonesia. Acara IDE ini diselenggarakan bersamaan dengan event Telkomsel Indonesia Internarional Motor Show 2019 di kawasan Jie Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat tepatnya pada tanggal 3 hingga 5 Mei 2019 alias tiga hari terakhir IIMS 2019. Acara ini sangat spesial, bagaimana tidak? Acara Intersport Drift Academy (IDE) ini hanya digarap satu tahun sekali dan setiap calon peserta harus melalui proses penyaringan yang ketat. 

>>> Bukan hanya lomba drift, namun acara ini sangat spesial sekali dan bermanfaat

Om Amroe Wahyudi dari Orange Racing Committee

Om Amroe Wahyudi selaku Racing Comitte menjelaskan ketentuan dan regulasi drifting

"Setiap peserta yang ikut IDE ini harus benar-benar pure bukan pembalap, dan belum pernah ikut kejuaraan nasional roda empat apapun. Peserta harus jujur, karena sanksi tegas akan diberikan kepada peserta yang sudah pernah ikut event balap namun tetap ikut acara ini," papar Amroe Wahyudi, dari Orange selaku Racing Comittee acara ini. Hal senada juga dinyatakan Ken Rusli, Brand Manager Intersport. "Seperti tahun lalu, tujuan dari acara ini adalah ajang untuk mencari drifter berbakat, yang diharapkan setelah acara ini berakhir bisa go internasional," papar pria berkacamata yang juga jadi peserta IDE angkatan 2018.

>>> Ini adalah game yang tepat untuk mengisi waktu senggang Anda

Tampak Peserta IDE 2019 berlatih simulator

Sebelum masuk ke trek, para peserta Intersport Drift Academy 2019 belajar via simulator terlebih dahulu

Dan memang, pernyataan kedua orang tersebut bukanlah gertak sambal, Cintamobil.com melihat sendiri ada seorang peserta IDE 2019 ini yang 'tertangkap basah' telah ikut kejuaraan nasional namun tetap nekat ikut acara ini. Oleh tim racing comittee dan para coach (pelatih) peserta tersebut kemudian langsung didiskualifikasi dari kepesertaan IDE 2019. Oh ya, para coach alias pelatih yang mengajar juga tidak sembarangan, ada 9 orang drifter yang sudah sangat berpengalman di dunia drifting baik skala nasional maupun internasional. Ada Emmanuel Adwitya Amandio, Valentino Ratulangi, Akbar Rais, Danny Ferdito, M Irdam, Lucky Reza, Rio SB. Ziko Harnadi, Ikhsan Utama.

>>> Berita event dalam dan luar negeri terbaru hanya di Cintamobil.com

Tampak Mobil BMW 323i E36 yang digunakan IDE 2019

Mobil yang digunakan satu basis dengan spesifikasi sama, yaitu BMW 323i E36 M/T

Acara ini berlangsung selama 3 hari, hari pertama agenda utamanya adalah perkenalan apa itu olahraga drifting, pembagian kelompok, serta pengenalan mobil drift. Total ada 40 peserta yang berhasil lolos seleksi administrasi dari 200 lebih pendaftar acara ini salah satu yang beruntung adalah tim Cintamobil.com. 40 peserta ini memiliki latar belakang pekerjaan yang berbeda-beda, ada yang masih mahasiswa, karyawan aktif, bahkan dokter. 40 peserta ini pun diundi kedalam 4 grup besar yang masing-masing berisi 10 orang peserta IDE 2019 serta dibimbing oleh 2 orang coach. Kami sendiri masuk ke grup C dan mendapat coach Valentino Ratulangi dan Akbar Rais. 

>>> Mau cari BMW bekas untuk drifting, nih banyak sekali pilihannya, pastikan transmisinya manual

Tampak Finalis 12 besar IDE 2019

Inilah ke-12 finalis yang berhak masuk ke babak perempat final IDE 2019

Hari kedua adalah babak kualifikasi, setelah kenal apa itu drifting, lalu melihat mobil drift asli, berlatih di simulator lantas para peserta IDE 2019 ini memasuki babak kualifikasi. Dari 40 peserta disaring menjadi 12 terbaik. Aura kompetisi terlihat sekali, para peserta unjuk kebolehan untuk memukau para dewan juri yang juga drifter profesional. Mobil drift yang digunakan oleh peserta IDE 2019 juga satu jenis, yaitu BMW 323i E36 bertransmisi manual yang telah mengalami modifikasi sedemikian rupa agar layak 'ngepot'. Hari ketiga adalah babak final, dimana dari 12 peserta dengan poin terbaik dipilih lagi menjadi 3 finalis. Bahasan mengenai 3 finalis terbaik ini akan kami sajikan dalam artikel berbeda ya. Ikuti terus berita terupdate seputar mobil hanya di Cintamobil.com.

>>> Drone ini mampu menikung dengan kecepatan tinggi dan mengikuti laju mobil drifting yang kencang lho!

Tampak Finalis Best 12 Intersport Drifting Academy 2019

Kompetisi boleh berlangsung ketat, namun keriangan dan kebersamaan harus tetap terjaga

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Arfian Alamsyah

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain