111 Ribu Kendaraan Tercatat Menuju Jakarta pada Libur Lebaran

28/05/2020

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
111 Ribu Kendaraan Tercatat Menuju Jakarta pada Libur Lebaran
Jasa marga mencatat ada 111 ribu kendaraan menuju kota Jakarta pada Libur Lebaran tahun 2020. Volume lalu lintas tercatat menurun di tengah larangan mudik.

Larangan mudik tak berarti membuat lalu lintas di jalan tol kosong melompong. Nyatanya meski disekat di berbagai jalan, masih ada pengendara yang bisa berpergian ke luar kota. 

Arus kendaraan yang kembali ke Jakarta pun tercatat cukup banyak. Dalam catatan Jasa Marga, pada hari kedua (H2) Lebaran hingga hari pertama sesudah Lebaran (H+1) Lebaran 2020, (25-26 Mei 2020) PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat total 111.022 kendaraan menuju Jakarta melalui arah Timur, arah Barat dan arah Selatan. 

jalan tol Menuju Jakarta

Gerbang tol Ciawi

>>> Mobil Barang Bawa Penumpang Saat Larangan Mudik, Sanksi Bisa Berlipat

Volume lalu lintas menuju Jakarta ini turun 66%, dibandingkan dengan lalin periode yang sama di Lebaran tahun 2019.

Untuk distribusi lalu lintas menuju Jakarta sebesar 30,6% dari arah Timur, 33,4% dari arah Barat dan 36,0% dari arah Selatan. Adapun rinciannya sebagai berikut:

Arah Timur

Lalin menuju Jakarta dari arah timur merupakan kontribusi lalin dari dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan yang meninggalkan Jalan Tol Trans Jawa serta GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan yang meninggalkan Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi dengan rincian distribusi lalin sebagai berikut:
- GT Cikampek Utama 2, dengan jumlah 18.058 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 65% dari Lebaran tahun 2019.
- GT Kalihurip Utama 2, dengan jumlah 15.884 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 86% dari Lebaran tahun 2019.
Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur, turun sebesar 79% dibandingkan dengan lalin Lebaran tahun 2019.

>>> Jokowi Ingatkan Mudik Dilarang, Tapi Transportasi Boleh Jalan Terus

Arah Barat

Jasa Marga juga mencatat jumlah kendaraan yang menuju Jakarta melalui GT Cikupa tercatat sebanyak 37.134 kendaraan, turun sebesar 53% dari Lebaran tahun 2019.

mudik dilarang

Lalu lintas di jalan tol turun 66% pada Libur Lebaran tahun 2020

Arah Selatan

Sementara itu, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta melalui GT Ciawi 2 tercatat sebesar 39.946 kendaraan, turun sebesar 53% dari Lebaran tahun 2019.

>>> Pascalebaran, Berikut Tips Pengecekan Mobil Ringan Yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berpartisipasi aktif dalam mencegah penularan Covid-19, dengan tidak mudik dan tidak piknik di Lebaran Tahun 2020. Selain itu batasi perjalanan dan jaga jarak, keluar rumah hanya untuk keadaan yang mendesak serta wajib mengenakan masker jika harus beraktivitas di luar rumah.

Untuk masuk Jakarta di tengah pandemi Covid-19 sebenarnya tidak mudah. Pengendara harus bisa menunjukan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) di beberapa ruas titik jalan. SIKM ini lah yang menentukan Anda boleh masuk Jakarta atau tidak. 

"Jadi kalau dia masuk Jakarta tanpa SIKM mereka akan diputar balikkan. Atau nanti kalau dia udah lolos ke Jakarta, tapi ditemukan dia tidak punya SIKM maka nanti akan dilakukan karantina selama 14 hari. Jadi penyekatan arus balik akan kami koordinasikan dengan polda-Polda setempat," tutur Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda AKBP Fahri Siregar belum lama ini. 

>>> Pilihan promo dan diskon mobil baru semua merk ada disini 

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Begini Cara Nyetir di Jalan Tol Luar Kota Buat Pemula

01/12/2019

Pengemudian

5 menit

Ada cara nyetir di jalan tol luar kota yang patut Anda ketahui. Apalagi jika Anda termasuk pengemudi pemula yang belum pernah berkendara antar kota. Karena kendaraan lain di jalan tol berbeda dibanding jalan biasa.

Lihat juga

Skenario Jasa Marga Mengantisipasi Kepadatan Lalu Lintas di Jalan Tol Metropolitan

17/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Mengantisipasi antrean dan kepadatan Jasa Marga berkoordinasi dengan Kepolisian mempersiapkan sejumlah skenario lalu lintas di jalan tol metropolitan.

Lihat juga

Jelang Lebaran, Waktu Singgah Pengunjung Rest Area Jalan Tol Cuma 30 Menit

14/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Mengantisipasi adanya lonjakan arus mudik Lebaran 2020, Jasa Marga akan membatasi waku pengunjung berada di dalam rest area jalan tol maksimal 30 menit.

Lihat juga

Pemerintah Larang Mudik, Jalan Tol Tak Ditutup tapi Dibatasi

22/04/2020

Event - Promosi

3 menit

Pemerintah secara resmi telah melarang mudik. Sejumlah skema pun disiapkan termasuk sejumlah jalur mudik di tol dibatasi. Hanya kendaraan logistik boleh lewat.

Lihat juga
 
back to top