10 Mobil Baru Terpanas yang Akan Hadir di Tokyo Motor Show 2019

09/10/2019
Sebagai salah satu pameran mobil terbesar di dunia, Tokyo Motor Show 2019 memiliki beberapa line up model yang akan debut pertamanya. Dari sekian banyak model baru, beberapa diantaranya merupakan model populer yang paling ditunggu, baik di Indonesia maupun negara asalnya.

Beberapa gelaran Tokyo Motor Show sebelumnya mengalami penurunan jumlah model baru yang diluncurkan. Namun setiap tahun, akan ada model baru yang tersedia secara komersial, bukan hanya mobil konsep. Dua bulan sebelum Tokyo Motor Show 2019 diselenggarakan pada 24 Oktober nanti, berikut enam mobil baru yang paling menarik perhatian pameran terbesar se-Asia ini.

1. Honda Jazz

Salah satu mobil terpopuler Honda Jazz belum akan dipamerkan di negara lain. Tapi Jazz baru aka ditampilkan untuk pertama kalinya di Jepang pada 23 Oktober mendatang. Dirilis akhir November, ini akan menjadi perubahan generasi pertama dalam enam tahun. Memiliki konsep desian yang sama, isi dalamnya akan mengalami banyak perubahan.

mobil baru Honda Jazz 2019 berwarna oranye 
Tampilan baru Honda Fit atau Honda Jazz

Dengan Honda Sensing terbaru, sistem hibrida i-MMD diprediksi akan melengkapi mesin 1.3L bensin bertransmisi CVT konvensional dan 1.5L Hybrid dengan e-CVT yang baru dikembangkan. Sistem i-MMD dilengkapi 2 baterai motor dan lithium ion yang dibuat seperti Insight. Perangkat baru termasuk 7 warna dan 2 nada serta paket keselamatan “Honda Sensing”.

>>> Ingin membeli Honda Jazz terbaru? Dapatkan daftarnya hanya di sini

2. Toyota TJ Cruiser

TJ Cruiser sudah lebih dulu ditampilkan pada Tokyo Motor Show tahun 2017. Namun kemungkinan model produksi massal akan dipamerkan pada Tokyo Motor Show 2019 menjelang dipasarkan pada Mei 2020. SUV kelas menengah ini diprediksi menggunakan pintu geser di kedua sisi dan berhadapan langsung dengan Mitsubishi Delica D:5.

mobil baru Toyota TJ Cruiser 2019 berwarna hitam 
Desain Toyota TJ Cruiser yang futuristik

Ukuran tubuh yang panjang 4.300 mm serta jarak sumbu roda 2.750 mm, gril sarang lebah yang besar menciptakan penampilan liar untuk SUV ini. Model konsep disebut memiliki dua baris dan empat kursi. Tetapi versi produksi akan memiliki lima kurs serta tiga baris dengan total enam kursi. Mobil ini diprediksi mendapatkan mesin bensin 2L dan 2.5L hibrida dengan kombinasi penggerak roda depan dan empat roda.

>>> Pecahkan Rekor Dunia, Mobil Listrik ini Berjalan 15.000 KM ke Frankfurt Motor Show 2019

3. Toyota Yaris

Yaris terbaru akan dirilis pada Februari 2020 mengadopsi platform TNGA yang baru diperkenalkan oleh Toyota. Desain eksterior memiliki kosep yang masih sama seperti sebelumnya, tetapi dengan bagian yang lebih sporty dan bergaya.

 mobil baru Toyota Yaris 2019 berwarna putih
Toyota Yaris mendapatkan platform TNGA milik Toyota

Ada dua pilihan mesin bensin, yaitu 1.3L dan 1.5L hibrida. Sedangkan mesin 1L diprediksi akan dihentikan. Nantinya, mesin bensin 1.5 GR Sport akan diperbarui pada Agustus tahun depan. Paket “Toyota Safety Sense” akan dikembangkan sesuai dengan perangkat baru.

>>> Tertarik membeli Toyota Yaris? Berbagai penawaran menarik ada di sini

4. Nissan Juke

Tahun depan, Juke mendapatkan renovasi untuk pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir. Nissan Juke baru akan dirlis di Eropa untuk pertama kalinya. Perkembangan model terbaru di Jepang kemungkinan akan terungkap di Tokyo Motor Show. Juke baru diprediksi akan dipasarkan pada Juni 2020 mendatang.

desain baru Nissan Juke 2019 berwarna merah 
Setelah 10 tahun, Nissan Juke akhirnya mendapatkan wajah baru

Juke akan mengikuti desain coupé tapi ukuran bodi yang tidak jauh berbeda dengan model saat ini. Selain mesin 1.5L bensin dan 1.6L turbo, unit daya akan dilengkapi dengan e-Power menggunakan mesin 1.2L. Di samping meningkatkan sistem keselamatan, model standar pun mendapatkan fitur pilot komersial untuk pengendaraan swakemudi.

