100 Tahun Moto Guzzi, Semua Produknya Pakai Livery Pembalap Legendaris

19/03/2021

Event - Promosi

5 menit

Bulan ini menjadi moment perayaan 100 tahun Moto Guzzi. Dan demi memeriahkan seabad usia pabrikan sepeda motor Italia itu akan hadir beberapa hal istimewa, termasuk jajaran produk spesial.

Tepat 15 Maret 2021 adalah momen 100 tahun Moto Guzzi. Seabad sudah pabrikan sepeda motor asal Italia berlogo elang tersebut hadir. Tentunya banyak pencapaian yang sudah dilakukan Moto Guzzi.

Didirikan oleh Carlo Guzzi, Giorgio Parodi, dan Giovanni Ravelli, tiga sekawan yang dipertemukan saat tugas di Angkatan Udara Royal Italia itu mengembangkan ide untuk membangun bisnis menjadi sebuah industri sepeda motor. Dan sampai kini Moto Guzzi masih dicintai oleh para biker diseluruh dunia.

>>> Warna-Warni Trio BMW Safety Car MotoGP 2021

Intip Sejarah 100 Tahun Moto Guzzi

Pabrik Moto Guzzi

Pabrik Moto Guzzi yang sampai kini masih beroperasi

Pada 15 Maret 1921 perusahaan "Società Anonima Moto Guzzi" resmi didirikan. Lambnag elang dipakai karena Carlo Guzzi dan Giorgio Parodi menghormati kawannya Ravelli yang gugur saat penerbangan di tahun 1919. Dipabrik yang sampai saat ini masih berdiri itulah lahir beragam model motor Moto Guzzi.

Beberapa hal yang tercatat jadi prestasi selama perjalanan 100 tahun Moto Guzzi adalah motor GT 500 Norge (1928) yang dikendarai hingga ke Kutub Utara oleh Giuseppe, saudara dari Carlo Guzzi. Lalu motor Airone 250 (1939), Galletto (1950), yang menginisiasi motorisasi massal pada periode pasca perang. Kemudian di tahun 1950, menjadi debut terowongan angin pertama di dunia dalam industri sepeda motor yang hadir di pabrik Moto Guzzi di Mandello del Lario.

Museum Moto Guzzi

Berbagai motor klasik Moto Guzzi

>>> Trik Membersihkan Chrome Mobil Klasik Biar Kinclong Lagi

Pada tahun 1960-an, setelah model Stornello dan Dingo, Moto Guzzi mengeluarkan 700 cc 90 V-twin dengan penggerak akhir poros cardan serta menjadi simbol pabrikan Mandello pada model legendaris seperti V7 Special, V7 Sport, California, dan Le Mans.

Semua Produk Pakai Livery Perayaan Ulang Tahun ke-100

Hingga kini Moto Guzzi masih dicintai oleh semua bikers di seluruh dunia. Dan demi merayakan seabad perusahaan, akan berlangsung Moto Guzzi World Days di Mandello del Lario pada 9-12 September 2021 mendatang. Puluhan ribu penggemar akan bergabung dari setiap penjuru dunia untuk merayakan acara unik dan tidak akan terlupakan, berkat kolaborasi antara Moto Guzzi, Comitato Motoraduno Internazionale, serta pemerintah kota Mandello del Lario.

Moto Guzzi

Akan ada Moto Guzzi World Days

>>> Review Bentley EXP 100 GT 2019

"Seratus tahun perayaan Moto Guzzi merupakan momen yang membanggakan bagi Piaggio Group, dimana 'Eagle Brand' telah bergabung sejak 2004, maupun bagi industri di Italia secara keseluruhan. Sejak tahun 1921, setiap Moto Guzzi yang telah diluncurkan di dunia diproduksi oleh pabrik di Mandello, tempat dimana perusahaan ini didirikan seratus tahun lalu. Semua ini akan terus berlanjut hingga sejarah di abad berikutnya," kata Roberto Colaninno, Piaggio Group Chairman and CEO melalui keterangan tertulisnya, Kamis (18/03/2021).

Untuk merayakan hari jadi ke-100, seluruh jajaran Moto Guzzi juga tersedia pada Centennial Livery, edisi eksklusif hanya untuk tahun 2021, yang terinspirasi dari pembalap legendaris Otto Cilindri.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top