10 Mobil Terpanas yang Siap Debut pada Shanghai Motor Show 2019

16/04/2019
Bersaing dengan New York International Auto Show 2019, Shanghai Motor Show 2019 akan diselenggarakan lebih awal, tepatnya pada 16 April. Apa saja yang akan dibawa oleh pameran mobil profesional pertama Cina tersebut?

Sudah lama sejak Shanghai Motor Show menjadi pameran mobil peniru pabrikan-pabrikan asal Eropa dan Amerika. Namun tahun ini, banyak mobil baru asli Cina yang siap menarik perhatian. Shanghai Motor Show 2019 sangat penting mengingat pabrikan luar mulai menancapkan taringnya dengan meluncurkan mobil baru khusus pasar Cina dan pabrikan Cina siap pamer untuk merambah pasar dunia.

1. Audi AI:Me (Konsep)

konsep Audi AI:Me berwarna abu-abu dan hitam

Sekilas penampakan konsep mobil baru Audi AI:Me

Audi akan mengungkap konsep AI:Me yang baru sebagai “mobil kompak berpenggerak otomatis untuk kota-kota besar masa depan.” Seperti konsep  radikal Audi Aicon dan Elaine yang diungkapkan pada tahun 2017, konsep ini akan melihat “10 atau 15 tahun ke depan”, menurut bos desain Audi, Marc Lichte. Detailnya masih rahasia. Tetapi Lichte mengkonfirmasi konsep elektrik akan mengeksplorasi interior tanpa setir.

2. Audi Q2 L e-Tron

Audi Q2 L e-tron berwarna biru

Dibuat khusus untuk pasar Cina, Audi Q2 L e-Tron mendapatkan wheelbase lebih panjang

Versi wheelbase yang lebih panjang untuk Cina dikeluarkan Audi dengan Q2 L. SUV kompak listrik ini akan diproduksi di Foshan, bersamaan dengan varian Cina lainnya, seperti seperti A3 Sportback dan A3 Saloon oleh mitra Volkswagen Group, yaitu First Automotive Works (FAW). Model ini adalah yang pertama dari sepuluh model yang direncanakan Audi dan FAW di Cina untuk tahun 2022 dan model listrik pertama Audi yang dirancang khusus untuk pasar Cina.

>>> Review Audi Q4 e-Tron 2020: Desain Unik Kendaraan Masa Depan Audi

3. BMW Seri 3 LWB

BMW Seri 3 LWB berwarna hitam

Sama seperti Q2 L e-Tron, BMW Seri 3 LWB juga memiliki platform yang lebih panjang

Audi bukanlah satu-satunya merek Jerman yang meluncurkan versi lebih panjang dari salah satu model terbarunya di Cina. BMW Seri 3 baru telah disesuaikan untuk pasar Cina dengan wheelbase yang lebih panjang. Hampir sama dengan Seri 5 yang tersedia di Eropa, model baru ini telah dikembangkan bersama Seri 3 standar dan diproduksi oleh perusahaan mitra BMW di Cina, Brilliance Automotive.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan informasi lengkapnya hanya di sini

4. Jetta VS5 dan VA3

mobil baru Jetta VS5 dan VA3 berwarna merah dan kuning

Brand baru yang diambil dari Volkswagen akan memperkenalkan VS5 dan VA3

Bagi yang masih bingung, Jetta adalah merek Volkswagen yang menjadi brand khusus dan diluncurkan untuk pasar Cina tahun ini. Jetta VS5 dan VA3 akan menjadi salah satu model pertamanya. VS5 merupakan SUV lima pintu konvensional yang memiliki kemiripan dengan Skoda Kamiq dan VA3 adalah sedan kecil yang didasarkan pada Jetta Volkswagen yang saat ini dijual di Cina.

