10 Hari Larangan Mudik Lebaran Tercatat Ada 23 Ribu Lebih Pelanggaran

04/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
10 Hari Larangan Mudik Lebaran Tercatat Ada 23 Ribu Lebih Pelanggaran
Jumlah pelanggaran terkait larangan mudik Lebaran sudha mencapai lebih dari 23.000 kendaraan. Semua kendaraan ini pun dipaksa putar balik karena terindikasi akan melakukan perjalanan mudik.

Kakorlantas Polri Irjen Istiono menjelaskan, berselang 10 hari sejak diberlakukannya larangan mudik Lebaran, sudah lebih dari 23.000 kendaraan dipaksa putar balik. Hal ini dilakukan karena kendaraan-kendaraan tersebut terindikasi akan melakukan perjalanan mudik.

>>> Mulai 24 April Kalau Masih Nekat Mudik Bakal Disuruh Putar Balik

Puluhan ribu kendaraan yang dipaksa putar balik ini merupakan bagian dalam tindakan larangan untuk mudik pada libur Lebaran yang dilakukan jajaran kepolisan di seluruh daerah di Indonesia dalam rangka Operasi Ketupat Covid-19 2020.

Paling Banyak dari Jalan Tol

Pos penyakatan mudik Lebaran

Pelanggaran terbanyak tercatat di pos penyekatan gerbang tol Cikarang

Istiono menyebutkan, selama 10 hari pasca Operasi Ketupat Covid-19 2020 diberlakukan, sudah lebih dari 23 ribu kendaraan yang diminta putar balik. Data ini diperoleh berdasarkan pos penyekatan yang tersebar dari Lampung hingga Jawa Timur.

>>> Cek harga mobil baru dengan diskon menarik disini

"Yang diputar balik 23 irbu secara keseluruhan," kata Kakorlantas seperti dikutip Cintamobil.com dari laman NTMC Polri, Senin (04/05/2020). Dari data itu menunjukkan jumlah pelanggar peraturan larangan mudik Lebaran paling banyak dilakukan oleh pengendara kendaraan pribadi yang akan melintas pos penyekatan di Gerbang Tol Cikarang Barat.

Jumlah pelanggaran juga cukup banyak pada pos penyekatan yang ada di Gerbang Tol Bitung. Sementara jumlah pelanggaran ketiga terbanyak berasal dari calon pemudik yang menggunakan jalan arteri, termasuk pemudik yang menggunakan motor.

Jelang Lebaran Penjagaan Pos Penyekatan Diperketat

Pos penyekatan Operasi Ketupat Covid-19 2020

Polisi perketat penjagaan di pos penyekatan mulai H-7 Lebaran

>>> Pilihan terlengkap moil bekas berkualitas cuma ada disini

Istiono juga menegaskan, pada H-7 Hari Raya Idul Fitri, penjagaan di pos penyekatan Operasi ketupat Covid-19 2020 akan lebih diperketat. "Kemungkinan H-7 ada lonjakan pemudik, kita antisipasi untuk itu. Pengutana di pos-pos. Kita all out 24 jam," katanya.

Dengan menggunakan 171.000 personel gabungan TNI-Plri, Operasi Ketupat tahun ini memang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena melalui operasi yang rencananya berakhir pada 31 Mei 2020 tersebut, polisi akan menyetop dan memaksa putar balik smeua kendaraan yang terindikasi akan melakukan perjalanan mudik Lebaran.

>>> Berita otomotif lainnya bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Ingat, Ada Surat Keterangan dari RT/RW Bukan Alasan Boleh Mudik Lebaran!

01/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Polisi memberikan kelonggaran mereka yang boleh mudik Lebaran dengan catatan ada surat keterangan dari RT/RW. Tapi bukan cuma surat keterangan, ada penilaian lain yang akan dilakukan polisi.

Lihat juga

Mudik Lebaran Dilarang, Kini Malah Muncul Jasa Penyelundupan Pemudik

30/04/2020

Event - Promosi

5 menit

Belakangan ini viral mengenai unggahan bisnis jasa penyelundupan pemudik yang tak bisa ke kampung halaman karena ada pos penjagaan. Polisi pun sudah mengetahui "bisnis" baru ini.

Lihat juga

Dengan Syarat Ini Kendaraan Masih Diizinkan Mudik

30/04/2020

Event - Promosi

3 menit

Polisi memberikan sedikit kelonggaran bagi masyarakat di tengah larangan mudik yakni bila ada sanak saudara sakit ataupun meninggal disertai surat keterangan.

Lihat juga

Review Toyota Yaris E 2013: Pilihan Gaya Seharga LCGC

30/10/2019

Editor rate:

Toyota Yaris 2013 merupakan bagian dari produk Toyota Yaris generasi pertama yang hadir di Indonesia. Mobil ini pertama kali hadir di Indonesia pada 2006 hingga model yang akan kami bahas saat ini yaitu Toyota Yaris E 2013. Generasi terbaru Toyota Yaris hadir di Indonesia pada tahun 2014 hingga saat ini.

Lihat juga

Harga Suzuki APV 2020: Harga & Promo APV November Terbaru

01/11/2020

Suzuki

Suzuki sebagai perusahaan otomotif ternama, menghadirkan suatu produk baru yang menggabungkan konsep mobil Mini Van dan Multi Purpose Vehicle (MPV). Mobil tersebut diberi nama Suzuki All Purpose Vehicle (APV). Tentu dengan semakin ketatnya persaingan otomotif, perusahaan-perusahaan besar seperti Suzuki, harus dituntut untuk menghadirkan inovasi-inovasi terbaru. Berikut daftar harga Suzuki APV tahun 2020 di Indonesia.

Lihat juga
 
back to top