>>> Berita terbaru pameran mobil dalam dan luar negeri ada di sini

5. Daihatsu DN Trec

Pernah mendengar nama DN Trec? SUV kompak baru yang baru saja diumumkan oleh Daihatsu akan dirilis pada 5 November 2019. Model ini adalah versi produksi dari DN Trec yang dipamerkan pertama kali sebagai mobil konsep pada Tokyo Motor Show 2017. SUV crossover dengan panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.620 mm, jarak sumbu roda tercatat 2.525 mm.

mobil baru Daihatsu DN Trec 2019 berwarna putih 
SUV kompak baru Daihatsu DN Trac akan dipamerkan di Jepang

Unit daya dilengkapi mesin turbo 1L 3 silinder dengan tenaga maksimal 96 daya kuda pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 140 Nm pada 2.400 – 4.000 rpm. Sistem penggeraknya menggunakan penggerak roda depan dan empat roda dengan transmisi CVT. DN Trac akan mendapatkan rebadge dengan Toyota A-SUV yang berbagi komponen dasar seperti panel bodi dan mesin.

6. Mitsubishi SUV PHEV

Kali ini, Mitsubishi Motors dipastikan memperkenalkan mobil konsep yang mengusung tema SUV hibrida listrik. Dijelaskan sebagai “SUV listrik yang memberikan kesenangan berkendara”, mobil baru ini akan memiliki teknologi plug-in, berbobot lebih ringan, menggunakan mesin PHEV serta sistem penggerak empat roda listrik.

mobil konsep Mitsubishi berwarna biru 
Teaser mobil konsep baru Mitsubishi SUV PHEV

Kemungkinan besar, SUV baru ini akan mendapatkan tenaga dan sistem yang hampir sama dengan Mitsubishi Outlander PHEV yang sudah dijual di Indonesia. Selain itu, masih sedikit yang bisa diketahui dari mobil konsep Mitsubishi ini.

7. Lexus Electric Car

tampilan konsep mobil listrik Lexus berwarna putih
Masih tanpa nama, mobil konsep ini akan menjadi sejarah mobil listrik pertama Lexus

Tokyo Motor Show tahun ini akan menjadi tonggak sejarah masuknya Lexus dalam segmen mobil listrik untuk pertama kalinya. Lexus diprediksi akan memperkenalkan mobil konsep mungil khusus jalanan perkotaan dan atap tinggi untuk ruang kabin yang luas. Tenaga mengandalkan motor listrik in-wheel yang inovatif, Lexus menyebutkan mobil ini kemungkinan besar diproduksi beberapa tahun mendatang.

8. Nissan IMk Concept

mobil konsep Nissan IMk berwarna emas
Kei-car Nissan akan kedatangan konsep baru di Tokyo Motor Show

Seperti kebanyakan mobil Jepang lainnya, konsep IMk baru milik Nissan memiliki dimensi yang tinggi, berbentuk kotak, dan disesuaikan untuk mobilitas perkotaan. Dibangun atas program Intelligent Mobility Nissan, interiornya dibuat bergaya lounge/café dan lebih sedikit kontrol fisik.Platform mobil listrik serba baru ini disebut sebagai bagian dari rencana kei-car masa depan Nissan.

>>> Review Nissan IMk 2019: Komuter Perkotaan dengan Interior Bergaya Café

9. Mobil Konsep Suzuki

Tema besar Suzuki tahun ini adalah mobilitas dan personalitas, sebagaimana ditunjukkan oleh bintangnya, konsep Waku SPO. Bertenaga motor hibrida plug-in, Waku menampilkan sejumlah desain yang nantinya bisa diganti sesuai dengan preferensi konsumen.

mobil konsep Suzuki Waku SPO berwarna hijau dam putih
Desain baru dari mobil konsep Suzuki Waku SPO

Selain itu, ada Suzuki Hanare yang memadukan teknologi futuristik bersama elemen desain bergaya 1960-an. Mengambil nama Jepang yang berarti hunian kecil, Hanare kemungkinan besar mendapatkan fitur pengemudian otonom. Memberikan kesan sebagai hunian berjalan yang akan membawa penumpang dari satu tempat ke tempat lain tanpa harus mengemudi.

>>> Review Suzuki Waku SPO 2019: Konsep Mobil Hybrid Suzuki Bergaya Retro

10. Subaru Levorg

Teaser baru yang dikeluarkan Subaru untuk Levorg

Generasi terbaru Subaru Levorg mendapatkan desain yang lebih ramping dan berbagai alat bantu berkendara elektronik. Pertama kali diperkenalkan pada 2014, versi terbaru Levorg akan mendapatkan fitur bantuan mengemudi EyeSight yang lebih lengkap.

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
2

berita lain