5. Infiniti QS Inspiration (Konsep)

konsep Infiniti QS Inspiration berwarna putih

Konsep  Infiniti QS Inspiration yang terinspirasi dari seni modern Jepang

Konsep Infiniti QS Inspiration yang dipamerkan untuk pertama kalinya di Shanghai merupakan sedan sport yang “terinspirasi oleh seni dan arsitektur modern Jepang”. Seperti QX Inspiration yang terungkap awal tahun ini, mobil ini memiliki interior minimalis penuh gaya serta membagi zona penumpang dan pengemudi yang terpisah.

>>> Pameran dan event otomotif terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

6. Karma-Pininfarina (Konsep)

konsep Karma Pininfarina berwarna putih

Lahir dari Fisker, Konsep buatan Karma dan Pininfarina akan diperkenalkan nanti

Karma yang lahir dari reruntuhan Fisker Automotive 2014 akan mengungkapkan model mewah yang belum disebutkan namanya. Konsep ini disebut memiliki desain menawan karena bekerja sama dengan rumah desain Italia, Pininfarina. Perusahaan mobil listrik yang berbasis di Amerika ini masih menutup rapat detail spesifikasi, namun gambar pratinjau menunjukan ujung depan yang ramping dan efisien.

7. Lexus

teaser Lexus Minivan berupa gambar berwarna putih

Lexus Minivan akan berjejer dengan Alphard untuk kelas minivan mewah

Berdasarkan kabar yang beredar di Facebook Lexus Enthusiast, Lexus akan memperkenalkan minivan terbaru mereka dengan nama Lexus Minivan. Belum ada detail lengkap seputar spesifikasi dan tampilan luar. Pasalnya hanya ada teaser bagian depan Lexus LM. Dua varian yang diberi nama Lexus LM 350 dan Lexus 300h kemungkinan akan dipasarkan untuk Cina dan Taiwan.

>>> Lexus Minivan Akan Diperkenalkan di Shanghai Motor Show? Siap ke Indonesia?

8. Mercedes-Benz GLB

Mercedes-Benz GLB versi rendering berwarna hitam

Berhadapan dengan Q3, X1 dan XC40, yaitu Mercedes-Benz GLB

SUV kecil baru Mercedes akan berada di antara model GLC dan GLA. GLB akan menghadapi rival seperti Audi Q3, BMW X1 dan Volvo XC40. Desain seluruh jajaran GLB akan dipengaruhi oleh G-Class yang lebih sangar, sementara varian GLB 35 yang terlihat baru-baru ini akan mengemas mesin bensin 2.0 liter bertenaga 302 daya kuda yang sama dengan Mercedes-AMG A35.

>>> Interior Mercedes-Benz GLB Diungkap Sebelum Peluncuran pada Shanghai Auto Show 2019

9. Porsche Cayenne Coupé

Porsche Cayenne Coupe berwarna hitam

Shanghai Motor Show akan menjadi debut internasional Porsche Cayenne Coupé

Pabrikan yang berbasis di Stuttgart ini akan membawa debut internasional pertama SUV terbarunya, Porsche Cayenne Coupé. Menghadapi BMW X6 dan Mercedes-Benz GLE, Cayenne memiliki spoiler belakang aktif, teknologi interior dari Cayenne yang lebih besar, serta kecepatan tertinggi hingga mencapai 287 km/jam.

10. Volkswagen ID Roomzz

Volkswagen ID Roomzz berwarna merah

Anggota kelima dari jajaran mobil listrik Volkswagen ID, Volkswagen ID Roomzz

Anggota kelima dari jajaran kendaraan listrik Volkswagen ID, Roomzz akan mengambil bentuk SUV tujuh kursi mewah dan menjadi versi terbesar dari platform MEB Volkswagen. Sepasang motor listrik akan memberikan model yang sama dengan yang dipakai pada Touareg bertenaga 369 daya kuda dan penggerak empat roda. Baterai listrik mampu mengantarkan mobil ini hampir sejauh 400 km/jam, lebih jauh dibandingkan pesaing utamanya, Tesla Model X.

>>> Berita terlengkap dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain